Siapa yang tidak kenal yogurt? Di jaman sekarang hampir semua orang mengetahui dan menyukai jenis makanan ini. Makanan? Bukannya ini minuman ya? Hehehehe

Sejarah awalnya, yogurt ini dikonsumsi dalam bentuk padat atau yang dikenal dengan set yogurt. Nah seiring dengan perkembangan jaman, yogurt kemudian memiliki bentuk lain yaitu dalam bentuk cair atau yang lebih dikenal drinkable yogurt. Untuk jenis yang terbaru ini akan dibahas di artikel yang lain ya (link).

Proses pembuatan yogurt ini meliputi pemanasan susu, pendinginan hingga suhu yang diharapkan untuk proses fermentasi selanjutnya, penambahan kultur bakteri, fermentasi, dan kemudian pendinginan kembali untuk mendapatkan bentuk padat (dadih atau massa yogurt) sebelum akhirnya siap dikonsumsi. Susu yang lazim digunakan adalah susu segar yang merupakan susu full fat, namun seiring dengan awaraness terhadap kesehatan, penggunaannya diganti menggunakan susu low fat atau susu skim.

Jadi apa manfaat kesehatan dari yogurt?

Produk akhir dari yogurt ini mengandung bakteri baik aktif (hidup) yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, atau lebih dikenal dengan istilah probiotik. Bakteri baik ini dibutuhkan untuk hidup dalam saluran pencernaan kita dan menyeimbangkan mikroflora usus kita. Kesehatan mikroflora yang baik ini akan membantu kita dalam pencegahan atau penyembuhan  kondisi-kondisi terkait pencernaan seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar, inflammatory bowel disease, dan infeksi bakteri jahat.

Selain dalam fungsi pencernaan dan imunitas, beberapa penelitian ilmiah juga menunjukkan manfaat dari konsumsi rutin yogurt seperti mencegah timbulnya osteoporosis dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Diungkap dalam sebuah penelitian pula bahwa konsumsi yogurt mampu membuat seseorang merasa lebih kenyang dibandingkan konsumsi snack lain dengan jumlah kalori sama sebanyak 200 kkal. Yeeey! Berarti yogurt ini adalah snack yang tepat buat kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan kan..

Kembali mengingatkan bahwa yogurt adalah berasal dari susu, sehingga dengan mengonsumsinya kamu juga akan mendapatkan manfaat nutrisi dari susu seperti protein, kalsium, vitamin B2 dan B12, potassium, dan magnesium.

Hal yang perlu kamu ingat adalah yogurt yang mengandung probiotik tersebut adalah apabila di label kemasannya tercantum keterangan “kultur bakteri hidup dan aktif”. So, sebelum membeli yogurt, jangan lupa memeriksa dulu label kemasannya ya, pastikan kamu membeli yogurt yang benar. Jangan-jangan selama ini kamu terkecoh dengan membeli minuman berperisa yogurt yaitu asam dan manis saja tanpa kandungan bakteri hidup aktif yang merupakan manfaat utamanya. Be a smart buyer, please!

 

Buat kamu yang memiliki pertanyaan atau ingin berbagi tips dan informasi, bisa loh langsung berdiskusi dengan teman-teman Resepkoki lainnya di https://resepkoki.id/forums/  Yuk cuuus~