Penulis: Niahappy

Jika diperhatikan lebih jauh, lobak mirip dengan wortel, hanya saja lobak kurang populer digunakan sebagai bahan utama makanan. Padahal, manfaatnya sangat luar biasa, seperti mengurangi gejala demam hingga meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Nah, berikut rekomendasi aneka resep olahan lobak yang enak dan mudah!

1. Soto Bandung

Beralih ke Jawa Barat, ada juga soto yang tak kalah gurih. Namun, tak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mencicipinya, karena banyak sekali yang menjualnya di sekitar kita. Bahkan kamu juga bisa menyajikannya sendiri di rumah dengan resep lezat soto Bandung ini.

Potong dan cuci bersih lobak. Beri sedikit garam, diamkan sebentar. Rebus lobak sebentar, tiriskan. Potong dan cuci daging, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, daun bawang, tomat, garam, dan kaldu bubuk. Tumis bumbu halus sampai harum, sisihkan.

Rebus daging sampai empuk kemudian masukan bumbu halus yang sudah ditumis. Masukan lobak, garam, penyedap rasa, kecap, daun bawang, dan tomat. Koreksi rasanya. Sajikan soto dengan kacang kedelai, nasi hangat, dan taburan bawang goreng.

Baca Juga: Resep Soto Bening

2. Kue Lobak / Turnip Cake

Kue lobak atau biasa dikenal dengan turnip cake adalah kudapan khas tionghoa. Kudapan ini bertekstur kenyal, gurih, dan garing. Makanan ini paling enak jika ditambahkan saus cabai atau potongan cabai dengan kecap asin. Walaupun rasanya cenderung tawar, tapi kue lobak ini cukup banyak penggemarnya, lho. Penasaran? Yuk, coba!

Cuci bersih lobak. Parut kasar lobak. Rebus parutan lobak jangan sampa berubah warna. Tempatkan lobak beserta airnya di dalam wadah, sisihkan. Tuang tepung beras, maizena, gula, garam, lada, dan kaldu bubuk ke dalam wadah berisi lobak, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles minyak. Kukus hingga matang. Potong kue lobak kemudian goreng sebentar dengan sedikit minyak. Angkat dan sajikan.

3. Tumis Lobak Warna-warni

Bersihkan dan cuci lobak, wortel, dan buncis. Potong memanjang. Cincang kasar bawang putih. Potong bawang bombai dan cabai rawit merah sesuai selera. Tumis bawang putih dan bawang bombai aduk sampai harum.

Masukan cabai rawit, wortel, lobak, dan tambahkan air secukupnya aduk sebentar dan biarkan hingga agak empuk atau hingga air agak menyusut. Setelah itu masukan buncis, garam, gula secukupnya aduk-aduk lagi dan koreksi rasanya. Terakhir masukan daun bawang dan seledri aduk sebentar. Angkat dan siapkan.

4. Kimchi

Kimchi merupakan makanan pendamping, bahkan bisa disebut lauk bagi orang Korea. Nah, kimchi jug sebenernya tidak hanya berasal dari sawi, tetapi juga bisa dari jenis sayuran lain seperti lobak, sawi hijau, daun bawang, akar selada bahkan mentimun juga, lho!

Cuci bersih sawi putih. Taburi sawi putih dengan garam di setiap helai daunnya. Tunggu hingga layu. Kurang lebih 45 menit. Potong korek api lobak putih, wortel, daun bawang, dan kucai. Buat air kanji dengan cara mencampur air, gula, dan tepung beras. Aduk rata kemudian masak hingga mendidih. Angkat dan biarkan dingin.

Haluskan bawang bombai, bawang putih, jahe, dan udang fermentasi hingga halus. Masukan bumbu ke dalam air kanji yang sudah dingin kemudian tambahkan bubuk cabai. Asduk rata dan masukan potongan lobak, wortel, kucai, sawi, dan daun bawang. Aduk sampai benar-benar rata. Masukan ke dalam toples. Kimchi ini bisa tahan hingga 2 minggu. Siap sajikan bersama lauk favorit Anda.

5. Lumpia Lobak

Lumpia tak melulu rebung, Anda bisa menggantinya dengan lobak. Lumpia lobak merupakan kreasi lumpia goreng yang berisi lobak yang empuk dan renyah. Kudapan ini dikombinasikan dengan udang dan telor orak-arik rasanya akan semakin gurih dan enak!

Iris lobak tipis memanjang. Rebus lobak sampai empuk. Sisihkan. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan ebi sampai wangi dan matang. Masukan udang aduk rata setelah sudah matang. Tambahkan telur orak-arik, garam, gula, merica, lobak, dan daun bawang, aduk rata. Tuang air masak sampai air mendidih, dinginkan.

Ambil 1 lembar kulit lumpia, beri 1 sdm isian kemudian lipat dan rekatkan dengan larutan 2 sdm terigu dan 5 sdm air lalu goreng sampai matang, sajikan.

Baca Juga : Resep Lumpia Rebung

6. Siomay Isi Ayam Lobak Udang

Makanan tiongkok yang cukup popular di Indonesia salah satunya ialah dimsum. Rasanya lezat dengan tekstur yang sangat legit. Berbahan dasar udang dan ayam yang dibungkus dengan menggunakan kulit siomay, merupakan ciri khas hidangan ini.

Dalam wadah, masukan daging ayam, udang, bawang putih halus, lobak parut, daun bawang, tepung terigu, tepung kanji, telur ayam, jahe, minyak wijen, merica, garam, dan gula.

Ambil selembar kulit pangsit. Beri adonan isian sebanyak 1 sendok makan. Bulatkan dan rekatkan. Beri sedikit parutan lobak di atasnya. Lakukan hingga semua adonan habis. Kukus siomay selama 20 menit. Angkat. Sajikan bersama saus atau kecap asin.

Baca Juga :  Resep Siomay

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi