Penulis: Tia | Editor: Ria

Memotong merupakan salah satu tahap penting dalam proses memasak. Bumbu masak dan bahan makanan yang dipotong dengan baik akan matang dengan lebih merata dan pastinya juga lebih cepat. Namun seringnya, memotong ini menjadi tahap yang memakan waktu banyak. Soalnya, bahan makanan yang akan dimasak harus dipotong satu per satu.

Nah, saat ini, sudah banyak sekali alat dapur yang inovatif, terutama untuk potong-memotong. Tidak hanya praktis, tapi juga membuat hasil potongan menjadi lebih cantik dan sama rata bentuknya. Apa sajakah alat-alat tersebut?

1. Pengiris bawang merah

Image: blibli.com

Pengiris bawang merah sudah lebih dulu eksis dari alat dapur inovatif lainnya. Alat ini menghasilkan irisan bawang merah yang tipis, sehingga biasa digunakan saat akan membuat bawang goreng. Komponennya terdiri dari corong bawang, pisau pengiris, wadah penampung, dan tuas putar. Cara menggunakannya, bawang merah dimasukkan ke dalam corong sedikit demi sedikit, kemudian putar tuasnya untuk mendorong bawang ke bawah dan mengaktifkan pengiris. Hasil irisan nantinya akan tertampung di wadah.

Baca juga: 5 Tips Mengupas Bawang Merah Tanpa Menangis

2. Pengiris pisang

Image: todayoffer.lk

Kalau anda suka menjadikan pisang sebagai isian sandwich atau topping oatmeal, pengiris pisang ini akan sangat membantu. Alat ini dapat mengiris pisang dengan ketebalan yang sama dan sempurna untuk dijadikan topping. Satu alat pengiris pisang terdiri dari 5 mata pisau pemotong berbentuk cincin dan tuas penekan. Untuk memakainya, letakkan pisang di dalam kelima cincin pisau, kemudian tekan tuas hingga pisang teriris.

Coba: Resep Crepes Pisang Coklat Keju

3. Pemotong french fries

Image: mykitchendegree.com

Salah satu hal yang membuat malas membuat french fries sendiri di rumah adalah memotongnya. Tapi kalau anda punya alat ini, pasti malah ketagihan membuatnya. Ada 10 mata pisau pada alat ini yang ditata secara vertikal dan horizontal. Untuk memotong kentang secara memanjang seperti french fries di restoran, anda hanya perlu menekan alat pemotong ini dari atas ke bawah. Kentang pun terpotong secara otomatis.

Baca juga: Tips Agar Kentang Tidak Berubah Warna Hitam Setelah Dikupas

4. Pemotong bentuk dadu

Image: insasta.com

Untuk membuat sayur sup, sayuran seperti wortel akan lebih cantik dan cepat matang jika dipotong dadu. Nah, alat pemotong ini dapat sangat membantu anda untuk menghasilkan potongan dadu yang cantik dan sempurna. Caranya, anda hanya perlu meletakkan wortel di atas mata pisau secara melintang, kemudian ditekan ke bawah dengan tuas. Hasil potongannya akan secara langsung jatuh ke dalam wadah yang ada di bagian bawah alat pemotong.

Selain wortel, anda juga bisa menggunakan alat ini untuk memotong dadu kentang, tomat, hingga paprika.

Baca juga: Apa Bedanya? Wortel Impor vs Wortel Lokal

5. Penyisir jagung

Image: supacutedesserts.com

Jagung untuk sup, isian, dan tumisan tidak bisa dimasak bersama dengan bonggolnya. Biji jagung harus disisir terlebih dahulu baru dapat diolah. Jika selama ini anda kesulitan menyisir jagung menggunakan pisau biasa, alat ini akan sangat membantu.

Ada banyak bentuk dan jenis alat penyisir jagung yang dijual di pasaran, mulai dari yang hanya pisau penyisir saja hingga yang sudah termasuk wadah penampung pipilan. Menggunakan alat ini pun juga sangat mudah, sama seperti menyisir jagung dengan pisau biasa. Namun, hasilnya lebih rapi dan pastinya lebih aman untuk tangan anda.

Coba: Resep Sup Jagung

6. Pengiris telur rebus

Image: amazon.com

Selain dimasak bulat-bulat, telur rebus juga seringkali diiris untuk dijadikan topping salad atau isian kudapan. Mengiris telur rebus ini memang tidak sulit. Tapi cukup memakan waktu saja jika mengirisnya satu per satu, apalagi kalau butuh dalam jumlah banyak.

Alat pengiris telur rebus bisa jadi solusi anda. Telur rebus bulat hanya perlu diletakkan di bagian tengah secara melintang, kemudian tuas dengan benang pengiris ditekan ke bawah. Irisan telur yang cantik sudah siap digunakan.

Baca juga: 4 Tips Mengupas Telur Rebus Agar Tetap Bulat Sempurna

7. Gunting 5 lapis

Image: thegadgetflow.com

Perlu memotong daun bawang atau kucai dalam jumlah banyak? Gunting 5 lapis ini mungkin dapat meringankan pekerjaan memotong anda. Gunting 5 lapis dapat memotong 2 tangkai daun bawang dan kucai secara sekaligus dan dalam waktu singkat. Hasilnya pun sama rata, tidak jauh beda dengan hasil cacahan chef ternama deh.

Baca juga: Apa Bedanya? Daun Bawang vs Daun Kucai

8. Pencincang bawang putih

Image: bukalapak.com

Banyak masakan membutuhkan bawang putih yang sudah dicincang. Hasil cincangan yang bagus akan membuat bawang putih matang merata dan pastinya menghasilkan bumbu yang lebih enak. Kalau anda belum mahir dalam mencincang bawang putih, alat ini akan sangat membantu.

Alat pencincang bawang putih yang banyak dijual biasanya berbentuk menyerupai tang. Bawang putih diletakkan di bagian ujung, kemudian kedua tuas saling ditekan. Bawang putih yang tercincang akan keluar dengan sendirinya lewat lubang-lubang kecil di bagian bawah alat ini.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

9. Pengiris keripik

Image: seriouseats.com

Sama seperti pengiris bawang merah, alat pengiris keripik juga telah lama diperjualbelikan. Bentuknya menyerupai parutan kelapa, tapi memiliki 1 mata pisau. Dengan alat pengiris ini, anda bisa menjadikan berbagai bahan makanan menjadi keripik. Mulai dari kentang, singkong, wortel, ubi, hingga apel dan pisang. Alat pengiris keripik akan mengiris bahan makanan tipis-tipis sehingga saat digoreng nanti akan cepat matang dan menjadi keripik yang renyah.

Coba: Resep Keripik Pisang

Dengan 9 alat di atas, proses memotong bumbu masak dan bahan makanan tidak lagi terasa susah. Jadi, alat mana yang akan anda beli terlebih dahulu untuk melengkapi perabot dapur di rumah?