Penulis : Atsa

Pernah memasak ikan air tawar tapi baunya tidak segar? Seperti bau tanah atau lumpur. Padahal ikan yang dibeli masih segar dan baru.

Mengolah ikan air tawar memang memiliki tantangan tersendiri. Ikan air tawar seperti lele, gurame, dan nila biasanya tumbuh di lingkungan yang berlumpur. Nah, lingkungan tersebut yang membuat ikan jadi beraroma seperti tanah atau lumpur.

Tapi ikan yang dibeli di restoran bisa begitu segar dan lezat ya rasanya? Tanpa bau tanah. Berikut tips supaya ikan air tawar yang Anda masak selezat restoran dan tidak bau tanah.

Baca JugaTips Kulit Ayam Goreng Krispi dan Gurih

1. Pindahkan ikan yang masih hidup ke akuarium

Saat membeli ikan di supermarket atau makan di rumah makan, pasti Anda sering melihat ikan yang diletakan di akuarium. Ikan air tawar yang hidup di lingkungan berlumpur perlu diletakan di akuarium untuk menetralkan tubuhnya dari bau lumpur yang menempel pada tubuh ikan. Setidaknya ikan perlu di letakan sehari semalam di akuarium atau bak bersih.

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika ikan tersebut masih hidup. Jika membeli ikan yang sudah tidak hidup lagi, masih ada banyak cara juga untuk menghilangkan bau tanah pada tubuh ikan.

2. Bersihkan ikan di bawah air mengalir

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah bersihkan dahulu insang dan sisik ikan sampai bersih dan tak tersisa. Buang juga isi perut dan jaeroan ikan. Kemudian cuci bersih ikan di bawah air mengalir untuk membuang semua kotoran yang tersisa, termasuk lumpur yang mungkin masih melekat di tubuh ikan.

3. Rendam dengan air garam

Garam kasar bisa mengikat bau tanah yang ada pada tubuh ikan. Caranya begitu mudah, Anda hanya perlu melumuri garam secukupnya pada tubuh ikan dan diamkan selama satu jam. Pastikan juga seluruh sisi ikan dilumuri garam. Setelah itu, bilas dengan mencuci kembali ikan dengan air yang mengalir hingga bersih.

4. Rendam ikan dengan air yang dicampur dengan perasan jeruk nipis atau cuka

Untuk memastikan bau tanah benar-benar hilang hingga seluruh daging ikan, beberapa larutan bisa digunakan. Rendam ikan dengan air yang dicampur dengan perasan jeruk nipis atau larutan cuka.

Namun sebelumnya, sayat-sayat terlebih dahulu tubuh ikan supaya larutan tersebut meresap dalam daging. Rendam ikan selama 15-20 menit. Setelah bau tanahnya hilang, bilas ikan sampai bersih dan bebas dari bau asam jeruk atau cuka tersebut.

5. Bumbui ikan dengan aneka rempah

Rempah-rempah yang digunakan untuk marinasi atau merendam ikan dalam bumbu akan membantu menghilangkan bau tanah kalau mungkin tahap-tahap sebelumnya belum cukup untuk menghilangkan bau tanah.

Buat bumbu marinasi yang kuat seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan garam yang dihaluskan. Lalu, balurkan ketubuh ikan dan diamkan selama 30 menit. Ketika bumbu sudah meresap, ikan sudah siap untuk digoreng.

Itulah tips yang dijamin ampuh untuk hilangkan bau tanah pada ikan air tawar. Semoga tips ini bermanfaat, ya. Selamat memasak!

Baca Juga : Kenali Perbedaan Penting Ikan Air Tawar dan Ikan Laut