Penulis : Atsa

Mangga merupakan salah satu buah yang digemari karena rasanya yang manis, berdaging tebal, dan berair banyak. Di Indonesia mangga tumbuh dengan baik dan memiliki banyak jenis. Namun, bagi sebagian orang memilih mangga yang matangnya pas terkadang memang cukup sulit.

Mungkin anda juga pernah membeli buah mangga di pasar atau supermarket yang ternyata belum matang atau dalamnya sudah busuk. Nah, anda tak perlu khawatir lagi, pahami tips menyimpan dan memilih mangga yang sudah matang berikut ini.

1. Cium Aromanya

Cara terbaik untuk menguji kematangan mangga adalah dengan mencium bonggol atau batang tangkainya. Jika baunya harum, artinya mangga tersebut sudah matang.

Sementara mangga mentah cenderung tidak mengeluarkan aroma apapun. Jika masih sulit menemukan aroma harum khas mangga, mungkin mangga tersebut belum matang. Supaya lebih aman jangan pilih mangga tersebut, karena biasanya juga berhubungan dengan kualitas rasa mangga.

Tapi perhatikan juga, jangan sampai aroma harum mangga terlalu kuat seperti fermentasi. Artinya mangga sudah terlalu matang atau bahkan mulai membusuk.

2. Tekstur Mangga

Tekstur kulit mangga yang baik harus terlihat segar, tidak memar, tidak ada cacat di kulit, dan tidak layu. Hindari memilih mangga yang terlalu keras atau terlalu lembek. Pilih mangga yang cukup lunak, karena mangga tersebut siap untuk disantap.

3. Bercak pada Mangga

Warna buah mangga ada beragam, tergantung varietasnya. Ada yang berwarna kuning, hijau, atau merah. Jadi memang sulit untuk mengukur mangga matang dan mentah dari warna tertentu.

Indikator kematangan buah mangga justru melalui bercak gelap pada kulitnya. Jika ada beberapa bercak, artinya buah mangga sudah matang. Tapi jangan sampai keliru antara bercak atau memar, ya. Bercak tidak akan mempengaruhi tekstur bagian dalam buah mangga. Namun, memar akan terasa lebih empuk pada bagian memar tersebut.

4. Penyimpanan Mangga

Tempat penyimpanan mangga cukup pada tempat bersuhu kamar, buah mangga akan matang dengan sendirinya. Bila mangga sudah benar-benar matang hingga wanginya tercium kemana-mana, simpan di lemari es.

Potong-potong buah mangga dan letakan di dalam wadah yang tertutup rapat sebelum disimpan di dalam kulkas. Mangga matang yang disimpan di lemari es dapat bertahan  2-3 hari.

Sekarang tidak perlu bingung lagi dalam memilih mangga matang dan cara penyimpanannya. Rasa mangga akan semakin lezat jika pemilihannya tepat.

Manisan mangga muda

Baca JugaCara Membuat Manisan Mangga

Tips Memilih dan Menyimpan Buah Mangga
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)