(Image: Shutterstock)

Penulis: Vira

Di dapur rumah saya, terpampang sebuah microwave berwarna silver tepat di sebelah penanak nasi. Sebagai penggemar popcorn, biasanya saya menggunakan microwave tersebut untuk membuat popcorn kriuk agar bisa saya dan keluarga saya nikmati. Sisanya, microwave hanya sering digunakan untuk menghangatkan makanan dan memanggang. Cara kerja si microwave ini memang praktis, tak heran ibu-ibu di rumah sangat mengandalkan benda elektronik yang satu ini.

Tetapi, tahukah anda kalau ternyata microwave memiliki fungsi lain selain menghangatkan makanan atau membuat popcorn? Bahkan siapa yang menyangka kalau microwave ini bisa membantu anda mengiris bawang tanpa harus merasa perih di mata. Hayoo, penasaran kan fungsi microwave apa saja yang jarang diketahui banyak orang? Langsung saja simak artikel ini.

1. Membantu mengiris bawang tanpa rasa perih di mata

Seringkali ketika mengiris bawang, rasa perih di mata dan di hidung tak bisa dijauhi. Akibatnya, mata pun berair seperti orang menangis. Nah, ternyata microwave ini bisa membantu anda mengiris bawang tanpa perlu mengusap air mata, lho. Caranya pun mudah, masukkanlah bawang utuh yang telah dipotong ujung-ujungnya ke dalam microwave dan panaskan selama kurang lebih 1 menit. Hal ini akan menyebabkan bau menyengat yang menyebabkan mata perih diserap oleh microwave. Setelah itu, baru deh anda mengiris bawang seperti biasa. Sekarang, tak akan ada lagi tangisan karena bawang!

2. Membuat roti tetap fresh dan empuk

Ternyata anda bisa menikmati roti seperti baru dibeli atau dibuat meskipun sudah beberapa waktu. Caranya cukup mudah, bahkan tanpa perlu menyalakan microwave. Anda hanya perlu menyimpan roti di dalam microwave hingga anda ingin mengonsumsinya. Ketika pintu microwave ditutup, kondisi di dalam microwave kedap udara sehingga tak akan ada jamur yang menggerogoti roti tersebut dan menjaga roti tetap fresh. Atau jika anda memiliki roti yang mulai mengering, anda bisa memanaskannya ke dalam microwave selama 2-5 menit (sesuaikan dengan besar kecilnya roti). Dijamin roti kamu akan kembali empuk.

3. Membuat lebih banyak jus lemon

Bagi anda penggemar jus lemon atau sering menggunakan lemon sebagai bahan masakan anda, sekarang anda bisa membuat jus lemon lebih banyak dari biasanya. Masukkanlah lemon utuh ke dalam microwave selama kurang lebih 3 menit, dinginkan sebentar, dan peras seperti biasa. Anda akan bisa merasakan perbedaan banyaknya jus yang dihasilkan. Hal ini disebabkan oleh kulit dan bulir lemon yang melunak karena panas sehingga lebih mudah untuk diperas. Teknik ini juga bisa anda gunakan untuk buah jeruk.

4. Mencairkan gula merah

Setiap anda membeli gula merah di pasar, tentunya gula merah tersebut dalam keadaan padat dan keras. Ketika anda membutuhkan gula merah tersebut untuk membuat es cendol, atau es kelapa, gula merah yang anda beli pastinya harus dicairkan terlebih dahulu. Sayangnya, proses melelehkan gula merah terkadang membutuhkan waktu yang lama dan seringkali membuat panci atau boiler anda lengket.

Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan microwave sebagai pencair gula merah. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memasukkan gula merah tersebut ke plastik tahan panas, menambahkan sedikit air, dan memanaskannya dengan suhu tinggi selama kurang lebih 30 detik. Dijamin deh, tak akan ada lagi panci lengket gara-gara gula merah ini.

5. Memasak sayur lebih cepat

Terkadang, memasak sayur bisa cukup membosankan karena kita harus menunggu airnya mendidih sebelum bisa memasukkan sayuran ke dalam air tersebut. Nah, microwave bisa digunakan agar anda tidak perlu menunggu lama lagi. Anda bisa meletakkan sayur yang ingin anda masak di atas pinggan beserta bahan-bahan lainnya, tutup rapat, dan masak dalam microwave. Waktu yang anda butuhkan untuk melunakkan sayur akan jauh lebih cepat dari biasanya. Tetapi, waktu yang diperlukan dapat berbeda untuk masing-masing sayuran. Untuk sayuran lunak seperti bayam, jamur, dan polong membutuhkan kira-kira 30 detik dan untuk sayuran garing seperti wortel, sekitar 4 menit.

Ternyata, microwave cukup berguna dalam banyak hal selain menghangatkan makanan, bukan? Jadi, mulai sekarang, jangan biarkan microwave anda terbengkalai begitu saja dan mulailah gunakan microwave untuk hal-hal yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!