(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L

Bagi saya yang memiliki kesibukan super padat, waktu terasa begitu penting. Sebisa mungkin, saya akan berusaha untuk memaksimalkan waktu yang saya punya, membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Nah, atas dasar itu, saya pun memutar otak. Bagaimana caranya agar ditengah kesibukan saya, saya masih bisa memasak untuk keluarga dalam waktu yang singkat, tapi tetap lezat dan bergizi. Bagi anda yang juga memiliki kegiatan super padat, anda bisa mencoba mempraktikkan tips memasak makanan yang praktis dan cepat dibawah ini. 

1. Rencanakan menu masakan setiap hari

Dulu saya sering sekali membuang-buang waktu di dapur hanya untuk memikirkan menu apa yang akan saya masak. Saat sudah menemukan menu yang tepat, ternyata bahannya tidak ada di kulkas. Sementara saya tidak punya cukup waktu untuk berbelanja ke pasar. Nah, saya menyiasati hal tersebut dengan membuat list menu yang akan saya masak setiap hari. Dengan begitu, saya tidak akan kebingungan dan bisa memaksimalkan waktu. Bahan makanan pun tidak akan kekurangan, karena  saya sudah menyiapkannya dari jauh-jauh hari.

2. Siapkan persediaan bumbu dasar

Meskipun terdengar sepele, tapi menyimpan persediaan bumbu dasar akan sangat membantu kita dalam meringkas waktu memasak. Selalu sediakan bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar putih di dapur anda. Anda bisa menyesuaikan jumlah bumbu dasar dengan jenis masakan yang paling sering sering anda buat. Misalnya anda sering memasak ayam rica-rica atau balado, anda bisa menyetok bumbu dasar merah dengan jumlah yang lebih banyak dibanding bumbu dasar lainnya. Simak tentang jenis-jenis bumbu dasar di sini.

3. Cuci dan potong sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas

Demi mempersingkat waktu memasak, saya biasanya langsung mencuci sayuran yang saya punya dan memasukannya ke dalam kulkas setelah kering. Untuk sayuran yang bisa disimpan lama seperti wortel atau labu siam, saya biasanya memotong sayuran tersebut sebelum disimpan. Jadi, saya bisa langsung menggunakannya ketika akan dimasak.

4. Masak dalam porsi kecil

Kebanyakan masyarakat memasak dalam porsi banyak agar makanan bisa disimpan dan dihangatkan kembali. Sebenarnya tak masalah jika anda memiliki banyak waktu luang untuk memasak. Tapi jika waktu anda untuk memasak terbatas, ada baiknya anda memasak dalam porsi kecil atau sekali makan. Memasak dalam porsi banyak akan membuat makanan anda lama matangnya, sehingga tidak akan efektif bagi anda yang dikejar oleh waktu.

5. Cari resep masakan yang simpel dan cepat

Jika anda tidak punya waktu untuk menyiapkan tips-tips di atas, anda masih bisa memasak kok. Anda bisa memilih menu-menu praktis yang gampang dan cepat matang seperti aneka tumisan seperti tumis sawi putih, udang masak saos tiram, aneka gorengan seperti jamur krispi, perkedel tahu, dan aneka sajian berkuah simpel seperti sayur sop dan lodeh terong.

Bagaimana? Terlihat praktis, simpel, dan sangat bisa diikuti, kan? Yuk, langsung dicoba untuk esok hari.