Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Memasuki pertengahan bulan puasa, sebagian kita mulai bingung dengan menu makanan untuk berbuka, terutama takjil. Karena bisa dibilang takjil adalah menu pembuka sebelum  menyantap makanan berat. Jika menu takjilnya tidak menarik, kita pun jadi malas menyantapnya. Alhasil, berbuka puasa pun jadi terasa kurang menyenangkan.

Supaya tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja saat berbuka puasa, anda bisa mencoba menu baru sebagai variasi. Nah, salah satu bahan makanan yang cocok untuk berbuka puasa adalah cokelat. Anda bisa mengolah cokelat ini menjadi beberapa menu lezat yang pastinya disukai oleh semua.

1. Milkshake cokelat

Minuman yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin sesuatu yang segar untuk berbuka puasa. Paduan antara antara susu, cokelat, gula pasir, dan es batu yang diblender menjadi satu, dijamin bisa membantu anda melepas dahaga setelah berpuasa seharian.

2. Puding cokelat

Tak hanya minuman saja, cokelat bisa diolah menjadi puding yang tak hanya enak, tapi juga sehat. Rasa puding cokelat yang manis dengan sensasi kenyal dan lembut di mulut ini pasti bisa memanjakan lidah anda. Jangan lupa dinginkan puding cokelat sebelum dihidangkan saat buka puasa agar rasanya makin nikmat.

Coba resep: Puding Brownies

3. Cokelat kurma

Sejak dulu, kurma menjadi icon sekaligus buah yang banyak dikonsumsi saat bulan puasa. Tak hanya cocok dimakan langsung, anda juga bisa mengolah kurma menjadi kurma cokelat. Paduan antara manis legit dari kurma serta citarasa khas dari balutan cokelat di luarnya, pasti akan memanjakan lidah anda.

Baca juga: 6 Jenis Kurma yang Banyak Dikonsumsi Saat Bulan Ramadan

4. Es krim cokelat

Siapa sih yang tidak suka es krim cokelat? Dessert beku ini tak pernah gagal membuat hari anda menjadi lebih menyenangkan. Selain cocok dinikmati siang hari, anda juga bisa lho mengonsumsi es krim cokelat untuk berbuka puasa. Es krim yang kaya akan kandungan susu dengan citarasa lezat dari cokelat ini adalah asupan tepat untuk buka puasa sekaligus bisa menghilangkan dahaga.

Coba resep: Es Krim Cokelat Homemade

5. Cupcake cokelat

Cupcakes coklat dan lemon

Jika anda ingin buka puasa dengan kue manis, coba saja buat cupcake cokelat. Selain lelehan cokelat masak dalam adonan kue pada umumnya, anda bisa tambahkan bubuk cokelat sekaligus chocochips untuk citarasa cupcake yang nyoklat banget!

Coba resep: Cupcake Cokelat & Lemon

6. Crepes cokelat

crepes pisang keju coklat garing

Ingin menu berbuka puasa yang ringan? Crepes cokelat bisa jadi pilihan. Renyahnya kulit crepes dan manisnya cokelat leleh di dalamnya sudah pasti bisa memuaskan anda. Potongan buah pisang atau strawberry juga bisa ditambahkan ke dalamnya agar crepes lebih mengenyangkan sekaligus bergizi.

Coba resep: Crepes Pisang Cokelat Keju

Menu cokelat di atas dijamin akan bisa membuat suasana berbuka anda bersama keluarga jadi lebih semarak dan menyenangkan. Selamat mencoba!

6 Aneka Resep Cokelat Untuk Sajian Berbuka Puasa
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)