(Image: Shutterstock)

Penulis: Vira

Bagi anda penggemar makanan pedas, pasti menu makanan anda tak bisa jauh dari cabai. Satu hal yang paling menyebalkan dari cabai adalah ketika harus mengupas atau mengirisnya dan rasa ‘terbakar’ pun datang ke tangan anda. Pernahkah anda mengalami kejadian tersebut? Kalau saya sih, sering sekali. Rasa panas dan pedas yang menempel di tangan memang sangat menyiksa dan mengganggu.

Hal ini akan menjadi semakin meyebalkan apabila secara tak sengaja anda menyentuh bagian wajah anda atau bahkan lebih parah, mengucek mata anda. Rasa perih dan panas pun akhirnya tak bisa dijauhi. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan di rumah. Langsung simak saja artikel ini, ya!

1. Minyak Sayur

Untuk mengatasi rasa pedas dan panas di tangan karena cabai, anda bisa memanfaatkan minyak yang ada di dapur. Sebelum anda berurusan dengan cabai, gosoklah tangan anda dengan minyak. Biasanya minyak yang digunakan adalah minyak zaitun atau minyak sayur. Minyak ini dapat membantu melarutkan minyak cabai yang panas sehingga dapat mengurahi ‘sengatan’ panas dari cabai.

2. Alkohol

Mencuci tangan hanya menggunakan air kemungkinan kurang efektif untuk mengurangi rasa pedas dan panas di tangan akibat cabai. Tetapi, jika anda memiliki alkohol di rumah, anda bisa memanfaatkannya. Kadar alkohol yang sering kita gunakan di rumah untuk membersihkan luka biasanya sbesar 70 persen, dengan kadar tersebut anda bisa mengurangi rasa panas di tangan anda. Karena alkohol yang bersifat sebagai pelarut yang lebih baik dari air, minyak cabai atau capsaicin lebih mudah larut dalam alkohol.

3. Yogurt atau susu cair

Selain alkohol, anda juga bisa memanfaatkan susu cair atau yogurt untuk menghilangkan rasa panas dan pedas di tangan anda. Cabai pada dasarnya memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih besar dibandingkan jeruk sehingga kadar asam pada cabai pun lumayan tinggi. Yogurt atau susu cair ternyata efektif dalam menetralkan kadar asam dan pedas dari capsaicin. Caranya, cukup olesi saja tangan anda dengan yogurt atau susu cair, selanjutnya rasa pedas dan panas akibat cabai pun mulai menghilang dari tangan anda.

4. Pasta baking soda

Baking soda ternyata bukan hanya berfungsi untuk membuat kue, lho. Baking soda juga dapat mengatasi masalah ‘sengatan’ cabai. Baking soda harus dibuat dalam bentuk pasta terlebih dahulu sebelum anda gunakan sebagai penghilang rasa panas dan pedas di tangan anda. Campur saja baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta kental, baru deh olesi ke tangan anda yang panas. Tunggu beberapa saat hingga pasta mengering dan bilas dengan air bersih. Dijamin rasa panas dan pedas di kulit hilang!

5. Garam

Tips terakhir yang bisa anda gunakan untuk mengatasi ‘sengatan’ panas cabai adalah dengan mengusapkan garam ke tangan anda. Setelah mengusapkannya secara rata, coba anda dekatkan tangan anda ke panas kompor yang menyala. Eitts, jangan terlalu dekat ke api ya, bisa bisa bukan cuma rasa panas di tangan aja yang hilang. Waktu yang dibutuhkan juga cukup sebentar saja kok, yaitu hingga garam yang menempel di tangan anda meleleh dan mengeluarkan cairan.

Itu dia tips-tips yang dapat anda gunakan ketika rasa perih dan panas anda muncul akibat berurusan dengan cabai. Yang pasti, anda bisa mengurangi kejadian ini dengan menggunakan sarung tangan plastik ketika anda memotong cabai. Tips di atas bisa anda gunakan jika mencuci tangan saja sudah tidak mempan. Semoga bermanfaat!