Membuat Kondisi Tubuh Menjadi Lebih Baik dengan Minuman Nikmat dari Jahe.


Tahu nggak sih kalau jahe adalah salah satu rempah populer di Indonesia? Tanaman berbentuk rimpang ini biasa digunakan untuk bumbu masakan dan obat herbal. Nama latinnya adalah Zingiber Officinale. Jahe punya aroma khas dan rasanya pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron. Biasanya mengonsumsi jahe dalam bentuk wedang atau minuman hangat adalah paling nikmat ketika cuaca dingin. Soalnya jahe punya sifat menghangatkan. Nah ternyata selain untuk penghangat tubuh, jahe juga bisa dijadikan minuman-minuman sehat dan berkhasiat lainnya loh. Penasaran? Yuk check this out.

1. Wedang Jahe – untuk kram perut saat menstruasi.

Wedang-Jahe-panas

Hmm siapa yang mau dihangatkan perutnya ketika lagi sakit-sakitnya hari pertama menstruasi? Daripada minum obat penahan sakit, lebih baik kamu coba membuat wedang jahe ini. Biasanya, kram perut akan hilang setelah mengonsumsi wedang jahe yang hangat ini. Siapkan jahe yang dipotong tipis, air, dan gula merah. Rebus air sampai mendidih, masukkan jahe dan aduk. Setelah itu masukkan gula merah dan aduk sampai gula merah mencair. Biarkan selama beberapa menit dan angkat. Voila! Wedang jahe pereda kram perut kamu siap untuk dinikmati.

2. Teh Lemon Jahe Madu – untuk rileksasi.

Lemon-Ginger-Tea

Jahe juga bisa kamu gunakan sebagai minuman rileksasi loh. Setelah bekerja seharian, lelah, badan pegal-pegal, coba deh untuk membuat teh lemon jahe madu ini. Rasanya nikmat banget minum teh ini ketika sudah selesai mandi, makan, dan sambil selimutan. Caranya, siapkan jahe segar yang dipotong-potong, daun teh, air, madu, dan perasan jeruk lemon. Rebus air terlebih dahulu, lalu masukkan daun teh dan potongan jahe. Selagi menunggu, kamu bisa menuang madu dan lemonnya di gelas. Setelah air jahe sudah mendidih, siapkan saringan dan saringlah sebelum menuangnya ke gelas. Jangan lupa dicoba dulu ya. Kamu bisa menambahkan jahe, lemon, atau madunya kalau masih kurang, sesuai selera. Ambil selimut, bungkus badan, dan slurrppp. Tubuh lelahmu akan sangat rileks saat meneguk teh nikmat ini, ladies.

3. Smoothie Jahe Wortel Mangga – untuk boost energi kamu.

ginger smoothie

Duh cape, banyak kerjaan belum lagi kena macet di jalan. Rasanya energi sudah terkuras habis, tapi nyatanya kerjaan gak ikutan habis. Kalau sudah begini, tubuh jadi cepat lelah dan malah rentan terkena penyakit. Well kamu bisa mencoba membuat smoothie jahe wortel mangga ini. Smoothie ini akan menambah energi kamu sehingga kamu bisa punya tambahan energi saat menjalani aktivitas. Siapkan madu, mangga dan wortel yang sudah dipotong-potong, jahe segar yang sudah diiris, air, dan sedikit yoghurt. Masukkan dan blender semua bahan. Tambahan energi siap untuk diteguk!

4. Infused Ginger – untuk detoksifikasi tubuh.

Infused Ginger

Campuran lemon dan jahe memang udah terkenal banget sebagai minuman detoksifikasi tubuh. Caranya juga mudah banget kok. Potong kulit lemon dan bersihkan jahe. Biasanya kulit lemon bisa membuat minuman jadi pahit, makanya kamu harus membuangnya. Setelah itu, masukkan ke dalam botol berisi air dan dinginkan semalaman di kulkas. Infused ginger water siap menemani kamu seharian!

5. Air Sup Jahe – untuk sakit tenggorokan & flu.

Sup Jahe

Eh jangan salah. Air sup jahe ini dipercaya ampuh bisa meredakan sakit tenggorokan dan flu loh. Selain itu air jahe ini juga bagus untuk kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Rasanya akan sangat melegakan ketika lewat di tenggorokan, apalagi kalau sedang berasa gatal-gatalnya. Caranya siapkan jahe yang sudah dipotong, bawang putih yang dimemarkan, air, perasan jeruk lemon, dan sedikit kaldu ayam Yes, kaldu ayam ini untuk membuat air sup menjadi semakin bercita rasa. Saat air sudah mendidih, masukkan jahe, bawang putih, dan kaldu ayam. Setelah aroma jahe dan bawang putih menguar, masukkan perasan jeruk lemon. Sajikan saat masih hangat ya.