(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Dulu saya sering menggunakan microwave hanya untuk memanaskan makanan. Atau paling banter untuk buat homemade popcorn. Namun setelah tahu resep-resep yang bisa pakai microwave, saya pun mulai bereksperimen. Saya jadi sering bikin keripik kentang, telur orak-arik, bahkan pizza, dan banyak resep lain yang bisa dilihat di sini. Saking seringnya, microwave pun jadi kurang bersih dan bau. Bagaimana cara membersihkannya? Cek tips berikut.

1. Bersihkan dengan cuka

Pada dasarnya, zat asam seperti cuka memiliki kandungan antibakteri dan desinfektan. Selain itu, bahan ini mudah ditemukan di tempat belanja dekat rumah. Siapkan mangkuk keramik atau wadah yang microwave-friendly dan tuang air hingga setengah wadah. Tuang satu sendok makan cuka putih dan aduk. Masukkan wadah tersebut ke dalam microwave. Panaskan selama kurang lebih 5 menit. Jangan buru-buru keluarkan mangkuk setelah waktunya selesai. Diamkan mangkuk tadi dalam microwave selama beberapa saat. Selanjutnya, buka pintu microwave dan lap seluruh dinding dalamnya dengan spons lembut atau kain lap.

2. Bersihkan dengan air jeruk

Jeruk juga merupakan antibakteri yang alami. Itulah mengapa jeruk sering dicampurkan dalam larutan-larutan pembersih seperti sabun cuci, larutan pel, dan sebagainya. Selain dapat membersihkan microwave, jeruk juga memberikan aroma yang menyegarkan.

Pilih antara jeruk nipis, limau, atau lemon. Siapkan wadah microwave-friendly berisi setengah penuh air. Potong jeruk dalam dua atau empat bagian, peras airnya, dan sekaligus masukkan buahnya ke dalamnya. Panaskan di microwave selama 3-5 menit, kira-kira sampai air mendidih. Diamkan dulu dalam microwave selama 10-15 menit lalu keluarkan wadah dan lap seluruh dinding dalam microwave dengan spons lembut atau kain lap.

3. Bersihkan dengan baking soda

Sama seperti jeruk, baking soda adalah penghilang aroma tak sedap. Campurkan baking soda dan air sesuai kebutuhan dengan perbandingan 1:1, misalnya satu sdm baking soda dengan satu gelas air. Aduk dan gosokkan ke dinding dalam microwave. Untuk menghilangkan kerak membandel, masukkan campuran tadi ke dalam wadah microwave-friendly lalu panaskan selama 2-3 menit dengan microwave.

4. Bersihkan dengan tisu dapur basah

Selain dari bahan-bahan makanan, anda bisa gunakan tisu dapur atau paper towel untuk membersihkan microwave. Terutama untuk microwave yang memiliki noda percikan makanan di dinding dalam maupun luar. Caranya, basahi tisu dapur dengan air namun jangan sampai terlalu basah. Masukkan ke dalam microwave dan panaskan selama 10-15 detik. Tunggu hingga tisu jadi agak hangat dan gosok pada permukaan dinding microwave.

Mudah, kan? Sekarang tidak ada lagi kata “malas” dan “nanti dulu” untuk membersihkan microwave. Lagipula kalau sudah bersih, rasanya pasti nyaman untuk kembali bereksperimen dengan resep-resep terbaru. Ayo bersih-bersih!