Image: Netral news

Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Bagi anda yang masih  belum tahu, seblak merupakan kerupuk rebus yang dicampur dengan cabai. Konon, jajanan ini berasal dari Bandung. Ada banyak jenis kreasi seblak yang biasa di buat sendiri. Mulai dari dari seblak basah, seblak ceker, dan makaroni seblak.

Pada dasarknya, kerupuk apa saja boleh dibuat jadi seblak. Termasuk opak singkong, atau biasa disebut “opak elod”. Opak elod yang direbus lebih kenyal, besar, dan alot dibandingkan kerupuk lain. Tekstur kenyal dan pedas seblak opak ini dijamin bikin anda ketagihan!

Coba Resep: Resep Seblak Ceker Pedas

1. Rebus Opak

Sebelum dicampur cabai, tentunya opak harus direbus terlebih dulu. Pastikan semua opak sudah matang dan tidak ada lagi bagian yang keras. Cek dengan menusukan pisau pada opak. Setelah kenyal, bilas dengan air dingin agar tekstur opak terjaga kekenyalannya.

2. Tumis Bumbu Halus

Aroma khas seblak berasal dari kencur. Jadi, sudah pasti kalau bumbu halusnya terdiri dari kencur, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah. Tumis bumbu tersebut dengan api kecil hingga harum. Kemudian, koreksi rasanya dengan tambahan garam serta gula.

Coba Resep: Resep Seblak Basah

3. Masukan Opak dan Telur

Setelah tercium aroma harum dari bumbu halus, segera masukan telur. Aduk hingga bumbu merata. Kemudian, masukan opak yang sudah direbus sedikit demi sedikit. Tujuannya agar opak tidak saling menempel. Opak yang menempel akan keras dan nantinya tidak terbumbui dengan baik.

Tambahkan sedikit air dalam wajan. Kemudian, biarkan hingga agak menyusut. Koreksi kembali rasa seblak setelah air tinggal sedikit.

4. Tambahkan Topping

Agar seblak anda lebih bergizi, tambahkan topping lain seperti bakso, ayam suwir dan sosis. Bisa juga tambahkan sawi atau bok choy sebagai Semakin banyak topping, warna seblak opak akan semakin cantik karena lebih bervariasi.

5. Sajikan dengan Garnish

Cukup beri garnish yang sederhana pada seblak. Misalnya bawang goreng atau irisan seledri. Garnish yang terlalu banyak dapat menutupi kesederhanaan seblak.

Sekarang, anda tidak perlu lagi beli seblak. Selain murah, keamanan dan kualitas bahannya pun lebih terjamin. Anda juga bisa tambahkan berbagai topping sesuai selera. Selamat merasakan sensasi pedas!

Cara Membuat Seblak Opak “Elod” yang Kenyal dan Pedas
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)