(Image: Fishcooking)

Penulis: Emy.E | Editor: Ria

Ikan adalah salah satu makanan yang banyak disukai karena rasanya yang gurih dan lezat. Kamu juga pasti sudah tahu kalau kandungan gizi di dalam ikan cukup tinggi. Mulai dari protein, lemak, Vitamin D, B6, B12, dan mineral  (zat besi, Yodium, Selenium, Seng, Fluor). Ngak heran jika ikan termasuk menu makanan sehat yang bagus untuk dikonsumsi sehari-hari.

Hanya saja kandungan gizi dalam ikan ini bisa saja rusak lho kalau kita salah dalam memilih ikan, karena ikan termasuk jenis makanan yang mudah busuk.  Lalu gimana ya agar kita tidak salah pilih?  Penasaran kan, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Tips memilih ikan yang masih segar

Sebelum kamu memasak ikan pastikan ikan yang kamu beli dalam kondisi yang segar.  Secara gampangnya sih kalau ikan yang sudah ngak fresh aromanya akan berbeda dan tidak sedap. Untuk lebih jelasnya kamu harus bisa memperhatikan ciri-ciri ikan yang masih segar di bawah ini:

  • Kulit ikan berwarna terang dan cerah.
  • Sisik ikan terlihat segar, mengkilat, utuh dan melekat kuat demikian juga dengan siripnya.
  • Daging ikan masih terasa keras atau padat.
  • Mata ikan terlihat cembung, jernih, dan menonjol.
  • Insang ikan berwarna merah cerah.
  • Kulit maupun dagingnya tidak mudah rusak terutama pada bagian perut ikan.
  • Aromanya masih segar atau tidak berbau busuk.

Cara membersihkan ikan yang benar

Buat kamu yang baru pertama kali memasak ikan, tentu masih bingung bagaimana cara membersihkan ikan yang benar. Apakah dimulai dari kepala, sisik, atau dari ekornya? Ngak perlu bingung, berikut ini tips membersihkan ikan yang bisa kamu coba:

1. Membersihkan sisik ikan

Bersihkan dulu sisik ikan yang melekat dengan menggunakan pisau berukuran sedang atau besar, kamu sesuaikan saja dengan ukuran ikannya. Tangan kiri memegang ujung ekor ikan sementara tangan kanan memegang pisau ya. Letakkan mata pisau pada pangkal atau daerah ekor, tekan ke sisiknya. Lalu tarik pisau ke arah kepala (bawah kepala) hingga sisiknya terlepas. Ulangi langkah ini 3-4 kali hingga semua sisiknya terlepas. Lebih baik kamu melakukan pembersihan ini di dalam sink ya karena langkah ini sangat berisiko sisik yang terlempar ke mana-mana dan mengotori dapurmu. Tips lain yaitu menggunakan sendok makan. Kerok sisik ikan menggunakan sendok dengan cara kerok dari pangkal ekor hingga bawah kepala.

2. Keluarkan insang dan isi perutnya

Untuk membersihkan insang, kamu bisa membuka bagian penutup insang dulu dan menarik insang sekaligus isi perutnya, cara ini bisa kamu lakukan untuk ikan berukuran kecil ya. Untuk ikan yang lebih besar, kamu bisa membuat sayatan dengan pisau kecil atau sedang pada bagian bawah kepala hingga bagian perut. Dan keluarkan isi perutnya dengan hati-hati, jangan sampai kantung empedunya pecah ya agar ikan tidak terasa pahit.

3. Cuci bersih

Jangan lupa cuci ikan dengan air yang mengalir sampai bersih.

Cara memotong ikan yang benar

Setelah ikan dicuci bersih, bisa langsung kamu potong dengan cara berikut ini:

  • Gunakan pisau yang tajam untuk memotong ikan agar mudah mengiris dagingnya.
  • Alasi ikan dengan talenan kayu supaya ikan tidak bergeser ketika dipotong. Ada juga jenis talenan lain yang perlu kamu ketahui, baca selengkapnya disini.
  • Fillet.
    • Untuk mendapatkan dagingnya saja, kamu cukup membuat sayatan dari bagian leher ikan sampai ekor dengan ujung pisau. Lakukan secara perlahan dan ambil bagian dagingnya.
  • Potong ikan.
    • Kamu bisa potong bagian kepala hingga leher, selanjutnya bisa dipotong sesuai selera tergantung besar potongan yang diharapkan. Kalau ikannya kecil, ya ngak perlu dipotong-potong.

Ingat ya, jangan sampai salah memilih ikan yang kurang segar atau bahkan mulai membusuk, karena rasanya juga pasti beda. Selain kurang gurih, gizi di dalamnya juga pasti sudah berkurang. Teliti sebelum membeli, jangan hanya karena tergiur dengan harga yang lebih murah lalu memilih ikan yang sudah tidak fresh. Bisa-bisa malah bikin sakit perut, jangan deh!