Penulis: Rosalia | Editor: Minda

Pasti sebel kalau hasil bolu panggangan bantat alias gagal, kan? Kuenya malah jadi keras, kaku, atau tidak ngembang sempurna. Pokoknya tidak bisa dimakan dan sama sekali tidak cantik!

Setelah riset dan diulang beberapa kali, akhirnya saya bisa juga bikin bolu antibantat. Cita rasanya pun memuaskan alias enak! Well, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda simak untuk membuat bolu antigagal. 

1. Semua Bahan Harus Bersuhu Ruang

Ternyata, telur yang dingin ternyata akan sulit naik saat dikocok, begitu juga margarin. Tapi, jangan juga menuang margarin yang baru saja dilelehkan langsung ke dalam adonan alias ketika margarin masih panas-panasnya. Tunggu agak hangat baru boleh dimasukkan ke dalam adonan, ya.

Coba resep: Bolu Marmer.

2. Proses Melelehkan Margarin

Walaupun gak boleh langsung dimasukkan setelah dilelehkan, ternyata margarin yang sudah cair juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama di suhu ruang.

Triknya, begitu proses mengaduk adonan sudah setengah berjalan, segera lelehkan margarin di atas panci dengan api super kecil. Kalau margarin sudah hampir cair semua, segera matikan api dan angkat lalu pindahkan ke wadah. Kemudian, sembari tetap mengocok adonan, margarin hangat siap untuk dituang.

3. Perhatikan Wadah dan Alat yang Digunakan

Wadah dan alat yang digunakan harus benar-benar kering. Jangan sampai ada air, minyak, atau mentega yang menempel. Wadah lembap pun tidak boleh dipakai, karena akan membuat adonan jadi bantat.

Kalau baru selesai dicuci, lap wadah dan diamkan dulu di suhu ruang semalaman supaya kering dengan sendirinya Baru alat dan wadah siap digunakan!

Coba resep: Bolu Koja.

4. Cara Menuang Bahan-Bahan

Menuang bahan-bahan ke dalam adonan juga harus perlahan-lahan. Misalnya tepung terigu (ayak dulu ya supaya tidak ada gumpalan). Anda bisa menuang sebagian dulu, aduk dengan spatula. Kalau sudah tercampur rata baru tuang lagi sampai habis.

Supaya mengaduknya tidak berkali-kali, gabungkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk, cokelat bubuk, atau maizena. Begitu juga bahan cair seperti margarin yang bisa digabungkan dengan pasta, susu cair, atau santan.

(Image: Lazada)

Tapi pastikan berat bahan sudah sesuai dengan resep. Salah sedikit saja, bolu bisa otomatis bantat! Makanya pakai timbangan dapur digital merk Camry EK-3650 (lihat di Lazada DISKON). Sudah terdapat mangkuk untuk menimbang bahan dengan kapasitas maksimumnya 5 kg dan akurasi hingga 0.1 gram. Murah meriah!

Coba resep:  Bolu Gulung Pandan.

5. Lama Mengocok Adonan

Adonan bolu tidak boleh dikocok lama-lama. Saat mengocok telur, gula dan emulsifier gunakan mikser dengan kecepatan rendah. Kemudian baru naikkan kecepatan mikser supaya adonan mengembang dan naikkan ke kecepatan paling tinggi untuk mengokohkan adonan.

Lama mengocoknya juga harus disesuaikan. Kalau terlalu cepat berhenti, adonan akan kurang stabil dan cepat turun bahkan selama masih dipanggang. Tapi kalau terlalu lama, adonan malah akan terlalu banyak ‘kemasukan’ udara yang menyebabkan bantat.

Coba resep: Bolu Gulung Coklat.

6. Mengatur Temperatur Oven

Pastikan bahwa sebelumnya anda sudah memanaskan oven. Sebab, jika terlalu lama menunggu, adonan yang sudah mengembang akan turun kembali. Cukup panaskan oven selama 5-10 menit. Bila oven terlalu panas, adonan malah cepat gosong.

Kalau adonan belum mengembang sempurna, jangan buka tutup pintu oven. Untuk tahu apakah kue sudah matang atau belum,  cukup tusuk bagian tengah kue dengan tusuk gigi atau tusuk sate. Bila sudah tidak ada adonan yang menempel, berarti kue sudah matang sempurna!

Itulah tadi tips-tips yang bisa anda ikuti untuk membuat bolu anti bantat dan anti gagal. Memang membuat bolu panggang ini agak tricky karena banyak sekali detail dan langkah yang harus diperhatikan. Selamat mencoba dan jangan gampang menyerah, ya!