(Image: Pinterest)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Waktu sore yang luang memang paling nikmat dihabiskan dengan bersantai sambil menyeruput kopi dan menyantap kudapan. Nah, kebetulan ada tukang kue bandros yang lewat depan rumah nih. Tanpa berpikir panjang, saya pun langsung memanggil dan membeli kuenya. Bicara soal kue bandros, sepertinya masih banyak orang yang menyamakannya dengan kue pancong, kue rangi, maupun gandos.

Wajar sih, keempatnya memang terlihat mirip. Tapi jika anda lebih jeli, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok lho di antara keempatnya. Apa saja perbedaan tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Daerah asal

Salah satu perbedaan paling mencolok dari kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos adalah daerah asal mereka. Kue pancong dan kue rangi merupakan kue yang sama-sama berasal dari Betawi. Sedangkan kue gandos berasal dari Jawa tengah. Dan kue bandros berasal dari Jawa Barat.

2. Komposisi bahan

Meskipun sama-sama terbuat dari tepung dan kelapa parut, nyatanya tetap saja ada perbedaan antara kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandros. Kue pancong terbuat dari campuran tepung beras, santan, garam, gula pasir, dan kelapa parut. Sedangkan kue rangi berbahan dasar tepung sagu atau tepung kanji atau tapioka, garam, dan kelapa parut. Untuk kue gandos terbuat dari campuran antara tepung beras, santan, garam, gula pasir, kelapa parut, dan telur ayam. Nah, kalau kue bandros, bahan-bahan yang digunakan adalah tepung beras, tepung tapioka, santan, garam, dan kelapa parut.

3. Rasa

Mungkin ini salah satu perbedaan paling mencolok antara kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos. Kue pancong cenderung memiliki rasa yang gurih dan asin, hampir sama seperti kue bandros. Berbeda dengan kue rangi yang rasanya manis. Sedangkan kue gandos rasanya cenderung gurih, asin, dan sedikit manis.

4. Ukuran

Sekilas, bentuk dari kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos ini memang terlihat sama. tapi sebenarnya berbeda, karena cetakan yang digunakan pun berbeda. Untuk kue pancong, kue bandros, dan kue gandos biasanya menggunakan cetakan yang sama, yaitu cetakan kue pukis. Sedangkan kue rangi cetakannya jauh lebih kecil dan pendek (tidak cekung dalam) dibanding 3 kue lainnya.

5. Cara penyajian

Jika anda belum tahu, kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos memiliki cara penyajian yang berbeda. Kue pancong dan kue gandos biasanya disajikan polos begitu saja, karena memang rasanya sudah sangat enak. Untuk kue rangi, biasanya disajikan dengan tambahan topping saus gula merah yang berbentuk jel. Sementara itu, kue bandros disajikan dengan taburan gula pasir.

Nah, itu dia perbedaan antara kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos. Semoga anda tidak kesulitan lagi untuk membedakannya. Yang terpenting, anda harus coba semuanya untuk tahu citarasanya. Selamat mencoba!