Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Menyiapkan pesta ulang tahun anak di rumah memang tidak gampang. Setidaknya, itulah yang dirasakan tante saya saat menyiapkan pesta bagi gadis semata wayangnya. Keponakan saya yang berumur enam tahun itu ingin sekali ulang tahunnya dirayakan. Tante saya pun memutuskan untuk menggelar pesta di rumah dan ia kekeuh ingin mengurus semuanya sendiri.

Namun namanya juga sibuk, tentu semua atribut pestanya dibuat praktis dan simple, termasuk hidangannya. Selain snack yang sudah beliau siapkan, tentu hidangan utama atau makan besar tidak boleh terlewat ya. Apalagi para tamu bukan hanya anak-anak saja, tapi juga orang tua yang mengantarkan! Sajian bukan hanya lezat dan praktis untuk anak, tapi juga harus bisa memuaskan tamu dewasa. Penasaran? Check this out!

1. Nasi Kuning Komplit

nasi kuning komplit asli

Hidangan tradisional ini biasa hadir perayaan khusus, dan salah satunya ulang tahun anak. Nasi kuning yang wangi dan gurih akan membuat anak-anak jatuh hati dengan warnanya yang menarik plus aneka lauk pendampingnya yang nikmat. Agar rasanya semakin komplit, sajikan nasi kuning bersama kering tempe atau kentang, irisan telur dadar, abon, dan perkedel.

Baca juga: 8 Menu atau Lauk Penyusun Nasi Tumpeng

2. Nasi Goreng

resep nasi goreng oriental yang lezat

Wah, siapa yang bisa menolak hidangan satu ini? Nasi goreng adalah hidangan populer dari generasi ke generasi, termasuk anak-anak. Cara buatnya sangat praktis dan pastinya kita bisa memadukan dengan aneka bahan favorit. Nah untuk anak-anak, buatkan saja nasi goreng berbumbu ringan dan gurih seperti nasi goreng seafood atau nasi goreng oriental. Sajikan bersama kerupuk dan telur dadar/mata sapi agar  semakin istimewa!

Baca juga: 4 Tips Memasak Nasi Goreng Tidak Lembek atau Gosong

3. Mie Goreng

Satu lagi hidangan yang akrab dengan anak-anak: mie goreng! Sajian ini terasa manis-gurih dan mudah disantap. Selain itu, hidangan ini sangat praktis dibuat karena hanya perlu mie telur, kecap, bumbu penyedap, dan bawang putih. Anda bisa menambahkan bahan-bahan favorit anak seperti irisan bakso, sosis, telur dadar, cumi, ayam, atau udang supaya tampilan mie goreng lebih berwarna.

Baca juga: 3 Tips Memasak Mie Goreng agar Kecap Bisa Tercampur Rata

4. Spaghetti

Spaghetti carbonara gurih

Anak-anak sangat suka aneka jenis pasta, dan spaghetti bisa jadi pilihan yang tepat. Sajian khas Italia ini sangat praktis dibuat karena hanya butuh merebus pasta lalu dimasak dengan saus pilihan. Mau yang terasa creamy? Bisa pilih carbonara, atau mau yang terasa manis-gurih? Bisa hidangkan spaghetti bolognaise dengan bola daging. Atau mau yang simple tapi tetap nikmat? Ada spaghetti agli olio yang bisa dibuat istimewa dengan irisan smoke beef atau udang. Oh ya, jangan lupa taburi dengan bubuk parsley atau oregano agar lebih al dente!

Baca juga: 4 Tips Membuat Pasta Agar Saus Bisa Menempel Sempurna

5. Burger dan Kentang Goreng

hamburger

Eits, hidangan satu ini bukan berarti junk food, ya. Burger dan kentang goreng buatan rumah tentu jauh lebih hemat dan terjamin gizinya. Selain itu, penyajiannya tak perlu sendok dan garpu alias tinggal hap dengan tangan. Oh ya selain burger daging, anda juga bisa berkreasi dengan burger mie, lho. Tentu hal ini bisa disesuaikan dengan budget, ya. Untuk kentang goreng pun anda bisa pilih kentang goreng bentuk stik atau potato wedges. Sajikan dalam bersama saus tomat agar terasa lebih mantap.

Baca juga: 3 Tips Sukses Cincang Daging

6. Fish and Chips

fish and chips

Anak-anak suka dengan ikan? Sajikan saja fish and chips! Sajian ini memakai daging ikan lembut seperti ikan dori atau ikan fillet berdaging putih lainnya. Nah, ikan ini hanya perlu digoreng tepung lalu disajikan bersama kentang goreng plus saus tartar yang ikonik dengan rasa asam-gurih. Praktis, kan? Selain saus tartar, anda juga bisa pakai saus tomat atau saus mayonaise untuk melengkapi hidangan ini, ya.

Baca juga: Tips Memilih, Membersihkan, dan Memotong Ikan

Praktis dan simple, kan? Meskipun ulang tahun, tidak semuanya harus disediakan serba “wah”, lho. Menyajikan menu yang disukai anak tentunya sudah membuat mereka kenyang dan bahagia, ya. Selamat mencoba!