Penullis : Niahappy

Memiliki cita rasa yang asam dan manis, buah stroberi sering dijadikan berbagai macam olahan minuman dan makanan manis. Selain sensasi rasa asam manis stroberi, tampilannya pun membuat siapapun yang melihat ingin memakannya. Nah berikut ini 7 olahan stroberi yang enak dan menyegarkan:

1. Sorbet Stroberi

sorbet buah praktis

Sedang diet namun ngidam es krim? Tak perlu taku Anda bisa membuat es krim rendah kalori dan renda lemak lho. Sorbet adalah kudapan manis sejenis es krim, namun bedanya sorbet tidak menggunakan susu. Sorbet dibuat dari jus buah atau sari buah. Kudapan ini dibuat tanpa produk hewani, karena itu cocok bagi vegan dan orang yang tengah menjalani diet rendah lemak.

Untuk membuatnya sangat mudah pertama masukkan potongan stroberi, air lemon dan gula ke dalam blender. Proses hingga lembut. Tuang sorbet ke dalam wadah tertutup. Simpan dalam freezer selama minimal 6 jam. Sajikan dengan potongan buah stroberi di atasnya mudah kan?

Baca Juga : Resep Sorbet Buah

2. Jus Buah Naga Stroberi

jus buah naga nutrisi

Buah naga dan stroberi adalah salah satu kombinasi yang lezat. Buah naga yang cenderung tawar berpadu tepat dengan stroberi segar menghasilkan jus yang kaya rasa. Minuman ini berkhasiat bila dikonsumsi secara teratur. Karena buah naga dan stroberi kaya akan vitamin C dan B. Membuatnya sangat mudah hanya membutuhkan tiga bahan saja yaitu buah naga, stroberi dan susu kental manis.

Pertama blender buah naga dan stroberi bersama susu kental manis, dan air hingga halus. Tuang jus ke dalam gelas saji. Beri es batu siap disajikan.

Baca Juga : Resep Buah Naga Stroberi

3. Stroberi Mojito

Image : sweetlifebake.com

Saat cuaca panas memang paling enak minum minuman yang segar seperti stroberi mojito. Rasa asam dari stawberry dan sensasi dingin dari daun mint membuat Anda lebih bersemangat melakukan aktivtas di bawah terik matahari. Yuk buat sendiri minuman segar ini!

Cuci bersih stroberi, potong menjadi 4 bagian. Masukkan ke dalam gelas, tuang simple sirup ke dalam gelas. Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis, masukkan daun mint. Aduk rata sambil ditekan-tekan agar aroma dari buah stroberi dan daun mintnya keluar. Masukkan es batu dan tuang air soda, aduk rata dan hias gelas dengan potongan strawbery dan potongan jeruk nipis. Minuman ini siap disajikan.

Baca Juga : Resep Es Timun Serut

4. Stroberi Popsicles

Image : noblepig.com

Jika anak Anda sering jajan minuman dingin atau es di luaran dan tidak lama kemudian mengalami batuk-batuk kemungkinan kudapan tersebut kurang bersih atau terlalu banyak mengandung pemanis buatan.

Lebih baik coba buat sendiri stroberi popsicles untuk anak Anda. Selain enak Anda juga bisa mengawasi apa yang anak Anda konsumsi karena es krim ini tidak mengandung pemanis buatan sehingga lebih aman dikonsumsi.

Pertama blender stroberi, yoghurt, susu cair, gula pasir dan tepung maizena hingga lembut. Masukkan adonan yang sudah diblender ke dalam panci. Masak menggunakan api kecil. Aduk hingga mengental dan matikan. Tunggu hingga uapnya hilang. Siapkan cetakan es krim pop, Masukkan irisan stroberi dan tuang adonan es. Bekukan dalam freezer selama kurang lebih 8 jam dan es krim siap disajikan.

Baca Juga : Resep Es Krim Coklat

5. Stroberi Cokelat Goreng

Image: spoonuniversity.com

Tidak hanya buah pisang yang enak digoreng, ternyata stroberi juga enak disajikan dengan cara digoreng tepung lho. Meski terdengar aneh, tapi camilan ini memiliki sensasi berbeda karena renyah, asam, manis dan gurih.

Nah cara membuatnya sangat mudah celupkan stroberi dalam lelehan cokelat, dinginkan hingga cokelat mengeras, sisihkan. Campur  terigu, telur, gula halus, dan air. Aduk hingga rata. Panaskan minyak. Celup stroberi lapis cokelat ke dalam adonan tepung dan goreng hingga kecokkelatan. Angkat dan tiriskan. Taburi gula halus di atasnya dan nikmati selagi hangat.

Baca Juga : Resep Pisang Goreng Madu

6. Stroberi Muffin

Walau stroberi muffin terlihat bantat dan keras namun kue ini bercitarasa sedikit manis, asam dan lembut. Agar teksturnya pas jangan terlalu sering diaduk, gunakan teknik aduk balik hingga adonan tercampur secukupnya.

Dalam wadah, campur terigu, baking powder, soda kue, vanili, dan garam sambil diayak. Aduk rata lalu sisihkan. Dalam wadah lain, kocok telur dan gula pasir sampai larut. Tuang minyak goreng aduk rata. Masukkan campuran telur  dan potongan stroberi ke dalam bahan kering. Aduk balik secukupnya hingga asal rata. Biarkan adonan jika masih bergerindil.

Siapkan cetakan muffin. Oleskan tipis-tipis dengan margarin, tuang adonan ke dalam loyang. Isi hinga ¾ penuh saja di tiap cetakan. Panggaang dalam oven bersuhu 180ºc selama 30 menit. Keluarkan dan dinginkan. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Muffin Pisang

7. Stroberi Cheesecake

Image : ndtvfood.com

Adonan keju krim yang lembut dan gurih dipadu asamnya stroberi membuat cita rasa tersendiri bagi yang memakannya. Kue ini paling enak dinimati sembari meminum teh atau kopi di sore hari. Walaupun kue ini banyak dijual, tak ada salahnya kan mencoba membuatnya? Yuk buat sendiri!

Hancurkan biskuit dengan menggunakan blender atau food processor sampai halus. Tambahkan mentega cair, aduk rata. Olesi loyang dengan mentega. Taburi sedikit tepung terigu. Padatkan adonan biskuit secara merata di dasar loyang. Sipan di lemari pendingin.

Adonan cheese. Kocok cream cheese, mentega dan gula menggunakan mikser kecepatan sedang hingga lembut. Masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok hingga rata. Tambahkan kulit jeruk yang sudah diiris halus, air lemon dan yoghurt, kocok hingga rata. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk dengan spatula hingga merata. Terakhir masukkan putih telur, aduk hingga rata, tuang adonan ke dalam loyang. Ratakan.

Panggang di dalam oven panas bersuhu 170ºc hingga matang selama 60 menit. Angkat dan tunggu hingga tidak panas, simpan di lemari es.

Untuk topping. Rebus air bersama agar-agar sambil diaduk hingga larut. Angkat sisihkan. Susun potongan stoberi di permukaan cake. Olesi potongan stroberi denga larutan agar-agar dan siap disajikan.

8. Puding Stroberi

Puding strawberry manis

Strawberry punya rasa segar yang cocok dipadukan dengan puding susu. Supaya lebih lezat dan istimewa, siram puding dengan saus strawberry kental yang manis. Membuatnya sangat mudah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui. Yuk bikin!

Saus strawberry. Blender buah strawberry bersama air hingga halus. Masak jus bersama gula hingga mendidih dan mengental. Koreksi rasanya. Angkat dan sisihkan.

Puding. Blender buah strawberry dengan 50 ml air. Angkat dan sisihkan. Dalam panci, campur bubuk agar, gula pasir, susu kental manis, dan air. Aduk hingga rata dan pastikan tidak ada yang menggumpal. Nyalakan api dan masak puding hingga mendidih. Angkat.

Bagi adonan puding jadi dua bagian. Satu bagian biarkan berwarna putih. Satu bagian lagi campur dengan jus strawberry lalu aduk rata. Siapkan gelas atau cetakan puding. Susun irisan tipis strawberry di pinggir gelas/cetakan. Tuang perlahan adonan puding strawberry lalu biarkan mengeras. Selanjutnya tuang perlahan adonan puding putih ke atasnya lalu biarkan mengeras. Dinginkan lalu simpan dalam kulkas. Siap disajikan dengan siraman saus strawberry.

Baca Juga : Resep Puding Strawberry