Penulis: Sandra.K | Editor: Ria

Saya pernah membeli buah pisang dalam jumlah yang banyak dan tidak langsung habis saat itu juga. Alhasil, buah yang saya beli menjadi terlalu matang dan sayang apabila dibuang. Saya kemudian mengolahnya menjadi cake pisang dan pisang panggang untuk sarapan. Wah, ternyata anak saya suka sekali.

Apabila anda mempunyai buah yang terlalu matang seperti saya, jangan langsung membuangnya ya, karena bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang enak dan sehat. Bukan hanya pisang, buah-buah lain seperti mangga, stroberi, dan apel pun bisa anda kreasikan. Berikut berbagai cara mengolah dan memanfaatkan buah terlalu matang.

1. Roti, kue, dan cake

Apabila anda mau membuat roti atau kue yang sehat maka bisa memanfaatkan buah yang terlalu matang. Pisang misalnya bisa diolah menjadi roti pisang dan cake pisang. Saya biasanya juga menambahkan irisan pisang dan chocolate chip sebagai garnish di atas cake pisang sesaat sebelum matang. Muffin juga bisa anda coba buat bila ingin resep yang praktis dan cepat.

Baca juga: Aneka Kue dan Roti Praktis Serta Ekonomis untuk Pemula

2. Selai Buah

Buah yang terlalu matang, seperti stroberi bisa diolah menjadi selai buah yang lezat. Caranya panaskan sekitar 5 gelas stroberi dan 1,5 gelas gula pasir dengan api sedang lalu tekan-tekan stroberi menggunakan sendok kayu. Masak hingga mendidih selama beberapa menit lalu masukkan ke toples kaca dan biarkan suhunya turun. Setelah dingin, anda bisa langsung menyantapnya atau menyimpannya dalam lemari es.

Baca juga: 5 Tips Membuat Selai Buah

3. Campuran Smoothies

Buah yang terlalu matang, seperti mangga, pisang, apel, dan stroberi, bisa diolah menjadi smoothies yang sehat. Caranya, potong-potong buah lalu masukkan ke dalam tempat yang kedap udara dan simpan di freezer. Anda tinggal mencampurkan buah yang sudah beku dengan bahan smoothies lainnya, seperti sayur atau susu, lalu blender hingga tercampur rata.

4. Isian Pie

Bagi anda yang suka membuat pie, kini tak perlu bingung lagi membuat isiannya karena bisa memanfaatkan buah yang terlalu matang. Anda bisa langsung mengisi kulit pie dengan potongan buah atau mengolah buahnya terlebih dahulu menjadi crumble atau remahan yang renyah dan lezat. Setelah itu, baru tutup dengan kulit pie dan siap dipanggang.

Coba resep: Apple Pie

5. Topping Pancake

Pancake biasanya disantap di pagi hari sebagai santapan sarapan selain roti dan nasi. Tak hanya mudah dibuat, pancake juga cukup mengenyangkan. Untuk menambah cita rasa pancake, anda bisa menambahkan potongan buah yang sudah ditekan-tekan lalu dicampurkan dengan sirup atau madu. Anda juga bisa menambahkan potongan buah ke dalam adonan pancake sebelum dimasak.

Coba resep: Pancake Pisang

6. Es Loli

Es loli atau popsicles bisa menjadi kudapan atau snack yang segar dan sehat. Setelah buah dihancurkan menggunakan juicer atau blender, tuang ke dalam cetakan dan tambahkan potongan buah kesukaan anda. Setelah itu, masukkan ke freezer sampai membeku. Wah, anak-anak pasti suka nih!

7. Infused Water

Apabila anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat smoothies atau jus, anda bisa membuat infused water. Caranya gampang kok! Anda tinggal memasukkan potongan buah kesukaan anda dengan air putih yang banyak. Buah akan menambahkan rasa manis alami pada infused water anda. 

8. Puding

Buah naga atau mangga yang terlalu matang bisa menjadi campuran puding biji chia atau chia seeds. Masukkan puding yang sudah jadi ke dalam toples kaca kecil lalu tutup dan biarkan semalaman di dalam lemari es. Anda bisa langsung menyantapnya untuk pencuci mulut selepas makan ataupun jadi bekal.

Coba Resep: Puding Naga, Puding Mangga

9. Saus Salad

Apabila suka makan salad, maka anda bisa mengolah buah terlalu matang jadi saus atau dressing salad. Hancurkan buah dengan blender, lalu campurkan dengan yogurt, minyak zaitun, cuka apel, rempah-rempah, seperti basil dan oregano, dan juga bumbu-bumbu. Oh ya, jangan lupa tambahkan potongan kacang dan keju agar lebih enak.

Baca juga: 5 Saus (Dressing) untuk Salad Buah

10. Saus untuk Masakan

Buah yang memiliki cita rasa manis bisa juga diolah menjadi saus siraman daging atau ayam. Atau anda juga bisa langsung mencampurkan potongan buah dalam masakan.

Mudah bukan? Kini anda tak perlu bingung lagi bagaimana cara mengolah buah yang terlalu matang. Buah yang terlalu matang memang tidak memiliki kandungan air sebanyak buah yang masih segar, namun bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat dan juga sehat.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi