Penulis: Niahappy

Buah sukun memiliki rasa yang cenderung tawar, tetapi jika Anda pintar mengolahnya kudapan olahan sukun akan terasa enak dan bikin Anda ketagihan. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi kudapan olahan sukun yang bercitarasa lezat dan juga kaya manfaat, yuk intip!

1. Donat Sukun

donat singkong empuk

Donat bisa dikreasikan dengan aneka bahan. Sukun adalah salah satunya. Anda bisa mengukus sukun terlebih dahulu baru dicampur dan diuleni dengan bahan donat lainnya. Yuk, ikuti resep di bawah ini.

Dalam wadah, campurkan tepung, sukun, gula pasir, ragi, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukan kuning telur dan tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni hingga kalis. Masukan margarin dan garam. Uleni kembali hingga bener-bener kalis. Sisihkan dan istirahatkan adonan selama 30 menit.

Tinju adonan dan kempesken (hilangkan anginnya). Ambil sedikit adonan lalu bulat-bulatkan dan beri lubang di tengahnya. Diamkan selama 15-20 menit hingga adonan mengembang 2 kali lipat.

Panaskan banyak minyak goreng donat dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama topping gula halus, parutan keju, atau lainnya sesuai selera.

Baca Juga: Resep Donat Singkong

2. Sukun Goreng

Kupas sukun kemudia potong lalu cuci bersih dan sisihkan. Dalam wadah, masukan bumbu, yaki garam, ketumbar, dan bawang putih lalu beri sedikit air. Masukan sukun ke dalam bumbu dan aduk hingga rata. Diamkan kira-kira selama 10 menit agar bumbu meresap dan bagian luar sukun benar-benar gurih nantinya. Panaskan minyak goreng lalu tambahkan margarin ke dalamnya. Jika minyak telah panas, goreng sukun hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan dan matang. Angkat dan sajikan.

3. Keripik Sukun

Siapa yang belum coba keripik sukun? Keripik sukun tidak kalah gurih dan enak dari keripik singkong, lho. Bagi Anda yang belum coba, yuk coba bikin keripik sukun sebagai pengganti camilan Anda. Gampang banget, kok!

Kupas sukun lalu cuci bersih, tiriskan. Iris tipis sukun, tebalnya harus sama. Jika tidak, sukun tidak akan matang merata. Rendam sukun dengan bawang putih yang sudah dihaluskan selama 30 menit. Goreng sukun dengan minyak banyak dan api sedang, tiriskan. Setelah dingin, taburi garam, ayak. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Keripik Singkong

4. Bolu Sukun

Kue Bolu Pisang Enak

Wah, ternyata sukun bisa dibuat menjadi bolu lho. Bolu termasuk salah satu resep kue yang mudah dibuat dan murah. Rasa bolu sukun tak kalah enak dengan kue bolu pisang yang biasanya dijual. Yuk, coba buat!

Haluskan sukun yang sudah dikukus, sisihkan. Kocok gula dan telur dengan kecepatan tinggi hingga gula larut, masukan SP, kocok lagi hingga kental berjejak. Masukan tepung dan sukun yang sudah dihaluskan secara bergantian hingga habis, sambil di mixer kecepatan rendah. Masukan susu cair, mixer kembali dengn kecepatan rendah.

Masukan susu cair, mixer kembali dengan kecepatan rendah. Masukan mentega cair dan aduk dengan teknik aduk balik. Tuang ke dalam loyang. Oven dengan suhu 180oC sampai matang.

Baca Juga : Resep Bolu Pisang

5. Sari Manis Sukun

Kupas sukun, kemudian potong-potong, cuci bersih. Kukus hingga matang. Haluskan sukun dalam keadaan panas. Tambahkan garam, gula, margarin, aduk rata kemudian tambahkan kuning telur. Aduk rata. Bentuk adonan bulat-bulat lalu pipihkan. Lakukah hingga adonan habis. Celup ke putih telur, goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan. Angkat dan tiriskan.

Untuk sausnya masak gula merah dengan air secukupnya, masukan daun pandan. Masak hingga mendidih. Angkat. Sajikan dan tuang saus manis di atas sukun.

6. Getuk Sukun

getuk lindri istimewa

Ada banyak makanan atau kudapan yang bisa dihasilkan dari sukun. Salah satunya adalah getuk. Getuk sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni getuk biasa dan getuk lindri. Getuk biasa terbuat dari singkong rebus atau kukus yang ditumbuk dengan gula merah, diiris halus lalu disajikan bersama parutan kelapa. Sementara getuk lindri biasanya akan memberi tambahan pewarna makanan pada singkong yang sudah ditumbuk halus bersama gula merah. Tak jarang juga getuk dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti ubi, sukun, talas, atau pisang supaya memberikan rasa dan aroma yang lebih nikmat.

Kupas sukun potong kecil-kecil kemudian cuci bersih. Kukus sukun sampai empuk. Haluskan sukun, sisihkan. Dalam wadah, campur sukun yang telah dihaluskan, campuran gula, dan pewarna hijau. Aduk hingga rata. Giling adonan getuk dengan alat penggiling khusus getuk. Gulung lalu potong getuk. Sisihkan. Campur semua bahan taburan lalu balur dan taburkan bersama getuk. Siap disajikan selagi hangat.

Baca Juga: Resep Getuk Lindri