Penulis: Windy | Editor : Atsa

Walaupun memotong sayur merupakan kegiatan yang biasa dilakukan setiap hari, potongan sayuran yang cantik saat makan sup di restoran sering membuat saya terkesima bagaimana bisa memotong sayuran dengan apik dan sedap dipandang. Saya pun penasaran, apakah orang awam seperti saya juga bisa memotong sayur dengan cantik seperti itu juga.

Ternyata, tidak hanya chef handal saja yang bisa memotong sayuran dengan cantik. Kita  pun juga bisa menyajikan sayuran dengan potongan yang cantik untuk masakan di rumah. Bagaimana caranya?

1. Gunakan pisau khusus sayur yang tajam

Ketajaman pisau akan mempengaruhi keindahan potongan sayuran yang diinginkan. Biasanya para chef menggunakan pisau khusus dengan mata pisau yang tajam untuk memotong sayuran dengan pisau ringan berbahan stainless steel agar tahan karat.

Ada 3 jenis pisau yang sering digunakan untuk memotong sayuran, yaitu fluting knife, paring knife, dan chef knife. Namun, chef knife adalah yang paling banyak dipilih, terutama oleh wanita, karena multifungsi.

2. Gunakan talenan kayu atau plastik sebagai alas memotong

Pemilihan talenan juga perlu diperhatikan, untuk keselamatan anda saat memotong. Pilihlah talenan dari bahan kayu atau plastik karena permukaannya tidak licin. Selain itu, talenan kayu dan plastik juga tidak akan membuat pisau jadi cepat tumpul.

3. Potongan dengan bentuk yang cantik

Teknik memotong sayur yang mudah dan cukup sering dilakukan diantaranya, julienne, batonnet dan macedoine. Teknik julienne dan batonnet biasanya untuk memotong wortel. Namun, sah saja jika anda melakukannya pada sayuran lain. Untuk julienne anda cukup memotong sayuran secara memanjang jadi tipis seperti korek api. Sedangkan untuk batonnet memiliki potongan yang sama dengan julienne namun dua kali lebih tebal. Nah, kalau potongan macedoine ini biasa disebut potongan dadu. Jadi, anda cukup memotong batonnet kemudian dibagi kotak-kotak kecil seperti dadu.

4. Supaya lebih mudah dan praktis, gunakan alat potong inovatif

Saat ini, sudah banyak sekali alat dapur yang inovatif, terutama untuk potong-memotong. Tidak hanya praktis, tapi juga membuat hasil potongan menjadi lebih cantik dan sama rata bentuknya. Mendapatkannya pun sangat mudah, bisa secara online maupun membeli di pasar.

Beberapa contoh alat potong inovatif yang bisa anda gunakan adalah pemotong french fries dan pemotong dadu serbaguna.

Pemotong french fries sangat berguna bagi anda yang ingin kentang gorengnya seperti di restoran. Anda hanya butuh menekan dari atas ke bawah dan kentang pun terpotong secara otomatis.

Sedangkan pemotong dadu akan sangat membantu untuk menghasilkan potongan yang cantik dan sempurna untuk sup. Cukup letakkan sayuran secara melintang di atas mata pisau, lalu ditekan kebawah dengan tuas dan potongan dadu pun langsung jatuh ke dalam wadah.

Tidak sulit ya ternyata memotong sayuran yang cantik? Anda bisa melakukannya untuk memasak siang ini atau malam nanti, deh.

4 Cara Memotong Sayuran dengan Rapi dan Cantik
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)