Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selama bulan puasa, buah-buahan segar pasti laris manis dan kebanyakan dibuat menjadi aneka minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Nah, salah satu buah favorit saya adalah blewah. Blewah merupakan tanaman buah dari Asia Tenggara dan masih satu saudara dengan labu dan melon.

Bentuknya mirip seperti labu, dengan warna kulit jingga cerah dan berbercak hijau. Warna dari dagingnya pun juga jingga dengan tekstur yang lembut dan halus. Saat membelinya, anda harus perhatikan dulu tips untuk memilihnya berikut ini unuk mendapatkan buah yang terbaik.

1. Pilih blewah yang beraroma harum

Biasanya, buah yang sudah matang akan mengeluarkan aroma alami yang khas, termasuk blewah. Jika anda akan membeli blewah, anda bisa mencoba mengendus bagian pangkal blewah. Jika ada aromanya, berarti buah blewah yang anda pilih sudah matang. Jika tidak ada aromanya, sebaiknya buah tersebut jangan anda beli karena kemungkinan masih mentah atau belum matang dengan sempurna.

2. Pilih blewah yang berwarna kuning kehijauan

Selanjutnya, anda bisa memperhatikan warna blewah. Buah blewah yang sudah matang biasanya memiliki warna kuning tua dengan bercak kehijauan. Hindari memilih buah blewah yang masih berwarna hijau karena itu tandanya buah blewah masih belum benar-benar matang dan teksturnya pun akan keras.

3. Pilih blewah yang kulitnya mulus

Anda memang tidak bisa melihat isi buah blewah secara langsung untuk bisa mengetahui kualitasnya. Tapi anda bisa menebak kualitas blewah dari kulit luarnya. Blewah yang bagus akan memiliki permukaan kulit yang mulus tanpa cacat. Hindari membeli blewah yang benyek dan kulitnya tidak mulus.

4. Hindari membeli blewah yang lunak

Meskipun sudah matang, tapi blewah tetap memiliki tekstur yang padat. Untuk memastikan tingkat kematangan buah blewah, anda bisa coba menekan blewah dengan ujung jari. Hindari membeli blewah yang terasa lunak saat ditekan. Hal tersebut menandakan buah blewah sudah terlalu matang atau busuk. Pilih blewah yang lembut namun tetap keras/kokoh saat ditekan.

5. Simpan blewah dalam keadaan utuh

Buah-buah terkenal memiliki masa pakai yang sebentar karena cepat membusuk, termasuk blewah. Jika anda membeli blewah dan tidak akan langsung menggunakannya, maka sebaiknya anda menyimpan blewah tersebut dalam keadaan utuh. Hindari menyimpan blewah yang sudah dikupas apalagi dipotong-potong karena hal tersebut akan mengurangi kesegaran blewah, dan rasa blewah pun akan menjadi sedikit berbeda.

Perlu anda ketahui juga, blewah yang sudah dipotong biasanya hanya akan bertahan satu hari setelah dikupas. Jadi usahakan untuk memotong blewah hanya saat akan benar-benar digunakan.

Sudah cukup lengkap, kan, tipsnya. Selamat berburu blewah!