Penulis: Tia | Editor: Ria

Sup memang terasa lebih nikmat kalau menggunakan kaldu daging ayam atau sapi. Belum lagi jika ditambahkan potongan dagingnya. Namun, untuk memasak sup dengan daging ternyata tidak semudah itu. Beberapa kali saya mencoba memasaknya, kuah sup malah jadi terasa berat dan berlemak.

Kuah sup yang lezat itu seharusnya ringan saat disantap dan memberikan sensasi segar. Nah, supaya anda bisa mendapatkan kuah sup daging yang ringan, lemak-lemak yang ada harus disingkirkan hingga habis.

Coba: Sup Kacang Merah Daging Sapi

1. Pakai kaldu stock yang beku

Untuk membuat kuah sup, sebaiknya anda menggunakan kaldu stock yang telah dibekukan. Penggunaan kaldu stock beku ini dapat mengurangi risiko kuah berlemak. Soalnya, lemak yang tersisa pada kaldu turut membeku saat kaldu stock disimpan dalam freezer dan jadinya akan lebih mudah disingkirkan ketika kaldu dipanaskan.

Panaskan kaldu stock beku pada panci. Gunakan api yang kecil saja. Kemudian, tunggu hingga lemak-lemak beku mulai mengapung dan berkumpul di permukaan kaldu. Angkat lemak-lemak tersebut hingga tidak ada lagi yang tersisa.

Baca juga: 6 Hidangan yang Bisa Dibuat dari Stock Kaldu di Kulkas

2. Jika ingin pakai kaldu fresh, dinginkan kaldu sebelum dibuat sup

Membuat kuah sup pakai kaldu stock memang lebih praktis dan anti-lemak. Namun, kalau anda ingin pakai kaldu yang segar, juga tidak apa-apa karena ada trik untuk menyingkirkan lemak pada kuahnya.

Setelah kaldu jadi, jangan langsung dimasak menjadi sup. Saring kaldu terlebih dahulu, kemudian dinginkan di dalam kulkas sekitar 1 jam. Cukup kulkas saja ya, tidak perlu freezer. Keluarkan kaldu setelah 1 jam, lalu panaskan di atas api kecil. Nanti, lemak-lemak akan mengapung di permukaan kaldu. Singkirkan lemak tersebut dengan menggunakan sendok logam.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membuat Kaldu Lezat Sekaligus Untuk Stok

3. Kecilkan api setelah air rebusan kaldu mendidih

Trik lain untuk menghilangkan lemak pada kuah kaldu yang fresh adalah dengan mengecilkan api. Seringnya, kita memasak sup dengan besar api yang sama dari awal hingga akhir. Ternyata, cara tersebut dapat membuat lemak bertahan dalam kuah sup.

Supaya lemak-lemak tersebut akhirnya keluar, kecilkan api setelah air rebusan kaldu mendidih. Diamkan sebentar hingga lemak mengapung dan berkumpul di pinggir-pinggir panci. Buang lemak tersebut hingga bersih, baru anda bisa mulai memasukkan sayuran ke dalam kuah sup.

Coba: Resep Sop Konro

4. Buang lemak menggunakan sendok dingin

Kuah sup berlemak tapi sudah terlanjur memasukkan sayuran? Jangan khawatir. Anda tetap bisa menyingkirkan lemak-lemak tersebut, kok. Caranya, ambil sebuah sendok logam. Rendam sendok tersebut di dalam air es selama 10 menit. Kemudian, sapukan bagian bawah sendok ke seluruh permukaan sup. Angkat dan singkirkan lemak-lemak yang terkumpul di bagian bawah sendok logam tersebut.

Baca juga: 7 Tips Merawat Sendok dan Garpu agar Bersih, Tahan Lama & Tidak Berkarat

Pemakaian daging untuk kaldu juga dapat mempengaruhi kadar lemak dalam kuah sup. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan daging yang tidak berlemak saat membuat kaldu. Sup yang kuahnya jernih dan ringan pastinya akan terasa lebih nikmat untuk disantap.