Penulis: Nia

Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini? Ya! Nangka! Buah yang dagingnya berwarna kuning keemasan dan memiliki aroma yang khas ini cukup favorit di Indonesia. Buah ini seringkali dijadikan campuran bahan makanan. Adapun olahan makanan manis dari buah nangka adalah sebagai berikut:

1. Nangka Goreng Madu

Nggak cuman pisang yang enak digoreng dengan tambahan madu di dalam adonan tepungnya. Nangka pun bisa digoreng dengan tambahan madu. Rasanya menjadi lebih manis, gurih, dan lumer di mulut. Yuk, coba!

Pertama-tama, siapkan wadah. Masukan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, garam, gula halus, madu, air, dan sedikit minyak. Aduk rata. Sisihkan. Ambil buah nangka yang sudah dibuang bijinya.

Dalam wajan, panaskan minyak. Kecilkan apinya. Siapkan sendok sayur. Tata 3 buah nangka ke dalamnya. Tuang dengan adonan pencelup hingga sendok sayur penuh. Tuangkan dan goreng adonan nangka ke dalam minyak panas, usahakan agar bentuknya tetap bulat. Goreng hingga terlihat setengah matang. Balik nangka lalu goreng hingga berwarna kecokelatan. Ulangi membolak-balik adonan hingga nangka berwarna cokelat tua. Angkat dan tiriskan. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Pisang Goreng Madu

2. Puding Nangka

Nangka memiliki rasa manis legit yang cocok dipadukan dengan lembutnya puding sutra. Kudapan ini sangat enak bila disajikan dingin.

Pertama masukan 2 bungkus agar bubuk rasa vanilla ke dalam wadah, lalu tuang air sebanyak 1 liter dan aduk rata sampai mendidih. Matikan api. Masukan ke dalam loyang puding. Tunggu hingga mengeras. Sisihkan. Masak lagi bubuk agar-agar bening. Masukan air, gula, dan garam. Aduk rata sampai mendidih.

Masukan irisan nangka di atas puding vanilla yang telah mengeras. Tuang adonan agar-agar bening. Tunggu sampai mengeras. Masukan ke dalam kulkas. Puding nangka siap disajikan.

3. Kolak Nangka Campur

Bukan hanya pisang, kolak juga sering ditambahkan dengan isian kolang kaling, ubi, nangka, pacar cina, dan labu kuning. Nah, berikut ini resep kolak nangka yang enak dan mudah dibuat!

Potong-potong nangka, labu, dan pisang jadi bagian lebih kecil atau sesuai selera. Dalam panci rebus air bersama gula merah dan daun pandan hingga mendidih. Masukan nangka, pisang, dan labu. Masak hingga setengah matang. Masukan santan dan garam. Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga mendidih dan isian empuk. Angkat. Siap disajikan sesuai selera baik dingin maupun hangat.

Baca Juga : Resep Kolak Labu

4. Nagasari Nangka

Nagasari merupakan kue basah yang dibuat dari tepung beras, sagu, santan, dan gula yang nantinya dibungkus dengan daun pisang. Biasanya, daun pembungkus nagasari adalah daun pisang raja. Tekstur kuenya legit, kenyal, dan manis. Nagasari biasanya disajikan sebagai kudapan favorit keluarga saat sedang berkumpul.

Potong-potong nangka lalu kukus sebentar. Angkat dan tiriskan. Dalam panci, rebus santan, gula, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Matikan api lalu diamkan hingga hangat. Masukan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tepung larut. Nyalakan api kembali lalu masak dengan api kecil, sambil terus diaduk hingga mengental dan licin. Angkat.

Ambil 1 lembar daun pisang. Olesi dengan sedikit minyak. Beri adonan bubur secukupnya. Taruh potongan nangka di tengahnya. Tutup kembali dengan adonan bubur. Bungkus daun pisang jadi bentuk pipih seperti tempe. Lipat kedua ujungnya dan balik ke bawah (ditindih). Lakukan hingga adonan habis. Kukus nagasari selama 20 menit hingga matang. Angkat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Nagasari

5. Cente Manis Nangka

cente manis kenyal

Cente manis terbuat dari tepung hunkwe dan biji delima atau biasa disebut juga pacar cina. Namun, selama perkembangnya cente manis memiliki beragam isian mulai dari buah pisang hingga buah nangka. Tekstur kue ini lembut dan empuk, mirip seperti puding.

Potong nangka menjadi kecil-kecil. Sisihkan. Dalam panci, didihkan banyak air. Rebus nangka sebentar. Matikan api, sisihkan. Dalam wadah, larutkan tepung hunkwe dengan 300 ml air. Aduk rata dan sisihkan. Dalam panci, campurkan 500 ml air dengan gula, garam, vanili, santan, dan daun pandan. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih.

Tuangkan larutan tepung hunkwe. Aduk cepat sampai adonan mengental, teras berat dan meletup-letup. Matikan api. Masukan nangka. Aduk hingga nangka merata dan menyebar ke seluruh adonan. Tuang adonan dan bagii dalam beberapa cetakan. Biarkan dingin lalu simpan dalam kulkas selama 30 menit. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Cente Manis

6. Kue Talam Nangka

kue talam pisang

Kue talam banyak sekali variasinya. Salah satunya, kue talam nangka legit. Rasanya manis, teksturnya pun sangat legit. Sungguh menggugah selera!

Campurkan nangka, tepung terigu, gula pasir, dan santan sedikit demi sedikit hingga larut dalam wadah. Masukan adonan ke dalam cetakan, kukus dalam kukusan yang sudah panas selama 15 menit atau setengah. Sambil mengukus, buat lapisan atas.

Caranya dengan mencampurkan tepung terigu, gula pasir, tepung tapioca, dan santan sedikit demi sedikit. Aduk hingga semua larut. Kemudian tambahkan pewarna hijau, garam, dan vanili bubuk. Angkat cetakan adonan bawah, lalu hilangkan uap panasnya. Setelah itu, tuang lapisan atas. Kukus kembali selama 15-20 menit.

Jika sudah matang semua, angkat kemudian tunggu dingin hingga uap panas hilang. Lepaskan dari cetakan dengan menggunakan lidi. Sajikan.

Baca Juga : Resep Kue Talam

7. Bolu Kukus Nangka

Pertama panaskan kukusan terlebih dahulu. Haluskan buah nangka. Siapkan wadah, campurkan gula halus, telur, vanili, dan SP. Haluskan menggunakan mixer sampai mengembang. Masukan SKM, susu putih bubuk, dan nangka yang sudah dihaluskan. Mixer kembali. Lalu, masukan tepung terigu dan tepung maizena aduk lagi dengan kecepatan sedang. Tuang margarin cair sedikit demi sedikit dan minyak sayur.

Pisahkan adonan menjadi dua. Adonan ke-2 beri pewarna makanan sesuai selera. Masukan adonan pertama ke dalam Loyang. Kukus selaa 5 menit lalu masukan  adonan ke-2. Tunggu hingga matang sekitar 20 menit. Angkat dan sajikan bersama taburan nangka yang dipotong kecil-kecil.