(Image: Shutterstock)

Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Siapa yang tak kenal bawang putih, salah satu keluarga bawang yang merupakan bahan penting yang sering digunakan memasak. Hampir semua masakan mampu dibuat lezat dengan tambahan bawang putih. Saya lebih suka membeli bawang putih dalam jumlah banyak dan menyimpannya dalam kondisi telah dikupas.

Saat membeli bawang putih, pilih bawang yang kulitnya tidak terlalu kering dan berwarna putih susu. Hindari bawang putih dengan kulit memiliki bercak kehitaman atau terlihat basah. Sebab, bawang ini akan sulit dikupas nantinya.

Jika mengupas satu per satu siung dengan pisau, anda pasti sudah bisa membayangkan bagaimana ribetnya dan memakan waktu. Maka itu, yuk bahas tips mengupas bawang putih agar lebih cepat dan mudah.

1. Gunakan toples

Masukkan bawang putih ke dalam toples yang ditutup rapat. Kocok dengan kuat sekitar 15 detik saja. Buka tutup wadah, pisahkan bawang putih dari kulitnya yang sudah terkelupas. Ulangi kembali langkah mengocok wadah agar semua kulit bawang bisa terlepas sempurna.

Jika tidak ada toples, anda juga dapat menggunakan 2 buah mangkuk, panci, atau wadah lainnya yang bisa saling menutup. Sehingga bila diguncangkan, bawang putih bisa terbentur ke segala penjurunya dan kulitnya pun akan terlepas dengan sendirinya akibat benturan tadi.

2. Rendam dengan air

Siapkan sebuah wadah berisi air panas. Masukkan bawang putih ke dalamnya lalu diamkan sekitar 5 menit. Bawang putih pun akan lebih mudah dikupas dengan tangan.

Namun bila tujuan mengupas bawang putih adalah untuk menyimpannya, sebaiknya jangan pilih cara ini. Karena bawang putih akan jadi lembap dan cepat busuk saat disimpan.

3. Tumbuk dengan benda keras

Anda bisa pilih gunakan anak cobek, pisau, bahkan talenan. Pertama-tama, letakkan bawang putih di atas permukaan yang keras, lalu tumbuk dengan salah satu alat tadi. Cara ini biasa dikenal dengan ‘geprek’. Namun tidak perlu terlalu keras menggepreknya hingga memar, karena tujuan utamanya hanya untuk memisahkan kulit dari bawang putih.

4. Bungkus dengan kain katun

Cara ini juga terbilang mudah untuk mengupas bawang putih. Letakkan bawang putih dalam kain katun bersih. Bungkus lalu ikat bagian atas kain dengan karet. Gosok-gosokkan kain katun yang berisi bawang tadi dengan tangan selama beberapa saat. Kulit bawang pun akan terkelupas dengan mudah.

5. Gunakan microwave

Siapa bilang kalau microwave hanya dapat digunakan untuk memanaskan makanan saja? Anda juga bisa menggunakannya untuk mengupas kulit bawang putih, lho.  Masukkan bawang putih dalam microwave lalu panaskan selama beberapa detik saja. Dijamin kulitnya pun akan rontok alias terkelupas dengan sendirinya. Bonusnya,  aroma bawang putih ini juga jadi lebih sedap!

Cara nomor berapa yang belum pernah anda coba dan ingin segera digunakan? Selamat bekerja di dapur, ya.