Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Terkadang, saya bingung saat orang terkasih ulang tahun. Sepertinya sudah kehabisan ide untuk memilih kado. Akhirnya, terpikir ide untuk hias kue ulang tahun sendiri. Saya beli sponge cake polos, lalu dihias di rumah.

Berbekal coklat batangan dan irisan buah, akhirnya kue ulang tahun pun selesai. Ternyata, dekor kue ulang tahun sendiri itu gampang, lho! Tinggal lapisi kue, lalu dekor dengan beragam bahan sesuai selera. Jadi, deh!

Coba Resep: Resep Cupcake Coklat dan Lemon

1. Tentukan Rasa & Jenis Kue, Pelapis, serta Dekorasinya

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah kombinasi kue, pelapis, dan dekorasinya. Apakah anda akan buat kue kekinian seperti rainbow cake, red velvet, dan cheesecake? Atau bermain aman dengan kue dasar seperti kue coklat dan vanilla?

Kue dasar bisa dikombinasikan dengan rasa dan dekorasi apapun. Sedangkan beberapa kue, perlu lebih hati-hati memilihnya. Misal, red velvet lebih cocok dengan butter ceam vanilla dan topping stroberi. Tentunya, akan aneh bila red velvet dipadukan dengan kiwi atau icing matcha.

Coba Resep: Resep Carrot Cake Lembut Enak

2. Siapkan Alat yang Digunakan.

Agar mudah saat dekor kue, siapkan alat yang diperlukan. Alat yang wajib ada adalah piring putar dan pisau palet untuk olesi kue dengan buttercream. Jika tidak ada piring putar, gunakan piring makan cekung yang agak besar, lalu letakkan terbalik.

Bila ingin ada variasi desain, siapkan juga plastik segitiga dan beragam bentuk spuit. Pastikan anda sudah tahu cara pakainya, ya!

3. Tumpuk Kue Sesuai Selera

Ketebalan kue tergantung pada selera anda. Bila suka kue yang tipis, anda bisa langsung ke langkah selanjutnya. Namun, kue yang agak tebal memang terlihat lebih mewah dan menawan.

Diantara sela tumpukan kue, beri lapisan selai, cream, atau sirup. Misalnya, antara lapisan cheesecake diberi sirup mapel. Atau paduan cheese cream di antara lapisan rainbow cake. Tujuannya agar antar lapisan kue rekat sempurna, sekaligus menambah cita rasa.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Membuat Layer Cake

4. Lapisi Kue dengan Hati-Hati

Pelapis kue ada banyak macamnya, seperti icing, fondant, dan frosting. Bagi pemula, metode frosting lebih mudah dilakukan. Terutama frosting dari butter cream dan whipped cream.

Sebelum digunakan, pastikan warna dan rasa cream sudah pas. Anda bisa berkreasi dengan tambahan esens atau pewarna makanan. Contoh, tambahan perasa keju untuk buttercream pada cheesecake.

Selanjutnya, lapisi kue bagian atas terlebih dahulu. Gunakan pisau palet untuk ratakan cream di permukaan kue. Pastikan setiap bagian tidak ada yang bolong dan permukaan kue sama rata. Selain itu, jangan pernah pegang kue dengan tangan anda!

Setelah selesai dilapisi, masukan kue ke kulkas hingga lapisan sedikit lebih keras. Tidak perlu terlalu lama, sebab kue bisa rapuh bila terlalu lama dalam kulkas.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Membuat Buttercream

5. Dekorasi Kue Sesuai Selera

Terakhir, dekorasi kue sesuai rencana. Bisa pakai meses, permen, coklat, atau mungkin cream bekas frosting.

Dekorasi yang paling mudah bagi pemula adalah pakai spuit. Anda bisa buat bunga, pita, atau tulisan dengan bantuan beragam bentuk spuit. Variasikan dengan tambahan sprinkle, meses, atau irisan buah.

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Sukses Menghias Cupcake

Mudah, kan? Memang tidak akan persis buatan profesional. Namun, pastinya anda lebih bangga atas hasil kreasi sendiri. Kenangan pun jadi lebih berkesan!

 

Tips Dasar Dekorasi Kue Ulang Tahun Homemade
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 2 votes