Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selain udang, salah satu seafood yang paling sering saya olah adalah cumi-cumi. Selain rasa yang enak dan tekstur yang kenyal, cumi-cumi juga terbilang praktis dan mudah pengolahannya. Uniknya, cumi-cumi bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk yang menarik dan semakin menggugah selera. Jenis potongan yang berbeda ini juga dipengaruhi dari menu masakannya. Dijamin anda sekeluarga tidak akan bosan menyantap menu yang terbuat dari cumi.

1. Bentuk lembaran

Salah satu bentuk potongan cumi yang bisa anda coba adalah bentuk lembaran. Cara membuatnya adalah dengan membelah salah satu bagian pada badan cumi yang sudah dipisahkan dari kepalanya. Pastikan anda membelah dengan hati-hati dan tidak terputus agar potongan cumi tidak putus dan tetap lebar. Potongan cumi lembaran ini bisa anda gunakan untuk membuat cumi asap atau cumi balut tepung krispi yang kekinian.

2. Bentuk bertekstur

Jika anda ingin bentuk cumi yang unik, maka anda bisa mencoba potongan cumi ini. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan cumi lembaran lalu kerat bagian dalamnya. Nantinya saat dimasak, daging cumi akan menciut dan bentuknya berubah melintang. Keratan tadi pun akan mengembang dan tampak indah seperti sisik. Bentuk cumi bertekstur ini akan sangat cocok anda gunakan pada olahan tumis maupun sup yang lezat.

3. Bentuk cincin

cumi saus padang

Bisa dibilang, potongan cumi berbentuk cincin ini paling sering digunakan. cara membuat potongannya pun sangat gampang. Anda hanya perlu mengiris cumi utuh yang sudah dibersihkan dengan ketebalan sekitar 2 cm, agar tidak terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Maka cumi berbentuk cincin pun siap diolah menjadi aneka resep lezat seperti cumi asam manis, cumi saus tiram, cumi saus asin, atau cumi goreng tepung.

Coba resep: Cumi Saus Padang

4. Bentuk utuh

Selain bentuk cincin, cumi yang dibiarkan dalam bentuk utuh juga sering digunakan, karena sangat praktis dan menghemat waktu. Pastikan kepala cumi tidak terlepas dari badan ya agar bentuknya tetap cantik ketika disajikan. Cumi berbentuk utuh ini bisa anda olah menjadi cumi goreng mentega, cumi asin cabe hijau, sampai cumi bakar kecap yang pastinya sangat lezat disantap bersama nasi hangat.

Coba resep: Tumis cumi hitam

5. Bentuk utuh plus isian

Jika ingin variasi lain, anda bisa menambahkan isian yang lezat ke dalam badan cumi. Isian yang biasa digunakan yaitu tahu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan kocokan telur. Agar isian bisa dimasukkan ke dalam badan cumi, anda perlu melepas kepala cumi terlebih dahulu. Setelah badan cumi terisi penuh, pasang kembali kepalanya dengan cara disemat oleh lidi atau tusuk gigi.

Coba resep: Gulai Cumi Isi Telur

Nah, itu dia aneka bentuk potongan cumi yang bisa coba anda coba untuk aneka jenis masakan. Atau anda punya rekomendasi bentuk potongan lain?