Penulis: Windy | Editor: Ria

Saat pergi ke Surabaya kemarin, saya agak terkejut ketika mampir ke warung makan dan memesan sayur asem. Isian dari sayur asem ini berbeda dengan yang biasanya saya makan di Jakarta. Ada sayur kangkung, tauge, dan timun krai. Dari segi rasa, sayur asem Jawa Timur lebih ringan, tapi tetap terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat.

Kalau penasaran dengan citarasa sayur asem Jawa Timur ini, anda bisa bikin sendiri lho di rumah. Mudah, bahan-bahannya sederhana, dan hanya butuh waktu 30 menit saja

1. Gunakan kangkung, tauge, dan timun krai sebagai bahan khas

Kalau sayur asem Jakarta, di dalamnya wajib ada pepaya muda dan nangka muda. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya.

Kangkung yang digunakan hanya daunnya saja tanpa batang, tauge kecambah panjang dicuci bersih dahulu, dan timun krai dipotong membujur dengan ketebalan 1-2 cm.

2. Haluskan bumbu-bumbu yang dibutuhkan

Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem Jawa Timur antara lain, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, terasi, dan garam.

Semua bumbu dihaluskan dengan blender atau diulek. Tambahan terasi dalam sayur asem untuk meningkatkan rasa sayur asem agar lebih nikmat dan beraroma sedap.

3. Rebus kaldu hingga mendidih lalu masak sayuran bertekstur keras terlebih dahulu

Air kaldu dapat ditambahkan dalam sayur asem agar memberikan rasa gurih dan aroma sedap. Sebaiknya pilih kaldu yang terbuat dari tulang dan daging sapi.

Rebus kaldu hingga mendidih. Kemudian masukkan sayuran bertekstur keras terlebih dulu. Seperti nangka muda, labu, timun krai, kacang panjang, dan jagung. Agar dapat matang dengan sempurna.

4. Masukkan bumbu halus, masak hingga sayur setengah matang

Bumbu yang tadi sudah dihaluskan, kemudian dimasukkan ke dalam kaldu. Aduk rata hingga tercampur dan tambahkan daun salam, lengkuas, serta asam jawa untuk memperkaya rasa. Lanjutkan masak hingga sayur setengah matang.

5. Selanjutnya, masukkan kangkung dan tauge

Saat sayur sudah setengah matang, masukkan kangkung dan tauge. Biarkan 3 menit saja hingga sayur tadi matang.

6. Koreksi rasa dan sajikan

Setelah semua bahan dan bumbu tercampur menjadi satu, koreksi rasa sayur asem dengan menambahkan garam atau gula. Rasa sayur asem Jawa Timur ini akan cenderung pedas dan gurih yang nikmat sekali.

Sayur asem Jawa Timur ini enak sekali disantap selagi hangat dengan lauk empal goreng atau ikan asin. Bisa-bisa nambah terus, deh. Selamat mencoba!