Penulis : Nia Happy

Selain beran putih, ada jenis beras lain yang tidak kalah enak dimakan, yaitu beras merah. Selain enak dimakan, beras merah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh yang sudah banyak diketahui adalah manfaatnya untuk program diet. Beras merah umumnya dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan karena beras merah mengandung gula yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan nasi putih. Di samping itu, beras merah juga sudah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Nah, berikut aneka masakan beras merah yang tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan:

1. Sushi Beras Merah

Anda pecinta sushi, tapi sedang masa diet? Nggak perlu khawatir, coba saja buat sendiri dengan mengganti nasi putih ke nasi merah. Dijamin tetap enak dan tidak menaikkan berat badan Anda.

Siapkan wadah, masukkan nasi merah ke dalam wadah. Campur nasi dengan minyak wijen dan cuka, aduk rata. Ambil gulungan sushi, letakkan plastik bening di atasnya, lalu letakkan nori. Taruh nasi yang sudah dibumbui di atas nori, ratakan.

Tambahkan wortel yang sudah dipotong memanjang, bayam, telur dadar, tuna dan timun secara vertikal, taruh di atas nasi. Gulung perlahan dan padatkan. Potong gulungan sushi, oleskan pisau dengan minyak wijen agar tidak lengket. Sajikan sushi bersama shoyu (kecap asin) dengan sedikit minyak wijen. Sushi siap disajikan.

Baca Juga : Resep Onigiri

2. Nasi Merah Liwet Masak Rice Cooker

Sajian khas Sunda yang dimasak dengan cara unik ini, menggunakan panci khusus liwet atau kastrol, yang membuatnya berbeda dari lainnya. Bumbu dan rempah yang khas seperti daun salam, potongan cabai, irisan bawang dan serai membuat hidangan ini sangat harum nan lezat.

Pertama cuci bersih ikan teri, kemudian goreng hingga kering, sisihkan. Panaskan minyak tumis bawang, bawang putih, serai, daun salam, dan cabai rawit sampai matang dan harum, sisihkan. Siapkan rice cooker, masukkan beras merah yang sudah dicuci bersih. Tambahkan air, bumbu tumis dan teri goreng. Masak nasi liwet sampai matang, kemudian aduk. Angkat dan taburkan sisa teri goreng di atasnya. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Nasi Liwet Sunda

3. Nasi Merah Bakar Ayam Kemangi

Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan

Bumbu nasi: Tumis daun salam, lengkuas, serai sampai harum. Masukan santan, air, dan garam sampai mendidih. Masukkan beras merah. Masak nasi menggunakan rice cooker, diamkan. Haluskan bawang merah, bawang putih , cabai rawit, cabai merah, dan cabai keriting. Tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan ayam suwir dan kemangi, beri sedikit air, aduk rata. Beri garam, gula, dan lada. Masak sampai matang dan sisihkan.

Siapkan daun pisang untuk membungkus. Taruh nasi merah dan ayam suwir di atasnya. Bentuk seperti lontong. Panggang di atas bakaran atau teflon sampai daun agak gosong. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi

4. Nasi Goreng Beras Merah

Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabe merah, dan daun jeruk sampai harum. Masukkan smoked beef dan daging ayam. Masak hingga matang. Kemudian masukkan wortel dan kubis. Aduk rata. Masukkan nasi merah, bumbui dengan garam, gula, lada, dan penyedap rasa. Aduk rata. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan bersama telur agar lebih nikmat.

5. Bubur Manado Beras Merah

Bubur manado atau yang biasa disebut tinutuan begitu populer di kalangan masyarakat luar daerah Manado. Bubur beraroma kunyit dan serai ini benar-benar menggugah selera. Isiannya juga unik, bukan hanya beras yang dimasak bubur, tapi juga dimasak bersama jagung, labu kuning, dan aneka sayuran. Bagi Anda yang khawatir akan gula darah meningkat coba ganti beras putih ke beras merah.

Didihkan air dalam panci. Masukkan beras merah, jahe, dan serai. Masak hingga mendidih dan biarkan setengah jadi bubur. Masukkan labu kuning, singkong, jagung. Aduk rata. Beri gula, garam, lada, dan bawang putih. Aduk rata. Masak hingga jadi berbentuk bubur dan singkong serta labu kuning jadi empuk. Masukkan bayam, kangkung, dan daun kemangi. Aduk rata. Masak sebentar hingga sayuran matang. Angkat. Sajikan bersama bahan pelengkap kesukaan Anda.