Penulis: Windy | Editor: Ria

Beberapa hari yang lalu, ibu saya memasak daging tumis dan rasanya sangat enak. Namun setelah beberapa suapan, saya mendapati daging yang masih alot. Saat diperhatikan, ternyata potongan daging dalam sajian tersebut beragam.

Pantas saja, kempukkannya tidak matang merata. Berikut 7 macam potongan daging yang perlu anda ketahui agar daging empuk dan sesuai dengan menu masakannya.

1. Fillet

snowwhite.com.mt

Potongan ini biasanya dipakai untuk daging bagian lulur atau daging has (sirloin), dimana daging dipotong utuh panjang. Potongan daging sealur dengan serat akan membuat alot. Tapi jika potongan berlawanan arah dengan serat daging tekstur akan terasa empuk.

Untuk mendapatkan potongan daging fillet, letakkan daging di atas talenan. Lalu bersihkan daging dari serat yang menempel dan selaput kasar yang ada dan dipisahkan. Potong daging dengan cara menyamping berlawanan dengan serat daging. Potongan fillet biasanya digunakan untuk memasak steak.

Baca Juga:  Tips Lengkap Memasak Beef Steak Empuk & Juicy

2. Cubes

https://milkandeggs.com

Potongan cubes merupakan potongan yang biasa digunakan untuk memasak. Biasanya bentuk potongan ini diambil dari bagian topside, short rib, chuck tender, rump, dan shin.

Jika ingin memotong daging berbentuk cubes cukup siapkan pisau yang tajam lalu potong dadu daging dengan ukuran 3×3 cm. Potongan cubes biasanya dijadikan campuran  mengolah sup daging atau soto daging.

Coba resep: 10 Aneka Sop Unik Khas Nusantara yang Wajib Dicoba!

3. Chop

http://wishfulchef.com

Daging potongan chop sering disebut juga cincang kasar. Potongan chop biasanya dilakukan untuk daging dan tulang yang cukup empuk. Seperti tulang bagian iga yang bertulang rawan.

Untuk mendapatkan potongan ini, anda membutuhkan pisau cincang berukuran besar. Sehingga hasil potongannya pun jadi kecil-kecil dan nampak tak beraturan. Saus pasta atau abon adalah sajian yang biasa menggunakan daging potongan chop.

4. Mince

acutabove.jobur

Potongan mince ini lebih sering disebut dengan istilah cincang halus. Hasil potongan ini identik dengan hasil penggilingan daging dengan mesin. Yang mudah pula kita dapatkan di supermarket dengan label minced meat.

Mirip dengan chop, hasil potongan mince ini punya ukuran lebih kecil. Biasanya minced meat digunakan untuk membuat bola bola daging yang biasa ditemukan dalam sajian spaghetti bolognaise, semur, rendang, atau swedish meatballs.

Coba resep: Semur Bola Bola Daging Lezat dan Praktis

5. Slice

mercopress.com

Anda pasti sering menjumpai daging berpotongan ini jika makan di restoran cepat saji ala Jepang. Ya, daging iris yang super tipis dan terlihat lebar ataupun panjang. Untuk mendapatkan irisan yang bagus, daging sapi yang digunakan yaitu bagian rump, knuckle, flank, topside, chuck roll, topside, cube roll, dan strip loin.

Daging dipotong tipis, melintang, pipih, dan cenderung lebar. Potongan slice biasa digunakan untuk yakiniku dan sukiyaki.

Coba resep : Beef Yakiniku Lezat dan Mudah ala Resto Jepang

6. Cutlet

thehealthybutcher.com

Potongan cutlet sepintas mirip dengan potongan fillet dengan tujuan memperpendek serat daging sehingga lebih lunak. Bagian yang biasanya dipotong dengan cara ini adalah kaki atau iga sapi.

Pertama-tama, buang tulang daging lalu iris tipis. Mirip dengan fillet, namun cutlet biasanya dipotong merata dengan ketebalan 1 sampai 2 cm. Katsuretsu ala Jepang menggunakan daging dengan potongan ini.

7. Goujons dan Rolled

ibreatheimhungry.com

Goujons merupakan potongan daging sebesar ibu jari, yang sering digunakan dalam hidangan Perancis. Bagian daging yang biasa digunakan yaitu sirloin. Anda dapat memasak steak, tumis daging atau boeuf bourguignon ala Perancis dengan potongan goujons.

Sementara rolled merupakan daging iris tipis yang digulung. Bagian daging yang biasa digunakan adalah fore rib dan sirloin. Roast beef roll ups dengan balsamic sauce adalah salah satu makanan dengan potongan rolled.

Itulah aneka potongan daging sapi yang bisa anda pelajari di dapur. Selain mempercantik makanan, potongan juga akan menambah kelezatan daging. Selamat mencoba !