Apakah kamu memiliki sesisir pisang yang terlalu matang hingga teksturnya menjadi terlalu lembek? Pasti kebanyakan dari kamu akan membiarkan pisang kematangan tersebut untuk berlama-lama di luar atau menginapkannya di dalam kulkas hingga menjadi busuk, terus kamu buang bukan? Daripada membuangnya, kamu bisa menggunakan pisang yang terlalu matang tersebut untuk sajian olahan yang enak! Mau tau makanan atau minuman apa sih yang dapat dibuat dengan bahan dasar pisang kematangan? Check this out!

1. Roti pisang

Roti-Isi-Pisang

Kamu mungkin sudah bosan dengan roti yang hanya diolesi dengan selai atau ditaburi meses? Kamu bisa menambahkan potongan pisang di atas olesan selai kamu. Jika kamu suka, kamu juga bisa lho menambahkan buah-buahan lain seperti stroberi dan kiwi sehingga roti kamu akan menjadi lebih enak dan sehat!

2. Pisang panggang

Pisang-Panngang

Pisang panggang adalah salah satu makanan yang pas nih, terutama untuk kamu yang suka nyemil. Mau rasa pisang panggang yang lebih nikmat? Gampang banget, kamu tinggal tambahkan cokelat dan keju di atasnya. Keluar dari oven atau microwave, cokelat dan keju akan meleleh di atas pisangnya! Hmm ngebayangin aja bikin ngiler. Bagi kamu yang gak punya oven atau microwave jangan khawatir, tinggal panggang aja di atas wajan datar atau teflon. Sama enaknya!

3. Es krim pisang

es-cream-pisang

Ngapain sih kamu beli es krim di minimarket? Kamu harus tau, tanpa tambahan apapun pisang matang pun dapat berubah menjadi es krim yang lembut dan enak! Ada dua pilihan untuk membuat es krim pisang. Pertama, bekukan pisang dalam freezer selama dua jam, kalau sudah beku, tambahin lelehan cokelat deh di atasnya. Poof! Lelehan cokelatnya bakal ikut beku! Rasanya? Luar biasa! Bahkan tanpa tambahan gula pun es krim sudah manis. Atau kamu dapat memblender pisang kematengan itu dulu, baru dibekukan ke dalam freezer. Brr dingin-dingin enak!

4. Banana smoothie

Banana Smoothie

Kamu lagi diet? Banana smoothie  pilihan yang pas buat kamu. Tekstur kental dan creamy dari banana smoothie ini dapat membuat kamu kenyang tanpa harus makan banyak. Caranya, kamu hanya perlu memblender pisang, es batu dan tambahan susu. Kamu juga dapat menambahkan buah-buahan yang lain sesuai dengan selera kamu. Gak perlu tersiksa karena diet, banana smoothie ini bisa bikin diet kamu lebih berwarna! Jika tidak punya es batu, kamu juga bisa membekukan pisang terlebih dahulu sebelum diblender loh.

5. Pisang goreng

Pisang-Goreng-Madu

Nah kalau yang ini sih orang Indonesia pastinya nggak akan asing lagi kan? Pisang goreng ini sangat mudah untuk dibuat, sehingga kita tak perlu repot. Tekstur pisang yang lunak bisa bikin kamu ketagihan sama pisang goreng. Gak perlu susah payah, Kamu cuma perlu mengencerkan tepung terigu dan sedikit gula pasir untuk dijadikan adonan pembungkus dari pisang goreng ini. Setelah itu, goreng deh di atas minyak panas. Taraaa mudah bukan? Sajikan bersama secangkir teh hangat akan lebih nikmat.

Itulah 5 sajian olahan yang dapat kamu buat dengan pisang yang sudah terlalu matang atau kematengan. Daripada kita membuang pisang-pisang tersebut, lebih baik kita berpikir kreatif dengan mengolahnya jadi makanan dan minuman enak yang mudah dibuat pula!