Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Dulu, saya tak suka dengan bayam. Tiap ibu membuat sayur bening bayam dan lauk gorengan, saya pasti hanya mengambil lauk gorengannya saja. Padahal, bayam bukan termasuk sayuran daun yang pahit jika masih segar dan memang dipilih dengan tepat. Namun entahlah, apa mungkin karena olahan bayam di rumah saya hanya sayur bening saja?

Nah setelah beranjak dewasa, saya baru memahami kalau bayam bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Dari hidangan simpel sehari-hari hingga hidangan spesial yang tak disangka-sangka, bayam menjadi bahan yang cukup fleksibel dengan rasa yang nikmat. Penasaran apa saja hidangannya? Ikuti terus yang satu ini!

1. Sayur Bobor

Bobor bayam enak

Bosan dengan sayur bening? Yuk, coba sayur bobor bayam! Sayur gurih dengan kuah putih ini memakai santan dan bumbu yang lebih kaya, lho. Tumis bumbu dasar putih hingga harum, lalu masukkan santan dan rebus hingga mendidih. Selain bayam, sayur bobor ini juga bisa memakai potongan labu siam, tempe, tahu, pipilan jagung manis, dan irisan cabai merah kalau ingin pedas. Nah, masukkan bayam yang sudah disiangi paling terakhir agar tidak terlalu layu ya.

2. Urap

urap bali murah

Olahan bayam berikut ini sangat praktis dibuat, tapi tak kalah enaknya dengan sajian lain. Urap memakai bumbu kelapa yang gurih dan agak pedas, yang nantinya ditaburkan di atas aneka sayuran rebus. Nah, anda bisa melengkapi bayam dengan aneka sayur lain seperti buncis, tauge, wortel, dan sayur daun lainnya, nih. Tapi tak perlu banyak komponen sayurnya, karena bikin ala urap Bali yang sederhana saja rasanya sudah super nikmat!

3. Perkedel

(Image: Siti Nurmasitah via Cookpad)

Siapa bilang perkedel hanya terbuat dari kentang? Perkedel bisa dibuat variasi agar rasanya semakin nikmat lho, salah satunya adalah perkedel bayam. Bahannya memang tidak 100% bayam ya, karena sayur ini perlu dicampurkan kentang, tahu putih, atau tepung agar bentuknya set. Sebelum dicampurkan pada bahan-bahan tersebut, bayam direbus terlebih dulu sampai agak layu. Selanjutnya, cacah menjadi kecil atau diuleg saja supaya bisa tercampur dalam adonan perkedel.

Baca juga: 5 Tips Membuat Perkedel agar Tidak Hancur dan Rekat Sempurna

4. Omelet

(Image: eatrightontario.ca)

Ingin sarapan yang lebih sehat? Ada omelet bayam yang siap menanti. Bayamnya tak perlu direbus seperti hidangan di atas, alias cukup dicuci dan diiris tipis secukupnya. Tambahkan juga isian omelet lain seperti jamur, keju, potongan wortel, dan sebagainya agar omelet lebih berwarna dan bertekstur. Selain untuk sarapan, omelet bayam ini juga bisa dijadikan bekal makan siang. Psst, si kecil tak akan menyadari kalau bayam bisa jadi senikmat ini!

Baca juga: 10 Bahan Campuran Omelet Agar Lebih Bercitarasa dan Bertekstur

5. Nugget

Siapa yang tak suka nugget? Lauk atau kudapan ini tak hanya bisa dibuat dengan daging, tapi juga berbagai sayur seperti bayam. Meskipun tetap membutuhkan daging ayam giling atau udang untuk citarasa, nugget sayur tetap terasa sayurnya. Untuk nugget bayam, seduh atau blansir sebentar daun bayam lalu iris kasar. Campurkan dengan bahan pembuat nugget seperti terigu, telur, daging giling, dan bumbu penyedap. Nugget akan semakin nikmat jika dilapisi tepung panir yang bertekstur. Jangan terbalik antara tepung panir dan tepung roti, ya.

6. Keripik

(Image: Nila Juwita via Cookpad)

Eits, keripik tak hanya dari kentang saja lho, karena bayam juga bisa dibuat keripik yang kriuk renyah. Namun supaya hasilnya bagus, pilih bayam yang daunnya lebar dan besar. Siapkan adonan tepung yang terdiri dari tepung sagu, tepung beras, telur, dan air yang diaduk hingga teksturnya cukup cair. Adonan tepung ini juga bisa ditambahkan aneka bumbu seperti merica, lada, bawang putih, dan kemiri agar semakin bercitarasa ya. Setelah itu, masukkan daun bayam yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalamnya. Goreng dalam minyak panas dan sajikan dengan saus favorit!

Baca juga: 4 Tips Penting Membuat Keripik Sayur & Buah

7. Bolu

(Image: Diyah Ummu Musa)

Wah, kira-kira bagaimana rasanya kalau bayam dijadikan bolu? Ternyata, rasanya bisa lembut dan gurih-manis dalam satu gigitan! Intinya, pilih bayam segar agar tidak berbau langu dan buat jadi puree yang teksturnya benar-benar halus. Selain itu, tambahkan vanili agar “rasa bayamnya” bisa sedikit tersamarkan dan terganti dengan aroma wangi yang mengguga selera. Bolu bayam ini juga bisa dikombinasikan dengan aneka topping seperti parutan keju, lelehan coklat, atau taburan kismis yang manis. Nyam!

Baca juga: Tips Membuat Bolu Supaya Tidak Bantat dan Gagal

8. Quiche Lorraine

Quiche Lorraine gurih

Tren pie susu sudah lewat nih, sekarang ada penggantinya yang tak kalah nikmat: quiche lorraine (dibaca “kish lor-rein”). Quiche lorraine adalah pie gurih dengan bahan isian telur dan krim kental/susu. Dalam campuran tersebut, ada berbagai bahan tambahan seperti daging, keju, seafood, dan sayuran. Nah, sepertinya bayam jarang absen dari hidangan khas Perancis ini karena memang membuat warna quiche lorraine jadi semakin segar. Bayamnya sendiri hanya perlu dicuci dan diiris kasar, lalu bisa langsung dicampur dengan adonan isian. Sajikan dingin atau hangat bersama secangkir teh manis, ya!

9. Mie

(Image: The Spruce)

Mie warna-warni bukanlah hal baru di pasaran. Konon, warna-warna ini berasal dari sayuran berwarna seperti wortel, ubi ungu, hingga bayam. Namun agar lebih terjamin rasa dan kualitasnya, buat saja versi homemade-nya yang lebih ekonomis. Blender bayam yang sudah dicuci, lalu saring hingga dapat air atau sarinya saja. Selanjutnya, campurkan sari bayam dengan adonan mie telur seperti terigu protein tinggi, telur, air, dan minyak. Ulen hingga kalis elastis, lalu giling dan potong mie sesuai selera. Buat jadi mie pangsit atau mie goreng sepertinya nikmat, ya?

Baca juga: Cara & Tips Membuat Mie Telur Homemade

Nah, sekarang tak ada lagi kata bosan untuk mengolah bayam, ya. Tapi sebelum mulai mengolah, simak dulu cara memilih dan mengolah bayam yang tepat agar tak langu saat dimasak. Selain rasanya yang kurang nikmat, bayam juga dapat mengeluarkan zat yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, lho.

9 Variasi Olahan Bayam yang Unik & Lezat
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)