Penulis: Vira | Editor: Ria

Jenis ayam goreng yang paling saya suka adalah ayam goreng yang diungkep dengan bumbu kuning. Citarasa dari ayam goreng bumbu kuning ini menurut saya makin nikmat apalagi jika ditambah dengan remahan dari bumbu yang ikut tergoreng. Waduh, ngebayanginnya aja saya jadi ngiler, nih.

Sayangnya, banyak orang  yang menganggap mengungkep ayam itu sulit. Masih ada beberapa kesalahan dari mengungkep ayam yang mengakibatkan ayam goreng yang dihasilkan pun tak sempurna. Simak artikel tentang kesalahan umum dalam mengungkep ayam ini, ya!

1. Menggunakan air terlalu banyak

Ketika mengungkep ayam, hal pertama yang harus dilakukan adalah menumis bumbu-bumbu yang diperlukan. Baru setelah itu anda menambahkan ayam yang ingin diungkep dan tak lupa air, agar si bumbu bisa tercampur.

Kesalahan lainnya, yaitu penggunaan air yang terlalu banyak. Padahal, seharusnya air yang digunakan cukup setengah dari banyaknya ayam. Ketika dimasak, ayam akan mengeluarkan cairannya, namun ketika anda menggunakan air terlalu banyak maka daging ayam akan menyerap air yang banyak juga sehingga dagingnya pun akan hancur. 

2. Memasak dengan waktu terlalu lama

(Image: Lazada)

Faktanya, 20-30 menit pun cukup untuk membuat bumbu teresap sempurna ke dalam daging ayam. Mengungkep ayam tak harus menunggu hingga air dan bumbu benar-benar kering, melainkan hingga daging ayam telah matang dan empuk.

Namun, jika ingin ayam benar-benar empuk hingga ke tulang, gunakanlah panci presto. Salah satu panci presto terbaik dengan harga terjangkau adalah Vicenza Pressure Cooker VP 308/8L (lihat di Lazada). Memiliki sistem pengaturan tekanan uap dan panas, panci presto ini tidak hanya cepat mengempukkan tetapi juga sangat aman untuk digunakan.

3. Menggunakan api yang terlalu besar

Ternyata, api yang digunakan ketika mengungkep ayam seharusnya adalah api kecil. Meskipun terkesan lama, tapi cara inilah yang paling efektif dalam membuat bumbu kuning terserap baik ke dalam daging ayam. Jadi, jangan terburu-buru, ya!

Mengungkep ayam dengan api yang terlalu besar dapat mengakibatkan bagian luar ayam yang overcooked sedangkan bagian dalamnya mentah bahkan masih berdarah . Penggunaan api yang terlalu besar juga bisa mengakibatkan bumbu gosong dan menempel lengket ke dasar wajan/panci yang anda gunakan.

Itulah 3 hal yang paling umum terjadi saat mengungkep sehingga membuat ayam goreng jadi kurang sempurna. Apakah anda pernah mengalami salah satunya? Supaya tak terulang lagi, anda bisa mengikuti cara mengungkep ayam dengan 7 langkah praktis di artikel berikut. Jika ungkepan anda telah sempurna maka ayam goreng yang tersaji pun akan laris manis seketika. Resep-resep ini bisa anda coba sajikan di rumah.

3 Kesalahan Utama Saat Mengungkep Ayam
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 2.5 (50%) 2 votes