Penulis: Niahappy

Masyarakat Indonesia memang tak bisa hidup tanpa santan. Pasalnya, bahan ini hampir selalu dipakai untuk memasak lauk hingga pencuci mulut. Gurih dari santan sangat cocok dipadukan oleh pencuci mulut dan minuman manis, karena santan akan mengurangi rasa eneg dari manisnya gula. Berikut kami sajikan beragam ide kreasi minuman dari santan yang bisa Anda coba:

1. Es Cendol Dawet

Selain sop buah, salah satu minuman menyegarkan yang wajib ada saat bulan puasa adalah es cendol. Kenyalnya cendol yang dipadukan dengan rasa manis dari saus gula merah cair, gurih sekaligus asin dari saus santan, dan dingin dari es batu itu benar-benar menggugah selera.

Untuk membuat cendol, campur tepung beras, tepung hunkwe, air perasan daun suji/pandan, air matang, air es, dan garam. Aduk hingga adonan meletup-letup. angkat dan tiriskan.

Setelah itu cetak adonan cendol di alat khusus selagi panas. Lakukan di atas air es, tiriskan. Sajikan cendol dengan saus gula merah cair dan kuah santan. Es cendol dawet siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Es Cendol Dawet

2. Es Selendang Mayang

Selendang mayang segar

Es selendang mayang merupakan minuman yang memadukan kue kenyal berwarna-warni dari tepung hunkwe yang disiram dengan kuah santan dan saus gula. Rasanya manis dan sedikit gurih. Minuman tradisional khas Betawi ini sangat segar diminum siang hari.

Membuatnya cukup mudah, pertama campur sagu tani, tepung hunkwe dan air secukupnya. Aduk rata. Bagi adonan jadi 3 bagian lalu beri pewarna makanan sesuai selera. Masak semua adonan dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup. Tuang ke dalam loyang. Diamkan hingga mengeras, sisihkan.

Saus gula, masak gula merah, daun pandan dan sedikit air. Masak hingga mendidih. Angkat dan sisihkan. Dalam panci lain, campur santan, daun pandan dan garam. Masak hingga mendidih sambil diaduk terus. Angkat dan sisihkan.

Keluarkan selendang mayang dari loyang, dan potong-potong kotak seuai selera. Sajikan selendang mayang dalam gelas saji. Tuang santan dan saus gula. Beri es batu. Siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Es Selendang Mayang

3. Es Gempol Pleret

es gempol pleret segar

Gempol pleret adalah minuman tradisional dari Jawa Tengah. Ciri khas dari minuman ini adalah gempol warna-warni yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka. Rasa kuahnya yang gurih dan manis terasa semakin segar jika ditambahkan es batu.

Campur dan aduk rata tepung beras, tepung tapioka, gula dan garam. Tuangkan air panas secara bertahap, aduk rata uleni hingga kalis, lalu bagi menjadi 3 warna sesuai selera. Bentuk adonat bulat pipih, tekan bagian tengahnya. Rebus hingga adonan mengembang dan matang, tiriskan.

Didihkan santan, gula, daun pandan dan garam sambil terus diaduk. Setelah agak hangat, masukkan susu kental manis dan aduk kembali. Matikan kompor, diamkan hingga dingin. Sajikan dengan tambahan es batu.

Baca Juga :  Resep Es Gempol Pleret

4. Es Kacang Merah

es kacang merah

Untuk menghadirkan sajian penutup menyegarkan ini, Anda bisa memadukan kacang merah dengan es serut, kuah santan, susu kental manis, dan sirup merah. Yuk coba buat!

Masukkan kacang merah yang sudah dibersihkan dalam panci dan tambahkan kayu manis. masak hingga kacang merah lunak. Masukkan gula merah, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan masak kembali hingga kuah mengental.

Tuang larutan maizena. Aduk rata lalu masak hingga kuah mendidih dan mengental. Matikan api dan biarkan dingin. Selagi menunggu dingin campur santan, garam, daun pandan dan larutan tepung maizena. Masak dengan api kecil. Aduk hingga mendidih dan angkat.

Siapkan gelas, masukkan kacang merah. Tuang dengan saus santan dan susu kental manis. siap disajikan.

Baca Juga : Resep Es Kacang Merah

5. Es Cincau Hijau

Es cincau praktis

Ada dua jenis cincau yang biasa kita temui, cincau hitam yang kenyal-padat dan cincau hijau yang lembut. Resep berikut akan menjelaskan langkah membuat cincau hijau sekaligus membuatnya jadi minuman yang enak dan menyegarkan.

Pertama buat adonan cincau terlebih dahulu. Campur daun cincau dengan air. Remas-remas daunnya sampai air berwarna kehijauan dan daun telah berubah pucat. Saring airnya dan pindahkan ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama beberapa jam hingga cincau memadat.

Selanjutnya santan gula. Dalam panci, camput semua bahan lalu masak hingga mendidih, angkat dan dinginkan. Siapkan gelas saji. Potong-potong cincau atau ambil cincau menggunakan sendok dan taruh di gelas. Tuang santan gula sesuai selera. Beri tambahan es batu. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Es Cincau

6. Es Laksamana Mengamuk

laksamana mengamuk

Walaupun namanya seram, minuman khas Riau ini sangat segar, lho. Gurihnya santan dipadu dengan gula dan mangga kweni yang harum sangat menggoda! Es laksamana mengamuk sering dijumpai saat pesta pernikahan maupun bulan puasa. Yuk bikin sendiri!

Pertama, masak gula dan air sampai larut dan mendidih, dinginkan. Selanjutnya masak santan, garam dan daun pandan sampai mendidih, dinginkan. Susun es batu, daging kelapa, selasih dan kweni dalam gelas. Tuang air gula dan santan secukupnya, sajikan.

Baca Juga : Resep Es Laksamana Mengamuk

7. Es Pisang Ijo

Pisang Ijo lezat

Dinamakan pisang hijau karena terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Es ini juga disajikan menggunakan tambahan sirup berwarna merah dan bubur sumsum yang sangat lembut.

Pertama siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, santan, pasta pandan, garam dan air secukupnya. Aduk rata sampai adonan licin, lalu saring. Tuang adonan dalam loyang. Panaskan panci kukusan. Kukus selama 15 menit hingga matang. keluarkan loyang dan biarkan dingin sampai uapnya hilang. Uleni adonan hingga kalis.

Bagi adonan jadi 6 bagian kemudian masing-masing pipihkan. Taruh pisang di atas adonan pipih. Gulung kemudian rapatkan kedua ujungnya. Ulangi langkah ini dan lakukan hingga adonan habis. Kukus pisang ijo selama 10 menit. Angkat dan dinginkan.

Selanjutnya untuk saus, dalam wadah larutkan santan dengan tepung beras lalu aduk hingga licin. Dalam panci, masak sisa santan bersama gula, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Tuang larutan santan-tepung beras, aduk hingga mengental. Matikan api.

Potong-potong pisang ijo, lalu tata di mangkuk. Siram dengan saus santan, es batu, susu kental manis dan sirup pisang ambon dan sajikan.

Baca Juga : Resep Es Pisang Ijo