(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Siapa bilang menjadi sehat itu ribet? Salah satu caranya, anda tinggal memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Nah, kalau saya biasanya mengonsumsi buah dengan cara dijus. Sedangkan untuk sayuran, saya lebih sering mengolahnya menjadi salad sayur. Selain praktis, salad sayur juga lebih sehat karena tidak melewati banyak proses pengolahan, sehingga nutrisinya tetap terjaga. Biasanya, saya mengonsumsi salad sebagai pengganti makan malam. Dengan catatan, kentangnya diperbanyak agar lebih kenyang. Meski begitu, tidak semua sayuran cocok dijadikan salad, lho. Berikut adalah sayuran yang umum diolah menjadi salad.

1. Selada

Barangkali, selada adalah salah satu sayuran yang wajib ada dalam berbagai jenis salad. Karena meskipun tampak sederhana, selada sangat baik bagi kesehatan. Selada ini tidak memerlukan pengolahan sama sekali sehingga lebih praktis. Anda cukup mencucinya dengan air matang dan bisa dicabik kasar sebelum dicampurkan. Selada yang paling familiar kita lihat di pasar atau supermarket berjenis green leaf. Padahal ada banyak jenis selada yang lain seperti iceberg lettuce, kale, romaine lettuce hingga sawi putih (nappa cabbage).

2. Wortel

Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Nah, salah satu cara asyik menikmati wortel adalah dengan mengolahnya menjadi salad. Pilih wortel yang masih muda agar tidak keras, lalu potong dengan bentuk korek api atau dadu. Rebus atau blanch wortel sebentar saja dalam air mendidih agar teksturnya tetap crunchy dan kandungan gizinya tak berkurang terlalu banyak. Setelah itu, celupkan sebentar ke air dingin untuk menghentikan proses memasak. Warna orange cerah dari wortel juga akan mempercantik tampilan salad anda.

3. Buncis

Buncis merupakan sayuran hijau yang sering dijadikan isian salad. Warnanya yang hijau cerah serta rasanya yang sedikit manis cocok berpadu dengan dressing salad. Setelah dicuci bersih, anda bisa membersihkan serat buncis. Caranya adalah dengan memotong ujung buncis, tapi jangan sampai putus, lalu tarik seratnya. Lakukan pada sisi buncis yang satunya. Setelah serat dibuang, potong buncis memanjang, lalu rebus dalam air mendidih. Celupkan buncis yang telah matang ke dalam air dingin sebelum dihidangkan.

4. Kentang

Jika anda ingin salad yang sehat sekaligus mengenyangkan, anda bisa coba menambahkan kentang. Karbohidrat dalam kentang bisa dijadikan alternatif pengganti nasi yang lebih sehat dan membuat perut anda kenyang lebih lama. Agar lebih sehat, anda bisa merebus kentang yang sudah dipotong dadu bersama kulitnya, tapi pastikan kulit kentang sudah benar-benar bersih dari tanah, ya.

Sama seperti wortel dan buncis, setelah kentang matang, celupkan sebentar ke dalam air dingin untuk menghentikan proses memasak, lalu tiriskan kentang sebelum disajikan.

5. Jagung manis

Jagung manis adalah salah satu sayuran favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang crunchy. Sebelum diolah menjadi salad, pipil jagung manis terlebih dahulu agar lebih mudah dimakan, lalu rebus sebentar dalam air mendidih yang sudah diberi sedikit garam. Celupkan ke air dingin sebentar, lalu tiriskan. Usahakan untuk memilih jagung manis yang masih muda agar teksturnya lembut dan rasa manisnya lebih keluar.

6. Tomat ceri

(Image: Lazada)

Selain bentuknya yang lucu dan warnanya yang cantik, rasa tomat ceri yang sedikit asam, manis, dan segar akan semakin memeriahkan citarasa salad. Anda bisa memasukkan tomat ceri utuh yang sudah dicuci bersih dan dibuang tangkainya ke dalam salad atau membelahnya menjadi dua agar lebih mudah disantap.

Salad paling lezat dinikmati bersama saus atau dressing. Jenis saus yang paling sering digunakan untuk dressing salad adalah Kewpie Thousand Island (lihat di Lazada DISKON). Rasanya gurih, segar, dan sedikit rasa pedas yang menggugah selera. Selain Kewpie Thousand Island, mayonaise, thousand island, vinaigrette, atau minyak zaitun juga bisa dijadikan dressing untuk salad.