Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Penikmat steak pasti tidak asing lagi dengan istilah ‘sirloin’ dan ‘tenderloin’. Kedua kata tersebut sebenarnya menunjukan bagian potongan daging. Baik sirloin maupun tenderloin, sangat dikenal dengan keempukan serta kelembutannya saat diolah jadi masakan.

Walau sama-sama enak, ternyata masih banyak yang bingung saat beli sirloin atau tenderloin. Padahal keduanya punya perbedaan yang jelas, lho. Agar tidak salah pilih, simak perbedaannya dibawa ini, ya!

Baca Juga:  7 Macam Potongan Daging Sapi

1. Letak dan Bentuk

Sirloin atau daging has luar terletak di bagian pinggang atas sapi. Sirloin sendiri terbagi jadi sirloin paling atas, top sirloin dan bottom sirloin. Bentuk potongan daging sirloin cenderung persegi panjang sekaligus tebal.

Tenderloin disebut juga daging has dalam. Letaknya di pinggang dekat ginjal sapi atau bisa dikatakan diantara sirloin. Bentuk daging ini bulat, lonjong, dan hanya ada sedikit di setiap ekornya.

2. Tekstur dan Rasa

Kedua bagian ini merupakan bagian terlembut di antara keseluruhan daging. Hanya saja, tenderloin punya tekstur yang lebih empuk dibanding sirloin. Sebab, otot tenderloin lebih jarang bergerak.

Jika tenderloin lebih empuk, maka sirloin lebih juicy dan kaya rasa. Soalnya, sirloin punya kandungan lemak lebih banyak. Lemak ini yang buat sirloin jadi gurih, lembab, dan harum. Sedangkan tenderloin punya rasa yang ringan karena sedikitnya kandungan lemak. Oleh karena itu, tenderloin cocok bagi orang yang membatasi konsumsi lemak.

Baca Juga:  3 Jenis Bagian Sapi yang Paling Empuk

3. Teknik Memasak

Saat masak tenderloin, tambahkan sedikit mentega agar lebih harum dan lembab. Selain itu, jangan masak terlalu lama karena daging tenderloin akan cepat hancur. Ada baiknya tenderloin diiris tipis terlebih dulu. Agar daging matang sempurna walaupun dimasak dengan cepat.

Sirloin yang punya lemak lebih banyak, jadi tidak masalah jika dimasak agak lama. Potongan yang digunakan pun biasanya lebih tebal. Daging sirloin sebaiknya dibumbui (marinate) atau ungkep dulu, agar rasanya meresap hingga ke dalam.

Baca Juga:  Tips Sukses Agar Beef Steak Empuk dan Juicy

Ternyata sirloin dan tenderloin punya perbedaan yang jelas, ya. Jadi, jangan salah pilih karena memasaknya pun butuh teknik yang berbeda. Selamat memilih!

Apa Bedanya? Daging Sirloin Vs Tenderloin
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 2 votes