(Image: Mykitchenandme)

Penulis: Vira | Editor: Ria

Memasak pastinya akan jauh lebih mudah jika anda memiliki bumbu dasar yang telah mencakup banyak bumbu dapur utama. Bahkan jika anda tak bisa membuatnya, anda bisa menemukan bumbu dasar siap racik atau siap masak yang terjual bebas di pasar. Penasaran apa saja jenis bumbu dasar yang biasanya ada di dapur atau kulkas orang yang rutin atau mahir memasak? Simak artikel ini baik-baik, ya.

1. Bumbu merah

Bumbu ini mungkin menjadi salah satu jenis bumbu yang paling banyak digunakan di berbagai jenis masakan. Jika anda salah satu penggemar masakan yang pedas, tentu saja anda tak akan melupakan jenis bumbu dasar ini. Bumbu ini berwarna merah karena terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan terasi (opsional) yang telah dihaluskan dan ditumis.

Karena menggunakan cabai, bumbu jenis ini memiliki rasa pedas sebagai cita rasa yang paling menonjol. Bumbu ini seringkali digunakan untuk nasi goreng, telur balado, dan berbagai jenis masakan balado lainnya seperti berikut ini.

  1. Jengkol Balado
  2. Telur Puyuh Balado
  3. Dendeng Balado
  4. Ayam Balado
  5. Udang Pete Balado
  6. Nasi Bakar Sambalado Cumi

2. Bumbu kuning

Apakah anda penggemar hidangan seperti soto dan ayam goreng? Nah, bumbu berwarna kuning ini memiliki peran besar dalam hidangan tersebut, lho. Bumbu ini terbuat dari kunyit yang memberi warna kuning, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan merica yang tentunya dihaluskan dan ditumis terlebih dahulu. Bumbu ini memiliki citarasa yang gurih dan asin dengan aroma khas dari si kunyit. Selain dua resep di atas, bumbu yang satu ini sering dipakai dalam sajian lezat seperti berikut.

3. Bumbu putih

Merupakan bumbu yang paling banyak digunakan dalam berbagai jenis tumis-tumisan. Bumbu ini juga merupakan bumbu yang paling mudah dibuat karena bahan-bahannya pun simple dan pastinya mudah ditemukan di dapur anda. Bahan utama bumbu ini yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan merica yang dihaluskan dan setelah itu dihaluskan dan ditumis di atas api yang sedang.

Karena terbuat dari bahan yang simpel, rasa yang paling menonjol dari bumbu yang satu ini yaitu rasa agak pedas dan gurih dari bawang. Bumbu ini sering digunakan dalam aneka masakan tumisan, semur, dan oseng-oseng seperti berikut.

Dengan menyimpan bumbu dasar di dapur, anda tak perlu repot menguleg atau mengolah bumbu dapur yang masih utuh setiap kali memasak. Ayo langsung dicoba!