Penulis : Atsa

Ingin membuat steak di rumah? Sering kali yang bikin bingung justru pelengkapnya. Supaya nggak membosankan, berikut 5 ide olahan kentang yang bisa Anda sajikan sebagai pendamping steak home made Anda.

1. French Fries

Meski french fries banyak dijual sebagai frozen food di supermarket, supaya lebih sehat, baiknya memang membuat sendiri saja dari kentang asli.

Iris kentang menjadi potongan french fries. Masukkan ke dalam air dingin agar tidak terjadi oksidasi dan berubah kecoklatan. Beri perasan lemon dan garam.

Tuang banyak minyak dalam wajan, panaskan minyak. Setelah minyak panas, kecilkan panas api. Anda perlu menggoreng kentang dua kali supaya teksturnya renyah di luar namun lembut di dalam. Seperti french fries ala restoran.

Memang mungkin terdengar merepotkan, tapi itulah yang perlu dilakukan supaya tekstur french fries sempurna. Gorengan pertama dilakukan dengan api kecil supaya bagian dalam kentang matang merata. Tiriskan hingga minyak turun. Kemudian, kentang digoreng lagi dengan api besar untuk menciptakan tektur renyah di bagian luar, dan warna keemasan.

Kalau french fries digoreng hanya satu kali dengan api kecil yang kemudian dibesarkan panas apinya, maka french fries bisa menjadi renyah tetapi kurang matang di tengah, atau hanya berminyak dan lemas.

Baca Juga : Tips Rahasia Kentang Goreng Renyah

2. Kentang Wedges

Potong 5 buah kentang menjadi 16-18 bagian. Jadi, Anda bisa memotong 4-5 bagian per kentang. Campurkan susu dan telur sampai rata. Di tempat berbeda, campur tepung, merica, garam, dan bubuk bawang putih.

Celupkan satu persatu kentang dalam wadah campuran susu dan telur. Lalu, masukan ke dalam tepung dan gulingkan merata.

Panaskan minyak, lalu goreng kentang dengan api kecil selama 3 menit. Angkat tiriskan. Goreng kembali kentang dengan api besar hingga keemasan. Angkat, tiriskan. Sajikan sebagai pelengkap steak.

3. Mashed Potato

mashed potato lembut

Kentang lembut seperti bubur kental ini sering ditemukan di berbagai rumah makan sebagai kondimen steak. Rasanya gurih dengan tekstur lembut.

Untuk membuatnya, kupas dan potong kentang menjadi beberapa bagian. Rebus kentang hingga empuk, tiriskan. Hancurkan kentang dengan hand blander atau ulekan batu yang dibungkus plastik.

Masukan kentang yang sudah dihaluskan dalam blander. Haluskan hingga kentang lembut dan lumat. Pindahkan dalam panci atau mangkuk.

Hangatkan susu cair dan mentega. Angkat lalu tuang ke wadah kentang. Bumbui dengan garam dan merica. Aduk kentang hingga rata, sambil ditekan-tekan dengan saringan halus dari besi agar kentang lembut dan creamy. Taruh kentang sebagai pendamping steak.

Baca Juga : Resep Mashed Potato

4. Kentang Ongklok

Kentang ongklok merupakan resep olahan kentang khas Indonesia yang cocok disantap bersama steak. Untuk membuatnya, kupas kentang dan potong dadu. Kukus kentang hingga matang dan empuk, atau Anda juga bisa langsung merebusnya dalam air panas.Setelah matang, tiriskan.

Siapkan bawang putih dan seledri yang dicincang halus, garam, lada bubuk, sedikit mentega, dan keju yang sudah diparut.

Masukan kentang yang masih panas dalam wadah tertutup, masukan juga bumbu-bumbu lainnya jadi satu. Ongklok (kocok) dalam wadah tertutus selagi panas. Sajikan bersama steak.

5. Potato Chip

Anda juga bisa menjadikan keripik kentang yang renyah sebagai pelengkap steak. Namun, daripada beli kentang kemasan, membuat sendiri lebih sehat lho. Tidak sulit kok untuk membuatnya.

Kupas dan cuci bersih kentang terlebih dahulu. Kamudian, iris tipis-tipis kentang tersebut, jangan sampai putus ya. Anda juga bisa menggunakan potato slicer untuk memudahkan dalam mengiris kentang.

Masukan irisan kentang dalam baskom berisi air lemon. Air ini akan menghambat oksidasi sehingga kentang tidak kecoklatan.

Setelah itu, rendam kentang dalam air mendidih selama 5 menit, lalu rendam dalam air dingin 10 menit, tiriskan. Taburi garam secukupnya, aduk rata. Goreng dalam minyak panas, hingga kering keemasan. Jangan sampai gosong, ya. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama steak dan sayuran pelengkap lainnya.