(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L

Sebulan terakhir ini, saya sedang berusaha menurunkan berat badan. Salah satu hal yang saya lakukan adalah mengganti makanan pokok, yang biasanya nasi putih menjadi kentang rebus. Alhasil, salah satu rak di dapur saya penuh berisi kentang. Saat menyiapkan makan, saya biasanya akan merebus banyak kentang sekaligus untuk 3x makan sehari. Tapi seperti yang kita tahu, warna kentang akan seketika berubah kecokelatan setelah dikupas. Hal tersebut terjadi karena adanya browning enzimatic, yaitu proses oksidasi dari enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam kentang.

Memang sih hal tersebut tak berpengaruh pada rasa dan gizinya, tapi tetap saja membuat penampilannya menjadi tak menarik lagi. Jika sudah seperti itu, biasanya saya jadi tidak terlalu semangat memakannya dan menjadi bersisa. Setelah banyak mencari tahu, saya punya tips nih untuk menyiasati agar kentang tidak berubah kecokelatan setelah dikupas. Siapa tahu bisa membantu anda juga. 

1. Rendam kentang dalam larutan air garam dan kapur sirih

Merendam kentang yang sudah dikupas dalam larutan air garam dan kapur sirih ternyata bisa membantu menjaga warna kentang agar tidak berubah menjadi kecokelatan. Poin plusnya, cara ini juga bisa membuat kentang anda menjadi lebih gurih, lho.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan garam halus dan satu sendok makan air kapur sirih ke dalam satu liter air. Setelah itu, anda bisa merendam kentang yang telah dikupas ke dalam larutan tersebut. Rendam kentang selama kurang lebih satu jam.

2. Rendam kentang dalam air lemon

Hampir sama dengan cara yang pertama, hanya bedanya kali ini bahan yang digunakan untuk merendam kentang adalah air lemon. Air lemon ini bersifat asam atau memiliki kadar ph yang rendah, sehingga bisa mencegah kentang berubah warna jadi kecokelatan setelah dikupas.

Campurkan air perasan jeruk lemon ke dalam air secukupnya dan rendam kentang selama beberapa saat. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk mencegah kentang berubah kecokelatan setelah dikupas. Hanya saja akan memberikan sedikit rasa asam pada kentang anda. Jadi anda harus sesuaikan takaran air lemon dan air campurannya, dengan jumlah kentang yang akan direndam.

3. Rebus kentang sebentar dalam air yang mendidih

Anda bisa mencoba merebus kentang yang telah dicuci bersih (dalam kondisi belum dikupas) dalam air mendidih. Tidak perlu lama-lama, cukup sekitar 1-2 menit saja. Paparan suhu panas saat merebus kentang akan menghancurkan enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam kentang, sehingga kentang tidak akan berubah menjadi kecokelatan setelah dikupas.

Setelah itu, rendam kentang yang sudah direbus tersebut ke dalam air dingin. Air dingin ini  berfungsi untuk menghentikan proses pemasakan kentang, sehingga kentang tidak akan menjadi matang dan lembek. Setelah benar-benar dingin, kentang anda pun siap dikupas dan diolah menjadi aneka makanan yang menggoda selera.

Nah, ternyata sangat mudah bukan tips-tips di atas? Anda bisa langsung coba mempraktikannya sendiri di rumah. Dijamin, setelah ini kentang anda akan tetap cantik setelah dikupas dan tentu saja lebih menarik ketika disajikan.