Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Pencuci mulut terbaik? Ya, salad buah tentunya! Buat saya, salad buah dapat menyegarkan mulut setelah makan berat, terutama masakan bersantan seperti gulai atau rendang. Salad buah tak hanya terasa asam dan manis, tapi juga bisa gurih berkat dressing atau saus topping-nya. Nah mayonaise biasanya jadi andalan untuk dressing salad buah, tapi apa tidak bosan? Yuk scroll ke bawah untuk inspirasi dressing salad buah yang praktis dibuat di rumah!

Kombinasikan empat bahan ini!

Kalau anda sering pakai mayonaise, coba tambahkan tiga bahan lagi: plain yogurt atau greek yogurt, lemon, dan madu. Empat bahan ini dapat dikombinasikan jadi berbagai dressing, lho. Coba buat dressing berikut, deh.

1. Honey-yogurt dressing

Apa jadinya kalau madu dan yogurt bertemu? Dressing asam-manis yang enak untuk salad buah anda! Takarannya bisa disesuaikan dengan selera anda. Kalau madunya lebih banyak akan jadi glaze dressing, sedangkan yogurt lebih banyak menjadi creamy dressing. Oh ya, dressing ini cocok untuk segala jenis buah. Bisa juga ditambahkan daun mint agar dressing lebih menyegarkan.

2. Honey-lemon dressing

Satu lagi glaze dressing yang asam-manis. Selain menyegarkan, lemon dapat mengawetkan potongan buah yang mudah berubah coklat, seperti apel dan pir. Nah takarannya bisa disesuaikan dengan porsi salad buah. Pakai rasio 3:2 untuk lemon dan madu, misalnya 1 buah lemon sama dengan 3 sdm air lemon, lalu tambahkan dengan 2 sdm madu. Cocok untuk segala buah, terutama yang airnya banyak seperti semangka, melon, nanas, dan pepaya.

3. Vanilla dressing

Dressing ini umumnya pakai esens vanila agar lebih mantap, tapi tak pakai pun tak masalah. Vanilla dressing merupakan penggabungan dari semua bahan di atas, yakni yogurt, mayonaise, lemon, dan madu. Rasanya manis, asam, dan sedikit gurih karena mayonaise. Dressing ini termasuk creamy dressing dan cocok dicampurkan pada berbagai buah.

Buat vinaigrette.

Vinaigrette adalah saus salad atau dressing yang menggunakan cuka atau lemon dan minyak. Biasanya, minyak yang umum dipakai adalah extra virgin atau virgin olive oil, tapi anda juga bisa pakai minyak lainnya. Selain untuk salad dressing, vinaigrette juga bisa untuk marinasi, lho.

4. Simple vinaigrette

Vinaigrette yang simple dapat dibuat dengan cuka/lemon dan minyak saja. Untuk cuka, anda bisa pilih yang rasa buah seperti cuka apel, cuka anggur, atau jenis cuka lain yang bisa dilihat di sini. Sedangkan untuk minyak, pakailah minyak zaitun murni atau minyak kelapa murni. Campurkan minyak dan cuka/lemon dengan rasio 3:1 di mangkuk lalu dikocok dengan whisker, atau langsung dikocok dalam mason jar. Agar terasa semakin gurih dan segar, tambahkan garam, merica, dan herbs seperti parsley dan petterselli.

5. Fruit vinaigrette

Selain saus vinaigrette yang simple, vinaigrette rasa buah pun enak untuk salad dressing. Gunakan buah beri-berian seperti stroberi dan rapsberi, kiwi, jeruk bali, dan sebagainya. Jangan lupa dinginkan buah dengan cara ini agar rasa saus lebih segar. Caranya hampir sama seperti di atas, yakni campurkan minyak, cuka/lemon, dan buah dengan rasio 2:1:1 dan blender hingga halus. Jadi kalau pakai ¼ cangkir buah, pakailah ¼ cangkir atau 4 sdm cuka/air lemon dan 8 sdm minyak.

Mudah, kan? Kalau sudah tahu mau pakai saus apa, tinggal siapkan salad buahnya, deh! Untuk referensi buah salad yang enak dan menyegarkan, cek di sini, ya. Selamat mencoba!