(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika ditanya siapa orang yang suka ‘termehek-mehek’ saat mengupas bawang merah, maka saya akan mengacungkan jari paling tinggi. Masalahnya, belum apa-apa saya sudah berlinang air mata. Padahal sekilas jika dipikir-pikir, mengupas bawang merah itu termasuk pekerjaan dapur yang sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Dan saya yakin anda juga pasti sering mengalami apa yang saya alami.

Ternyata hal tersebut terjadi karena bawang merah mengandung enzim dan senyawa sulfur, yang lebih kita kenal dengan sebutan belerang. Nah, belerang akan bereaksi dan menghasilkan gas yang mudah menguap saat bawang merah dikupas atas dipotong. Gas tersebutlah yang akan menimbulkan rasa pedih jika mengenai mata.

Karena saya senang memasak dan pastinya tidak akan bisa lepas dari kegiatan mengupas dan memotong bawang merah. Maka saya pun mencari solusi agar tidak harus kerepotan saat mengupas bawang tersebut. Ternyata, ada banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa pedih di mata yang terjadi saat mengupas dan memotong bawang merah. Berikut saya bagikan tipsnya untuk anda.

1. Potong mulai bagian atas bawang merah

Saat akan mengupas bawang merah, usahakan untuk tidak mulai memotong dari bagian bawahnya. Hal ini karena kandungan gas dalam bawang terkonsentrasi di bagian bawah bawang. Sehingga jika memotong mulai dari bagian bawahnya, mata anda akan terasa pedih karena ada lebih banyak gas yang menguap.

2. Dinginkan bawang merah

Anda bisa menyimpan bawang merah di lemari es beberapa saat sebelum dikupas. Proses pendinginan tersebut dapat memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang mulai dikupas dan dipotong.

3. Gunakan pisau yang tajam

Sebaiknya anda menggunakan pisau dengan bilah yang tajam saat akan mengupas bawang. Pisau yang tajam akan mengurangi frekuensi gesekan besi dengan lapisan bawang. Sehingga dapat membantu mengurangi penguapan zat belerang dalam bawang yang bisa membuat mata perih. Gesekan yang berlebihan pada bawang akibat penggunaan pisau yang tumpul akan memperbanyak gas yang keluar, sehingga mata anda pun terasa perih.

4. Gunakan kipas angin

Selain cara-cara di atas, anda juga bisa menyalakan kipas angin di dekat anda saat mengupas dan memotong bawang merah. Karena angin yang dihasilkan oleh kipas angin akan mengusir gas yang menguap dalam bawang merah sebelum naik mengenai mata anda.

5. Biarkan akar bawang

Menurut The National Onion Association, membiarkan akar pada bawang merah adalah salah satu cara agar mata anda terhindar dari perih saat mengupas dan memotongnya. Hal tersebut terjadi karena ujung akar bawang merah memiliki kandungan terbesar senyawa belerang yang menjadi penyebab mata pedih. Jika anda membiarkan akar pada bawang merah tersebut dan tidak memotongnya, maka kemungkinan senyawa belerang menguap akan berkurang. Jadi kembali lagi ke tips nomor 1, mulailah potong bawang dari bagian atasnya.

Nah, semoga cara di atas bisa membantu anda, ya, agar tidak harus ada banjir air mata saat mengupas bawang merah. Jika sudah terlanjur pedih, anda bisa membilas mata dengan air mengalir atau menggunakan obat tetes mata untuk meredakan iritasinya. Selamat mencoba dan byebye drama bawang merah!