(Image: Shutterstock)

Penulis: Sandra.K | Editor: Ria

Food processor adalah salah satu alat andalan saya ketika sedang memasak di dapur.  Jujur saja, saya jarang sekali mengulek bahan- bahan makanan sendiri karena selain membuat tangan pegal, hasilnya pasti tidak sehalus yang diharapkan. Tak terbayang rasanya apabila food processor tidak ada. Pasti repot deh! Mulai dari menghaluskan bumbu hingga daging untuk diolah menjadi bakso bisa menggunakan food processor. Praktis bukan? Tapi ada 5 hal yang harus anda hindari ketika menggunakan food processor.

1. Lupa Menekan Tombol Pulse

Ketika menggunakan food processor, anda sebaiknya tidak lupa menekan tombol pulse karena bisa mempengaruhi hasil cacahan. Tombol pulse sangat dibutuhkan terutama apabila anda memasukkan bahan makanan yang keras, seperti kacang-kacangan. Cukup tekan tombol pulse beberapa kali sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Memasukkan Bahan Terlalu Besar

Food processor memang bisa menghancurkan bahan makanan, tapi anda sebaiknya tidak memasukkannya dalam ukuran yang terlalu besar. Potonglah bahan makanan terlebih dahulu, baru masukkan ke food processor. Anda juga sebaiknya memasukkan bahan makanan secara bertahap agar bisa diproses secara maksimal.

3. Memakainya Terlalu Lama

Food processor tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, karena mesinnya akan menjadi panas dan lama- kelamaan rusak. Anda tidak mau hal itu terjadi bukan? Apabila anda membutuhkan food processor untuk menghancurkan bahan makanan dalam jumlah yang banyak, sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum menggunakannya lagi. Setidaknya biarkan mesin dingin terlebih dahulu.

4. Menggunakannya untuk Bahan yang Dicampur Air

Meski sama-sama berfungsi sebagai penghancur bahan makanan, food processor tidak sama dengan blender dan chopper. Bila anda ingin menghancurkan bahan makanan yang membutuhkan cairan atau air, maka sebaiknya menggunakan blender. Apabila anda tetap menggunakan food processor, maka bahan makanan akan tumpah atau meluap.

5. Memasukkan Bahan yang Masih Panas

Anda sebaiknya tidak memasukkan bahan makanan yang bersuhu panas untuk dihancurkan dalam food processor, karena bisa membuat pisau penggiling jadi tumpul. Belum lagi makanan panas akan menyisakan bekas minyak dalam food processor. Alhasil, wadahnya akan lebih mudah rusak dan sulit dibersihkan.

Baca juga: 5 Kegunaan Food Processor yang Perlu Anda Tahu

Perlu anda ingat bahwa food processor dan blender adalah dua benda yang berbeda. Keduanya juga memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Pisau di dalam food processor dan blender juga memiliki fungsi yang berbeda. Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik supaya awet dan tidak cepat rusak. Jangan lupa untuk selalu membersihkan food processor setelah selesai dipakai dan juga mengganti pisaunya apabila sudah tumpul.

Baca juga: Tips Memilih Blender Sesuai Kebutuhan dan Budget