(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Saya penggemar berat masakan Italia. Pizza, spagetthi, lasagna, ah pokoknya semua! Umumnya, orang Itali memilih untuk buat bahan-bahan bakunya sendiri ketimbang beli yang sudah jadi. Selain fresh, bahan-bahan homemade ini tentunya lebih murah. Salah satu bahan wajibnya adalah saus tomat. Nah, saus tomat pastinya dibuat dari buah tomat ya. Namun bedanya dengan masakan lain, tomatnya harus dikupas dulu alias tidak pakai kulit. Bagaimana cara mengupas kulit tomat tanpa membuat dagingnya hancur? Check this out!

1. Cuci bersih tomat dengan air mengalir.

Langkah pertama adalah mencuci tomat. Sebelumnya, sortir dulu tomat-tomat yang masih segar. Hal ini penting dilakukan karena mempengaruhi kualitas makanan atau saus. Setelah itu, cucilah di bawah air mengalir bersih. Gosok perlahan kulit tomat bila ada noda atau kotoran. Tiriskan hingga agak kering dan tomat siap diolah.

2. Buang bekas batang dan beri tanda sayatan di kulit.

Cek bagian atas tomat. Apabila ada bekas tumbuh batang, iris bagian tersebut dan buang. Hati-hati ketika mengirisnya agar tak merusak daging tomat. Setelah itu, sayat bagian bawah tomat hingga sedikit menembus kulitnya. Sayatlah dengan membentuk tanda “x” agar lebih mudah mengupasnya nanti.

3. Didihkan air dan rebus tomat.

Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan tomat-tomat yang sudah disayat dalam panci. Pastikan agar tomat terendam air mendidih ya. Rebus tomat selama 15-20 detik hingga kulitnya mengerut.

4. Masukkan tomat yang sudah direbus dalam air es.

Siapkan wadah berisi air dan es batu. Setelah direbus, langsung masukkan tomat-tomat tersebut dalam wadah air es. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Teknik poaching ini dapat mencegah pemasakkan tomat lebih lanjut sehingga daging tomat tidak akan terlalu lembek. Setelah dingin, kupas kulit tomat dengan mulai menariknya pada bekas sayatan tadi.

Gimana? Mudah dipraktikkan ya? Tomat kupas ini bisa diolah jadi saus tomat untuk stok, lho. Misalnya untuk spaghetti bolognaise bola daging, pizza daging teflon, lasagna panggang, fuyunghai, nasi tomat, dan sebagainya. Selamat mencoba!

4 Langkah Cepat & Praktis Mengupas Tomat Merah
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)