Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Menurut saya, buka puasa tanpa sirup itu ibarat sayur tanpa garam: kurang lengkap! Saking populernya minuman yang satu ini, banyak tempat makan berlomba menjual macam-macam minuman sirup untuk menu takjil. Bahkan tak sedikit penjual sirup dadakan yang juga muncul saking banyaknya peminat minuman yang satu itu. Kombinasi manis, dingin, dan segar dari campuran berbagai bahan dalam minuman kreasi sirup memang sulit untuk ditolak.

Meski di luar sana ada begitu banyak yang menjualnya, tak ada salahnya jika anda membuat sendiri sirup di rumah sambil ngabuburit. Selain lebih sehat dan terjamin kualitasnya, rasanya pun bisa disesuaikan dengan selera anda. Berikut adalah beberapa kreasi sirup segar yang bisa dicoba.

1. Sop Buah

Menu takjil yang satu ini bisa dibilang sebagai menu paling favorit untuk berbuka puasa. Siapa sih yang tidak tergoda dengan paduan aneka buah-buahan, sirup, susu, dan es batu yang dijadikan satu? Selain nikmat, sop buah juga sangat sehat, karena terdapat banyak buah-buahan segar seperti semangka, melon, pepaya, apel, nanas, anggur, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menambahkan kolang-kaling sebagai pelengkap. Dijamin deh buka puasa anda akan terasa lebih menyenangkan dengan menu yang satu ini.

2. Es Timun Serut

Es timun serut praktis

Jika anda ingin sirup segar dengan cara pembuatan yang sangat praktis, es timun serut ini wajib anda coba. Paduan timun serut, daun mint, nata de coco, jeruk nipis, sirup melon, dan es batu bisa menyegarkan kembali tubuh anda setelah seharian berpuasa. Agar lebih nikmat, pastikan memilih buah timun yang masih muda ya.

3. Es Sirup Leci

Manis dan segar. Itulah rasa dari minuman yang satu ini. Sangat cocok bagi anda yang suka sirup bercita rasa asam selain jeruk. Minuman ini biasanya menggunakan isian buah naga, melon, dan pepaya. Dijamin membuat anda ketagihan deh.

4. Es Kacang Merah

Tak hanya dimasak menjadi sayur, kue, roti, dan isian mochi, kacang merah ternyata juga bisa dibuat menjadi minuman segar, lho. Cara membuatnya juga gampang. Anda bisa memasak kacang merah bersama kayu manis, gula merah, gula pasir, garam, dan tepung maizena. Selanjutnya, tata di gelas saji bersama dengan santan, susu kental manis, sirup merah, dan es serut. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, es kacang merah ini juga kaya akan protein. Sehingga sehat untuk dikonsumsi.

5. Es Kopyor

Siapa sih yang tidak tahu es kopyor? Minuman menyegarkan yang satu ini memiliki bahan utama kelapa kopyor, yaitu daging buah kelapa ‘unik’ yang terlepas & mengumpul di tengah tempurung kelapa. Karena kopyor termasuk buah langka yang sulit didapat dan harganya pun mahal, anda bisa menyiasatinya dengan kopyor sintetis yang terbuat dari campuran agar-agar dan santan. Lalu disajikan dengan tambahan sirup cocopandan, susu kental manis, dan es batu. Rasanya? Tak kalah kok dengan kopyor asli.

6. Manisan Kolang-Kaling

Biasanya kolang-kaling dijadikan sebagai bahan pelengkap es sirup atau es buah. Tapi anda juga bisa memakannya begitu saja. Cara membuatnya juga sangat mudah, anda hanya perlu merebus kolang-kaling yang sudah dibersihkan di dalam larutan air gula. Setelah matang, anda bisa menambahkan sirup dan mendiamkannya selama semalaman agar warna dan rasanya meresap sempurna. Sebagai takjil, manisan kolang-kaling kenyal ini paling nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

7. Es Sirup Susu

Anda tidak suka buah tapi ingin menu takjil yang menyegarkan? Nah, anda bisa coba es sirup susu. Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan sirup bersama susu cair tawar. Rasa sirup yang digunakan bebas, sesuai selera anda saja. Kalau favorit saya sih sirup melon dong pastinya!

8. Es sirup squash

Minuman yang satu ini terbuat dari air soda yang diberi sirup aneka rasa. Sensasi rasanya unik dan sangat menyegarkan. Biasanya, rasa sirup yang digunakan untuk es sirup squash adalah markisa, jeruk, dan melon. Tapi anda juga bisa kok memakai sirup rasa lain yang sesuai selera.

9. Es Pisang Ijo

Salah satu menu buka puasa yang lezat, mengenyangkan, dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Pisang ijo terbuat dari pisang raja matang yang dibalut dengan “selimut” berwarna hijau cerah. Selimut tersebut terbuat dari campuran tepung sagu dan tepung beras, dan air daun pandan yang dimasak bersama air mendidih. Es pisang ijo biasanya disajikan dengan bubur putih yang terbuat dari tepung beras, es batu, dan sirup cocopandan.

Hmm, segar sekali, kan? Selamat mencoba!