(Image: Shutterstock)

Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Menyimpan bahan makanan di kulkas adalah hal yang sering saya lakukan, seperti sayuran, buah, dan daging. Kulkas yang dapat menjaga makanan tetap segar pasti menjadi alasan mengapa saya dan anda sering menyetok makanan di dalam kulkas. Memang tidak semua makanan dapat di simpan di kulkas rak bawah. Makanan seperti ikan dan daging giling biasanya akan disimpan dalam freezer agar lebih tahan lama dan tidak busuk.

Namun daging giling yang ikut-ikutan beku karena disimpan di freezer sering kali membuatnya tidak dapat langsung dimasak, melainkan harus dicairkan terlebih dahulu. Eits, tapi daging giling beku tidak boleh sembarangan dicairkan apalagi dalam suhu ruangan agar tidak terkontaminasi bakteri  yang justru akan membuat dagingnya tidak sehat untuk dimakan. Yuk, temukan cara mudah untuk mencairkan daging giling beku dibawah ini!

1. Kemas daging giling di dalam plastik kecil

Agar lebih cepat saat pencairan nantinya, setelah anda membeli daging, kemas daging giling di dalam plastik kecil menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan tiap kali memasak, lalu tutup rapat. Hal ini dilakukan agar daging giling beku cepat cair jika berbentuk bongkahan kecil.

2. Simpan di rak kulkas bawah

Bagi anda yang tidak terburu-buru dalam mencairkan daging giling bekunya, anda bisa memindahkan daging beku dari freezer ke rak kulkas di bawah (chiller). Kemas kembali daging giling beku dengan plastik tertutup lalu alasi dengan wadah yang memungkinkan dapat menampung es yang cair agar tidak menetes dan mencampuri makanan lain di dalam kulkas.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan daging giling beku di dalam refrigerator ini memang tidak sebentar yaitu sekitar semalaman atau bisa jadi seharian jika dagingnya dalam jumlah banyak. Namun cara ini adalah cara teraman karena bakteri jarang tumbuh di dalam suhu yang dingin.

3. Rendam di dalam air dingin

Cara ini pasti sering anda lakukan untuk mencairkan daging giling beku dengan cepat. Langkah pertama, kemas kembali daging giling beku dengan plastik agar tidak ada air yang masuk saat direndam. Lalu siapkan baskom yang cukup untuk merendam seluruh bagian daging. Selanjutnya masukkan daging ke dalam baskom lalu isi dengan air suhu normal hingga seluruh bagian daging terendam air.

Ganti air rendaman setiap 30 menit sekali agar lebih cepat mencair. Bila ingin lebih cepat lagi, anda bisa menaruh daging beku di bawah aliran air keran yang terbuka. Namun perlu diingat, cara ini sangat boros air.

4. Menggunakan tumpukan panci alumunium

Tidak banyak orang yang mengetahui cara mencairkan daging beku dengan  menumpuk panci alumunium. Padahal caranya mudah, yaitu simpan daging giling beku diantara pantat panci alumunium yang ditumpuk seperti burger. Lalu isi panci yang letaknya diatas dengan air suhu normal. Selain dapat menghantarkan panas dengan baik, alumunium juga dapat menghantarkan dingin dengan cepat sehingga dapat mencairkan daging giling beku.

5. Menggunakan kipas angin

Cara ini adalah cara yang biasa saya gunakan untuk mencairkan daging giling beku dengan cepat. Mudah, dengan menggunakan kipas angin saja! Caranya, masukkan daging giling beku di dalam wadah yang kira-kira dapat menampung tetesan es yang mencair, lalu arahkan kipas angin ke arah daging giling beku tersebut. Nyalakan kipas dengan kekuatan tinggi lalu biarkan hingga daging mencair. Anda juga dapat membalikkan daging ke sisi lain agar cepat cair dengan merata. Mudah bukan?

6. Menggunakan microwave

Nah, bagi anda yang mempunyai microwave, anda bisa mencairkan daging giling beku dengan menggunakan tombol ‘defrost’. Tapi sebelum dimasukkan ke dalam microwave, jangan lupa untuk memindahkan daging ke dalam wadah yang khusus untuk microwave. Cara ini merupakan cara tercepat mencairkan daging beku, tapi kurang aman karena bakteri akan mudah berkembang dalam suhu yang hangat dan daging pun bisa saja menjadi matang saat di ‘defrost’.

Jangan lupa untuk selalu segera memasak daging giling yang sudah dicairkan agar kesegarannya masih terjamin dan rasanya pun masih enak. Oya, keluarkan daging secukupnya saja sebanyak yang akan dimasak untuk dicairkan, karena daging giling beku yang sudah dicairkan tidak boleh dimasukkan kembali ke dalam freezer untuk menjaga kualitasnya tetap baik untuk dimakan. Jadi, anda pilih cara yang mana untuk mencairkan daging giling bekunya?