Penulis : Atsa

Pempek merupakan makanan asal Palembang yang populer di seluruh Indonesia. Memasak pempek dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari perebusan, pengukusan, digoreng, hingga dipanggang.

Membuat makanan kaya protein yang satu ini memang susah-susah gampang. Butuh tips khusus supaya hasil pempeknya kenyal namun padat dan tidak keras. Ingin mencoba membuat sendiri di rumah untuk santapan bersama keluarga? Simak tips untuk membuat pempek yang kenyal dan tidak keras berikut ini.

1. Gunakan daging ikan segar yang dingin

Pempek bisa dibuat dari ikan tenggiri, ikan belida, atau ikan kakap yang diambil dagingnya dan digiling. Ikan harus segar dan dingin agar tekstur pempek nantinya bisa kenyal.

Nah, perhatikan juga kalau semisal di resep tertulis 250 gram daging ikan, artinya 250 gram itu adalah berat saat sudah digiling. Bukan ikan utuhnya ya, jadi beli ikannya juga jangan pas dengan resep, karena nanti beberapa bagian tubuh seperti tulang, kepala, dan ekor tidak ikut diolah.

2. Gunakan tepung sagu berkualitas

Gunakan tepung sagu berkualitas baik dengan salah satu cirinya tepung berwarna putih bersih dan tidak berbau apek. Ada beberapa merek sagu tani yang bagus, seperti cap merapi dan merbabu.

Image : Lazada

Sama – sama digunakan untuk membuat tekstur kenyal, jangan sampai terbalik dengan tapioka, ya. Tepung sagu biasa digunakan dalam adonan pempek, bakso, dan siomay. Sementara tepung tapioka sering digunakan untuk membuat cireng dan mengentalkan tumisan karena warnanya yang bening.

Baca Juga : Apa Bedanya? Tepung Sagu vs Tepung Tapioka dan Kegunaannya

3. Ikan dan tepung sagu maksimal 1 : 1

Perhatikan perbandingan jumlah ikan dan tepung sagu, karena ini akan mempengaruhi tekstur dan rasa pempek. Tepung sagu digunakan untuk memberikan tekstur kenyal khas. Namun, supaya rasa gurih ikan pada pempek tetap terasa, maka gunakan tepung sagu maksimal sebanding sama dengan daging ikan.

Misalkan pempek menggunakan 250 gram ikan, maka gunakan juga 250 gram tepung sagu. Kalau tepung sagu terlalu banyak, pempek akan rawan menjadi keras dan liat. Sebaliknya kalau sedikit, pempek lebih empuk, namun hasilnya kadang keriput.

4. Gunakan air es

Gunakan air es untuk membuat adonan agar pempek kenyal tapi tidak liat. Air es atau air dingin akan membuat adonan tepung dan daging ikan mudah menyatu. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, ya.

5. Aduk dengan solet plastik

Nah, pencampuran ikan dan sagu sebaiknya tidak diuleni agar hasil pempek tidak liat. Adonan cukup dicampur dengan cara diaduk cukup sampai rata dengan solet plastik.

Jadi, jangan pernah menguleni adonan, ya. Mengulen adonan langsung dengan tangan akan membuat pempek keras dan alot saat matang. Gunakan tangan hanya saat membentuk pempek saja. Jangan sampai adonan terlalu sering bersentuhan dengan tangan.

Tips lainnya:

1. Untuk memudahkan membentuk, lumuri tangan dengan sedikit tepung tapioka, atau bisa juga dengan sedikit minyak ketika akan membentuk.
2. Agar pempek tidak saling melekat, tambahkan beberapa tetes minyak goreng ke dalam air rebusan pempek.
3. Agar pempek matang merata, rebus pempek dalam air mendidih di atas api sedang hingga terapung.

Tips Cara Membuat Pempek Kenyal dan Tidak Keras
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote