Penulis: Atsa

Bobor merupakan sajian berkuah khas Indonesia. Sajian ini menyajikan sayuran hijau yang segar dengan kuah santan yang gurih. Biasanya sayur kangkung, bayam, atau kacang panjang disajikan menjadi bobor. Nah, kali ini ResepKoki akan membagikan tips cara membuat bobor bayam yang lezat dan sederhana. Jangan takut santan akan pecah, tips untuk membuat santan yang anti pecah juga akan dibahas di sini.

1. Pilih daun bayam yang hijau segar

Saat membeli bayam, perhatikan dengan teliti warna daun. Pastikan warna daun bayam masih hijau segar, tidak terlihat layu dan daunnya utuh. Hindari memilih bayam yang berwarna kekuningan, tampak mulai layu atau ada bintik-bintik hitam.

Lanjutkan dengan mencuci bayam sampai bersih di bawah air mengalir. Jangan lupa untuk mengangin-anginkan bayam hingga kering sebelum dipetik.

2. Buat santan kelapa

Buat santan sedang dengan takaran ½ buah kelapa untuk 700 ml air. Untuk tips memilih kelapa, pilih kelapa yang benar-benar tua namun masih bagus. Hal ini dilakukan supaya santan yang keluar betul-betul kental dan gurih.

Setelah santan diparut, siram parutan santan dengan air panas supaya santan yang diperoleh maksimal dan tahan lama. Aduk-aduk air dan parutan kelapa yang masih panas dengan sendok kayu sambil sesekali ditekan, tunggu sampai hangat. Setelah hangat, lakukan pengadukan sambil terus diperas-peras dengan tangan. Setelah itu, peras kelapa sambil ditampung santannya.

3. Haluskan bumbu

Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur dan kemiri. Ketumbar memberikan samar-samar rasa pedas pedas dengan sedikit kesan gurih dan manis. Ini adalah kegunaan utama rempah ketumbar dalam hal masakan. Begitu juga dengan kencur yang memberikan sensasi pedas dan hangat. Tapi, jangan takut rasa masakan akan pedas ya. Kombinasi yang pas akan membuat masakan Anda kaya rasa dan lezat. Itulah mengapa rempah memiliki fungsi penting dalam beragam masakan lezat Nusantara.

Nah, sedangkan kemiri merupakan penyedap alami bagi masakan. Selain itu, untuk masakan kuah bersantan, kemiri juga berguna untuk mengikat santan supaya tidak mudah pecah.

4. Masak santan dengan bumbu halus

Setelah santan dan semua bumbunya siap, panaskan santan dalam panci sambil terus diaduk supaya tidak pecah. Masukan juga bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun salam dan lengkuas. Aduk rata dan masak hingga mendidih.

5. Masukan daun bayam dan terus diaduk

Anda bisa membuat bobor bayam hanya dengan bayam saja sebagai isiannya. Namun jika Anda ingin membuatnya lebih kaya nutrisi, labu siam atau wortel bisa jadi tambahan yang tepat. Jika menggunakan salah satu dari kedua sayur tersebut, masukan lebih dahulu dan masak sampai setengah empuk. Selanjutnya, baru masukan bayam masak hingga matang sambil sesekali diaduk.

6. Beri gula dan garam, koreksi rasanya

Beri gula dan garam sedikit demi sedikit saja. Koreksi rasanya hingga pas. Bagaimana tidak sulit kan cara membuatnya? Yuk buat bobor bayam yang gurih, nikmat, dan anti pecah dengan mengikuti langkah-langkah ini. Untuk resep membuatnya, cek resep bobor bayam di bawah ini.

Baca Juga: Resep Bobor Bayam