Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Lebaran semakin dekat dan saya pun semakin sibuk mempersiapkan segala keperluan untuk menyambut hari raya yang fitri tersebut. Nah, salah satu persiapan utama saya tentu saja stok makanan. Termasuk aneka kue kering.

Keluarga inti sekaligus keluarga besar saya adalah pecinta kue kering. Sehingga saya harus menyediakan stok kue kering dalam jumlah banyak, sekaligus beragam jenisnya. Seperti kue nastar, kastengel, semprit, putri salju, dan kue kacang hingga 4 toples tiap jenisnya!

Meski membuat semua kue tadi sendiri, saya sangat terbantu dengan hadirnya aneka cetakan kue kering. Sehingga proses membuat kue kering jadi lebih cepat. Bentuk kue kering pun jadi lebih rapi dan seragam, sehingga mudah untuk ditata dalam toples.

(Image: Lazada)

Cetakan kue kering pun kini hadir dengan bentuk beragam. Ada banyak inovasi yang muncul, sehingga bentuk-bentuk cetakannya lebih unik dan lucu. Seperti KIWI Cetakan Kue Kering (lihat di Lazada DISKON), cetakan kue berbahan stainless steel, yang terdiri dari 12 varian bentuk ini. Apa saja? Simak penjabarannya lengkap berikut ini.

1. Bentuk Hati

Kue kastengel kue lumer

Kue kering bentuk hati tak pernah gagal membuat anda jatuh cinta. Bentuk hatinya yang cantik bisa membuat tampilan kue anda lebih menarik. Biasanya, kue kering yang menggunakan cetakan hati adalah kue coklat, kacang, hingga kastengel.

Coba resep: Kue Kastengel

2. Bentuk Bintang

Jika anda ingin kue kering yang lucu, gunakan saja cetakan bintang. Kelima sudutnya tajam, sehingga nantinya bentuk kue akan benar-benar mirip bintang. Jika mencetak kue kering dengan bentuk bintang ini, dijamin deh anak anda akan suka.

3. Bentuk Bulan sabit

Bisa dibilang, bentuk bulan sabit ini jadi bentuk favorit banyak orang saat mencetak kue kering, apalagi untuk membuat kue putri salju. Bentuk bulan sabit yang sederhana namun terlihat manis dijamin bisa mempercantik tampilan kue kering anda.

Coba resep: Kue Putri Salju

4. Bentuk Spuit

Kue Semprit lumer

Kalau cetakan spuit ini, biasanya selalu digunakan untuk membuat kue semprit atau kue sagu. Bentuk cetakan ini agak berbeda dengan cetakan kue kering lainnya. Bentuknya seperti corong, lalu ada lubang di bagian ujung. Nantinya, adonan kue dicetak dengan cara dimasukkan ke dalam corong tersebut dan ditekan sampai adonan keluar dan bentuknya sesuai yang diinginkan.

Coba resep: Kue Semprit Jadul

5. Bentuk Karakter

Meskipun cetakan bentuk karakter ini jarang digunakan, tapi bukan berarti anda tidak bisa mencobanya. Ada banyak karakter yang tersedia seperti Hello Kitty, Mickey Mouse, aneka binatang, dan lain-lain.

Cetakan bentuk karakter seperti ini paling pas digunakan pada kue yang menggunakan topping gula icing warna-warni. Sehingga tampilan kue kering menjadi sangat lucu dan menarik.

6. Bentuk Huruf dan Angka

Bagi anda yang memiliki anak kecil di rumah, tak ada salahnya mencetak kue kering dengan bentuk ini. Selain tampilannya lucu, anda juga bisa sekaligus mengajari anak untuk belajar mengenal berbagai huruf dan angka. Sangat bermanfaat, kan.

Itu dia aneka bentuk cetakan kue kering yang sering digunakan. Bentuk cetakan apa yang paling menarik perhatian anda?

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi