(Image: Shutterstock)

Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Kentang punya kulit tipis dan kotor dari sisa-sisa tanah. Sehingga bagi saya, mengupas kentang adalah pekerjaan yang tidak mudah. Ketika dikupas, bagian dalam kentang jadi terikut kotor terkena tangan. Mau tidak mau, saya harus membersihkannya lagi sambil digosok perlahan. Hal ini tidak terlalu menyulitkan jika hanya mengupas 2-3 buah kentang. Tapi bagaimana jika mengupas satu baskom kentang? Makanya, harus ada tips saat mengupasnya agar hemat tenaga dan waktu.

1. Pilih menggunakan alat pengupas (peeler) dibandingkan pisau

Mengupas kentang dengan pisau seringkali menyusahkan. Karena kulitnya tipis, anda harus mengupasnya secara perlahan. Jika tidak, pasti bagian daging kentang juga ikut terpotong. Jika belum pro, pisau adalah alat pengupas yang baiknya dihindari. Lebih mudah gunakan alat pengupas (peeler) yang bentuknya mirip seperti alat pencukur. Alat ini bisa mengupas kulit kentang tanpa banyak terikut bagian dagingnya dan jauh lebih cepat!

2. Kupas dengan gerakan memutar

Biasanya, anda mengupas bahan makanan secara horizontal. Bahan makanan diletakkan dalam posisi tertidur lalu digenggam bagian bawahnya. Lebih mudah dipegang memang, tapi ada cara lain yang lebih praktis.

Berdirikan kentang dan gunakan satu tangan untuk pegang kedua ujungnya. Tangan yang satunya untuk memegang pisau. Kupaslah sambil memutar kentang dari atas ke bawah, sementara tangan dengan pisau ditahan agar tetap di tempat.

Cara ini bisa diterapkan baik yang menggunakan pisau ataupun peeler.

3. Rebus dulu, kupas kemudian

Cara ini bisa membuat anda mengupas kentang dengan super duper cepat. Setelah mencuci bersih kentang, anda harus membuat guratan/goresan melingkar di sekeliling kentang. Kemudian, rebus kentang hingga menjadi empuk. Kira-kira sekitar 20 hingga 30 menit saja. Setelah itu, masukkan kentang ke air es/dingin selama sepuluh detik. Ambil satu kentang, tekan kulitnya lalu tarik berlawanan arah dengan perlahan. Ta-da! Kulit kentang dengan mudah akan langsung terkelupas.

Ternyata, mengupas kentang tidak sesulit yang dikira ya. Waktu di dapur pun tidak banyak terbuang untuk persiapan bahan-bahan masak. Ayo, langsung dipraktikkan di dapur rumah anda masing-masing.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi