Penulis : Atsa

Sama – sama terkenal kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, ikan konsumsi yang hidup di air tawar dan air laut sebenarnya memiliki beragam perbedaan. Apakah Anda sudah tahu perbedaan spesifik dari ikan air tawar dan ikan laut?

Banyak orang beranggapan bahwa yang membedakan ikan laut dan air tawar hanya perihal kandungan protein dan harganya saja. Tapi apa benar hanya itu?

Sebenarnya ada cukup banyak perbedaan kedua jenis ikan tersebut, apalagi karena jenis habitat keduanya juga berbeda. Selain soal gizi, hasil masakan dan cita rasanya juga berbeda, lho.

Yuk, kenali beragam perbedaan yang terdapat pada ikan air tawar dan ikan air laut. Supaya bisa lebih jeli dalam memilih sesuai kebutuhan dan selera.

1. Rasa

Meskipun ikan laut tidak menyerap sodium dari air asin yang mengelilinginya, ikan laut cenderung memiliki rasa “khas ikan” yang jauh lebih segar daripada ikan air tawar. Rasa ikan yang segar dan gurih alami ini membuat ikan laut tidak memerlukan banyak bumbu untuk membuatnya menjadi lezat. Karena itulah ikan laut sering juga disajikan mentah, seperti pada hidangan sashimi.

Sebaliknya, mengolah ikan air tawar memerlukan berbagai bumbu untuk membuat aroma dan rasanya lebih kuat. Proses pengolahan dan pemilihan yang kurang tepat bisa mengakibatkan ikan air tawar berbau kurang sedap seperti lumpur.

Tapi tenang, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan melumuri ikan dengan perasan jeruk nipis atau lemon sebelum dimasak.

Baca Juga : Resep Salmon Teriyaki

2. Nutrisi

Ikan air tawar dan ikan laut memang sangat mirip dalam hal kandungan nutrisinya. Masing-masih jenis ikan tersebut juga memiliki kelebihan nutrisi tersendiri. Ikan air tawar lebih tinggi kalsium daripada ikan laut. Varian ikan air tawar juga cenderung mengandung lebih banyak vitamin A dan folat.

Untuk ikan laut, meski Ikan air tawar dan ikan laut sama-sama memiliki kandungan omega 3, namun Ikan laut memiliki omega 3 yang lebih tinggi. Ikan laut juga memiliki kandungan DHA dan EPA yang sangat tinggi, sehingga baik untuk perkembangan janin dan juga nutrisi otak. Ikan salmon adalah salah satu ikan yang kaya akan folat, omega 3, dan DHA yang baik untuk ibu hamil dan anak-anak.

Namun, ada juga beberapa ikan air tawar yang kandungan omega 3 dan 6-nya tinggi, seperti ikan patin. Selain itu, ikan gabus dan belut juga tak kalah bagus karena mengandung globulin untuk pembentukan antibodi.

3. Struktur Duri

Belah ikan dan lihat durinya, Anda mungkin akan melihat perbedaan pada struktur duri ikan laut dan ikan air tawar. Ikan laut hidup di arus yang deras, sehingga cenderung memiliki  yang lebih besar dan kuat. Di sisi lain, ikan air tawar terbiasa hidup di arus yang tidak terlalu kencang, sehingga ikan air tawar cenderung memiliki duri yang lebih kecil.

4. Harga

Nah, yang paling mudah dilihat perbedaannya dari kedua jenis ikan ini adalah harganya. Semua orang pasti sudah tahu, kan?

Meski Indonesia merupakan Negara maritim, tetap saja harga ikan laut jauh lebih mahal dari ikan tawar. Karena itulah, ikan air tawar sering menjadi pilihan karena harganya yang murah dan nutrisinya yang juga tidak kalah.

Itulah beberapa perbedaan dari ikan laut dan ikan air tawar. Ikan apa yang jadi favorit Anda? Supaya lebih sehat dan gizinya tidak rusak, Anda bisa mengolah ikan menjadi menu-menu lezat yang tidak perlu di goreng, seperti pepes atau panggang tanpa minyak.

Baca Juga : Resep Pepes Ikan Kembung

Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)