Penulis: Niahappy

Salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sering dikonsumsi adalah jeruk. Buah jeruk ini selain mudah untuk ditemukan juga memiliki harga yang terjangkau. Makanan atau minuman yang berbahan dasar jeruk sangat segar sehingga sangat cocok dikonsumsi di siang hari yang sangat terik. Walaupun rasanya cenderung asam, jika diolah dengan baik kudapan berbahan dasar jeruk akan sangat lezat lho. Nah, berikut aneka resep olahan buah jeruk yang enak:

1. Puding Telor Ceplok Rasa Jeruk

Puding adalah kudapan yang bisa dikreasikan semenarik mungkin. Seperti puding berbentuk sekaligus berwarna sangat mirip dengan telur goreng mata sapi atau ceplok ini. Rasanya sedikit asam dan segar berasal dari buah jeruk. Hmm… Cocok dimakan di siang hari, yuk coba buat!

Bagian kuning: Peras jeruk mandarin atau jeruk Sunkist. Sisihkan. Dalam panci, campur agar, gula, air perasan jeruk, dan air 350 ml. Masak hingga mendidih. Matikan kompor dan diamkan hingga uap panasnya hilang. Siapkan cetakan lalu tuang puding ke dalam cetakan. Dinginkan hingga memadat dan keras.

Bagian putih: Dalam panci, masukan susu cair, agar bubuk plain, gula, dan air. Masak hingga mendidih. Matikan kompor dan diamkan hingga uap panasnya hilang.

Siapkan cetakan mika yang berbentuk bulat. Keluarkan puding kuning telur dari cetakannya lalu pindahkan ke engah cetakan mika. Tuang adonan puding putih telur dan diamkan hingga memadat. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Puding Telor Ceplok

2. Sorbet Jeruk

sorbet buah praktis

Jika es krim kaya akan kandungan susu, lain halnya dengan sorbet. Kudapan dingin ini tidak mengandung susu dan terbuat dari buah-buahan segar yang kaya akan kandungan air. Selain gula, sorbet tidak menggunakan bahan tambahan apapun. Sehingga ia lebih alami & sebaiknya dikonsumsi langsung setelah beku.

Buang biji jeruk. Masukan jeruk ke dalam blender, tambahkan air lemon, daun mint, dan gula bubuk. Blender sampai halus. Tuang sorbet ke dalam wadah tertutup lalu simpan dalam freezer selama minimal 6 jam. Siap disajikan.

Baca Juga: Resep Sorbet Buah

3. Orange Cookies

Kue kering dengan dominan rasa butter yang lezat dan wangi ini pasti jadi favorit banyak orang. Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah dengan resep ini.

Aduk kuning telur, mentega, dan gula halus menggunakan wisk hingga lembut. Masukan nutrisari jeruk, susu bubuk, dan pewarna oranye, aduk rata. Masukan tepung terigu, maizena, dan perasan air jeruk. Aduk rata dengan spatu lalu uleni dengan tangan hingga bisa dibentuk. Ambil 1 sdm adonan, beri pewarna hijau, campur rata, sisihkan. Ambil sedikit demi sedikit adonan oranye, bentuk bulat.

Susun dalam loyang yang sudah dioles mentega. Beri choco chip di tengahya sambil sedikit ditekan agar nempel. Lalu buat daunnya, ambil sejumput adonan hijau, pipihkan dengan ibu jari, lalu beri garis-garis pakai tusuk gigi. Oven atau panggang dengan suhu 150o selama 30 menit, angkat, diamkan sebentar dan siap disajikan.

Baca Juga: Resep Choco Chip Cookies

4. Orange Jelly

Bagi 2 buah jeruk. Ambil dagingnya buang bijinya. Sisihkan kulitnya. Blender daging jeruk. Kemudian saring jeruk, sisihkan. Masukan bubuk agar-agar, gula, dan air jeruk ke dalam panci. Masak sampai mendidih. Angkat dan diamkan hingga uap hilang. Tuang ke dalam kulit jeruk sebagai cetakan. Dinginkan di kulkas. Sajikan selagi dingin agar semakin nikmat.

5. Bolu Jeruk

Pertama olesi Loyang dengan butter, beri sedikit terigu lalu tepuk rata, sisihkan. Dalam wadah, masukan butter, vanili, dan garam. Haluskan sampai creamy. Masukan dua telur satu per satu, kocok lagi sampai tercampur rata. Tuang jus jeruk ke dalam adonan. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sudah disaring. Masukan parutan jeruk dan buah jeruk kering, aduk rata. Bagi adonan menjadi 2.

Adonan satu: beri pewarna kuning dan warna agar warna terlihat oranye. Adonan dua: beri bubuk cokelat dan 3 sdm air jeruk. Aduk rata.

Panaskan oven dengan suhu 180oC. tuang adonan cokelat ke loyangg, lalu tuang adonan putih di atasnya. Ulangi prosesnya sampai adonan habis. Aduk menggunakan tusuk lidi. Kemudian panggang selama 30 menit (sampai matang). Keluarkan dari oven, dinginkan sejenak dan sajikan.

Baca Juga : Resep Lemon Cake

6. Jus Jeruk

Saat cuaca panas memang paling enak minum yang dingin-dingin dan segar. Nah jus jeruk sangat cocok diminum saat cuaca panas karena rasanya yang asam dan dinginnya es batu membuat Anda lebih bersemangat.

Peras jeruk Sunkist atau jeruk apapun sesuai selera. Masukan air perasannya ke dalam blender. Tambahkan air, madu, dan es batu. Blender sampai halus. Tuang ke dalam gelas dan letakan potongan jeruk di dalam gelas. Siap disajikan.